Pages

Minggu, 20 November 2016

{Bali Vacation} Bali Safari And Marine Park

*bebersih blog yang udah lumutan*

Halo blog, apa kabar? Long time no see ya, hehe.. Akhirnya blog ini update juga setelah beberapa bulan dianggurin pemiliknya.

Kalau dipikir, banyak banget cerita yang musti ditulis di sini tapi apa daya, lapie lagi ngadat dan males banget ngetik di henpun. Trus sekarang lapie udah bener? Tentu saja belum, Hahaha...tapi saya harus update blog karena ada "pecutan" dari sana sini yang bikin saya semangat nulis lagi.

Buat warming up, saya pengin cerita perjalanan liburan keluarga kami ke Bali sebulan yang lalu. Ceritanya di awal tahun 2016 saya dapat rejeki untuk jalan jalan ke Bali dan baru kesampaian pergi di bulan Oktober kemarin. Untung tiketnya belum expired yaa, hihihi...

Berangkat ke Bali hari Kamis pagi dengan penerbangan yang pertama. Jadilah pagi pagi buta harus cus ke bandara. Penerbangan jam 6.10 wib dan menempuh perjalanan hampir 2 jam. Sekitar jam 9.00 wita Alhamdulilah mendarat di bandara Ngurah Rai. Saat itu langit di atas kota Denpasar cerah banget alias panas yang cetar abis..
Let's go, girl..
Hal pertama yang dilakukan setelah mendarat yaitu menghubungi Pak Wayan yang akan mengantar mobil untuk kami pakai selama di Bali. Yup...saya sengaja menyewa mobil lepas kunci biar bisa bebas jalan jalan. Untuk rute perjalanan bisa mengandalkan google map dan waze. Semoga valid yaa.. hihihi. Dan setelah serah terima kunci akhirnya kami meninggalkan bandara.

Tujuan wisata pertama adalah Bali Safari and Marine Park di Gianyar. Memakan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai di Bali Safari. Alhamdulilah petunjuk dari waze sangat membantu dan rutenya gampang.
The gate
Sesampai di sana kami antri untuk menukar tiket masuk. Sehari sebelum keberangkatan saya sudah membeli tiket masuk Bali Safafri via tour travel teman. Paket yang diambil adalah Safari Explore terdiri dari Safari Journey, Fresh Water Aquarium, Animal Education Show, Harimau show dan Elephant show. Oiya selisih harga tiket beli langsung dengan beli di tour travel lumayan, yaitu IDR 25K/tiket. Harga tiket Bali Safari ada di keterangan bawah yaa... :)
Time to explore
Urusan tiket selesai kami buru buru masuk dengan security check yang sangat ketat. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Saat itu sudah jam 11.00 wita, yang mana animal show akan segera dimulai. Dengan naik shuttle bus kami sampai di area pertunjukan.
Tujuan pertama adalah animal education show yaitu atraksi monyet yang pintar. Sayangnya kami agak terlambat datang jadi tidak bisa melihat dengan jelas karena dapat posisi di belakang banget. Setelah aksi si monyet selesai, lanjut melihat Elephant bathing. Melihat gajah dalam jarak yang sangat dekat membuat Samara agak ketakutan, takut sama belalainya, hihi..
Animal showz
Kaki kami berjalan lagi menuju lokasi Harimau show. Kali ini gak terlambat dan bisa dapat duduk di depan. Cerita harimau show ini adalah penangkapan liar Harimau Sumatera oleh penduduk di suatu desa. Selama show dijelaskan juga perihal harimau, salah satunya adalah harimau itu mempunyai kemampuan cepat untuk memanjat pohon tapi giliran turun dari pohon, harimau bisa membutuhkan waktu yang cukup lama.
harimau show
Melangkah lagi menuju Kampung gajah untuk melihat atraksi terakhir yaitu Elephant show selama durasi 30 menit. Cerita dari pertunjukan itu adalah perjalanan persahabatan antara gajah dan manusia
Kampung gajah
Setelah selesai kami berjalan jalan melihat binatang lain. Menuju ke kandang little paws tiny claws untuk melihat kambing, sapi dan kelinci. Di sini Samara sempat memberi makan kambing
Animal feeding
Lanjut perjalanan berikutnya yaitu taman burung. Gak banyak burung yang ada di sini. Mungkin karena Bali mempunyai obyek wisata Bali Bird Park, jadi di sini hanya ada beberapa burung kakak tua. Para pengunjung boleh berfoto dengan kakak tua. Cukup membayar IDR 50K sajo. Mayanlah buat kenang kenangan yaa hihihi..
Cockatoo
Setelah puas keliling, kami memutuskan untuk Safari journey yaitu berkeliling menggunakan bis sambil melihat binatang. Di dalam bis ada pemandu yang akan menjelaskan semua binatang yang kita lihat. Dan Samara pun duduk tenang sambil memperhatikan pemandu.
Safari journey
Dari penjelasan si pemandu saya jadi tau kenapa buaya menguap lebar lebar? Bukan karena lapar atau mengantuk. Tapi untuk mengeluarkan suhu panas yang ada di dalam tubuhnya. Karena ternyata kulit buaya gak punya pori pori.
Animals
Oiya di Bali Safari and Marine Park juga ada penginapan bernama Mara River Safari Lodge. Hhmmm..kayanya seru juga yaa kalau nginep disana, serasa berada di tengah hutan Afrika dimana kita saat membuka jendela bisa melihat binatang seperti zebra dan lainnya. Trus saat bangun tidur mendengar suara binatang. Macam anak rimba yaaa hehehe..

Sebelum meninggalkan Bali Safari and Marine Park, kami menuju Fresh Water Aquarium. Gak banyak ikan yang dipamerkan di sana hanya ada beberapa jenis saja. Tapi lumayan lah buat anak anak melihat ikan di aquarium besar. Sayangnya di sini kami gak bisa foto foto karena henpun saya dan si ayah habis baterai. Ya sudah pasrah aja deh..

Akhirnya perjalanan di Bali Safari kami sudahi sampai di sini. Sebenernya ada 1 show lagi yang ingin dilihat yaitu Bali Agung. Tapi karena (ehem) harga tiketnya mahal banget yaitu IDR 250K, jadilah kita skip dulu. Insya Allah next time kalau kesempatan pengin nonton juga. Katanya sih pertunjukan Bali Agung itu epic banget. Jadi penasaran ya...
The sign
Gak terasa sudah jam 3.00 wita dan itu artinya harus ke Kuta untuk mencari hotel tempat kami menginap.

Oiya sedikit tips dari saya jika akan ke Bali Safari and Marine park :
  • Datanglah sebelum jam 11 siang biar gak ketinggalan animal show-nya.
  • Gunakan pakaian nyaman yang menyerap keringat karena pasti bakal berkeringat karena dari show satu ke show yang lain harus berjalan kaki dan gunakan sepatu yang nyaman pula
  • Sunblock, topi dan sunglasses adalah barang yang wajib dibawa
  • Yang punya baby bawa stroller sendiri biar hemat. Di sana ada penyewaan stroller sih tapi pasti harus bayar yaa, hihihi..
  • Karena gak boleh bawa makan dan minum ke dalam area Bali Safari, maka pastikan isi perut terlebih dahulu yaa..karena harga makanan dan minuman di sana lumayan fantastis.