Selasa, 29 September 2015

Nikmatnya Kuliner Bali Lombok di Signature Restaurant

Indonesia terkenal dengan kekayaan ragam budaya, adat istiadat dan kuliner. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri untuk makanannya. Seperti contohnya Jawa Tengah dan Jogja terkenal dengan makanan yang manis rasanya seperti gudeg, dll. 

Mengingat banyaknya kuliner nusantara maka Hotel Kempinski mengelar acara 5 Islands in 5 Weeks. Ada 5 makanan khas daerah yang akan disajikan selama 5 minggu berturut turut di Signature Restaurant diantaranya yaitu Sumatra, Jawa, Bali-Lombok, Kalimantan, Sulawesi-Maluku. Dan saya berkesempatan mencicipi makanan khas Bali- Lombok. 

Jujur, saya memang penasaran pengin makan kuliner Bali - Lombok karena dulu saat ke Bali kurang puas wisata kulinernya dan satu alasan lagi, saya belum pernah ke Lombok makanya belum pernah mencicipi kuliner Lombok, hihihi... Beberapa makanan memang familiar di telinga tapi kalau belum mencicipi rasanya kok kurang sreg yaa? 

Alhamdulilah hari itu saya dan beberapa teman blogger makan siang bersama di Signature Restaurant. Saat masuk ke restorannya sudah terasa "Bali" sekali karena di pintu masuknya terdapat patung yang dibungkus kain kotak kotak hitam putih khas Bali.
Masuk ke dalam restoran, tersaji beragam makanan yang menggugah selera dari mulai appetizer, main course dan dessert. Tidak semua makanan yang tersaji itu adalah makanan Indonesia karena pihak Signature restaurant juga menyediakan makanan ala Western.

Untuk kuliner khas Bali - Lombok sudah tersaji dengan cantik beberapa makanannya. Siapa yang gak kenal ayam/bebek betutu? Nah...penasaran banget kan seperti apa? Kali ini sang koki memasak bebek begitu yang rasanya enak banget. Daging bebeknya empuk ditambah siraman saus yang spicy sangat memanjakan lidah.
Bebek Betutu
Selain itu ada jejeruk ayam yaitu suwiran ayam diolah dengan bumbu yang rasanya sedikit manis ditambah potongan tomat dan ketimun segar.
Jejeruk ayam
Untuk sayurnya ada srombitan yaitu semacam vegetable salad yang dicampur dengan bumbu dengan rasa pedas yang mengigit.
Dan tak lupa sate lilit khas Bali yang rasanya nendang banget. Saya suka sate lilitnya karena aroma batang sereh yang digunakan sebagai tusuk satenya bisa keluar.
Sedangkan untuk kuliner Lombok tersedia ayam taliwang. Siapa yang tak kenal dengan ayam Taliwang? Makanan paling hits di Lombok. 
Selain itu tersedia juga plecing kangkung. Plecing kanagkung juga gak kalah hits nya di Lombok. Makanan khas ini disajikan dengan kangkung segar dan lagi lagi rasa spicy yang kuat. 
Dan sate ayam plecing yaitu tusuk sate berbalut daging ayam dimasak dengan bumbu plecing.
Kemudian ada pilihan ikan nyat nyat yaitu fillet ikan yang dibumbui dengan kuah santan khas bumbu nyatnyat.
Melihat deretan makanan khas Bali - Lombok ini menggoda banget kan? Makanya saya betul betul menikmatinya. Di saat sedang asyiknya mulut ini mengunyah tetiba ada musik Bali yang menggelegar dan masuklah 5 orang penari membawakan tari Bali.
Tari Bali
Asik banget yaa..udah makan enak ditemenin penari yang oke. Benar benar menciptakan suasana Bali banget, hihihi...

Pada kesempatan itu pula saya beruntung bisa ngobrol dengan orang yang paling berjasa dalam menciptakan makanan yang sudah saya cicipi yaitu seorang chef bernama Ketut Sumerata. Chef Ketut banyak bercerita tentang masakan yang diolahnya.
Good food good friends
So far..semua makanannya enak meski ada beberapa makanan yang kurang nendang bumbunya jadi kurang berasa maknyus, tapi itu semua bisa menjawab rasa penasaran saya akan kuliner Bali - Lombok. 

Signature Restaurant
Kempinski Hotel Indonesia
Jl. MH Tahmrin No 1 Jakarta 10310

13 komentar:

  1. sepertinya enak,tapi klo sekarang masih pusing dengan bau daging

    BalasHapus
  2. iya betul masih lebaran qurban nih,numpuk dagingnya

    BalasHapus
  3. wah asyik kulineran lagi ya kali ini menu Lombok

    BalasHapus
  4. Pleeciing, aku jdi pingiin sate. :D
    Btw, aku juga blm pernah ke Lombok. Kalau kulineran di tempat asal kayaknya lebih mantaaab ya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Ikan nyat-nyat nya... terbuat dari apa ghan?
    pengen tahu dan pengen coba... baru tahu nih saya!

    Omelet enak

    BalasHapus
  6. Thank you information displayed, opened my insight.



    asuransi jiwa

    BalasHapus
  7. wow... pasti enak semuanya tuh

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)