Senin, 27 November 2017

Hari Hari Samara dan Minuman Kesukaannya

Udah lama yaa saya gak cerita tentang Samara. Nah.. sekarang saya mau cerita kegiatan Samara. Saat ini Samara sudah duduk di kelas 2 dan Alhamdulilah semakin hari semakin aktif. Rasanya gak bisa diam kalau berada di rumah, hehe.. Maunya main dan explore lingkungan sekitar. Mungkin karena didukung dengan faktor dia bersekolah di sekolah yang berbasis alam. Jadi…ya gitu deh bawaannya pengin beraktifitas terus. 

Saya dan siayah melihat Samara yang energik ini, lantas kepikiran untuk  mengarahkan anak kepada kegiatan yang bersifat melatih ketangkasan. Akhirnya kami memutuskan untuk memasukan Samara pada kegiatan ekstra kurikuler beladiri yaitu Taekwondo. Jadi.. setiap hari Senin – Jumat berangkat sekolah seperti biasa dan hari Sabtunya rutin mengikuti ekskul Taekwondo. Sebetulnya ada ekskul lagi yang diikuti oleh Samara, tapi itu dilakukan di hari sekolah. 

Pada awalnya saya agak khawatir dengan banyaknya kegiatan anak, tapi.. kekhawatiran saya gak terbukti karena Samara enjoy banget melewati hari harinya.

Salah satu kunci saya agar anak selalu sehat dan berenergi, setiap hari sebelum  beraktifitas saya mengharuskan anak untuk sarapan pagi. Karena sarapan pagi itu penting banget untuk menjaga stamina tubuh. Sarapan yang paling disukai Samara adalah sereal dan roti yang ditemani dengan segelas MILO hangat.


Khusus untuk hari Sabtu, bisanya Samara minum MILO setelah selesai latihan tae kwon do. Dan MILO dingin sebagai pilihannya. Enak banget yaaa… abis capek latihan, keringatan trus minum yang dingin dingin. Duh.. seger amat yaa 
Latihan rutin setiap minggu

Slurrpp.. enaknya 
Nah.. karena MILO sudah jadi minuman sehari hari, makanya wajib harus selalu ada stok di rumah, berbagai macam MILO seperti ini.

Pas  banget minggu lalu  minuman kesukaan Samara habis. Jadilah saya meluncur ke minimarket terdekat. Eh…pas lagi di rak minuman saya melihat ada undian MILO Road to Barcelona 2017 yang hadiahnya #BisaKeBarcelona bersama keluarga. Wah.. asyik banget yaa bisa berlibur ke kota yang cantik di Spanyol.

Caranya gampang banget yaitu kirimkan struk belanja asli produk MILO (bubuk dan/atau cair) senilai Rp. 100.000 (tidak berlaku kelipatan) atau 30 sachet MILO ( 18 G  dan atau 35 G) beserta data diri lengkap ( Nama, Alamat, NO KTP/SIM, No HP) ke PO BOX MILO JKT 10000  atau bisa masukan langsung ke drop box yang tersedia. Atau bisa langsung cek di bit.ly/bisakebarcelona. 

Oiya.. jangan lupa yaa kalau menang, pajaknya ditanggung oleh pemenang.

Kebetulan banget kemarin saya belanja MILO senilai Rp. 100.000 makanya saya juga mau ikutan aaah.. siapa tau beruntung bisa menangin family trip ke Barcelona. Doakan saya yaa.. hihihi..

Kamis, 03 Agustus 2017

Dukung Anak Menjadi Generasi Maju

Saya pernah membaca sebuah kalimat seperti ini : "Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua"  Yupp..setuju banget ya, emang gak pernah ada pendidikan dan ijazah khusus untuk menyandang predikat orang tua. Jika ada sekolahnya, mungkin bakalan over load yaa muridnya.

Nah..karena gak ada sekolah untuk orang tua maka sudah seharusnya para orang tua terutama yang baru seperti saya harus mencari informasi sebanyak banyaknya untuk perkembangan si kecil. Idealnya di saat menikah sudah punya bekal untuk mengurus dan mendidik anak. Tapi belum terlambat juga sih jika beberapa orang tua baru belajar untuk mempersiapkan masa depan si kecil.

Minggu lalu saya dan beberapa teman blogger diundang mengikuti Parenting seminar yang diadakan oleh SGM Explore. Seminar yang bertajuk "Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju"  dihadiri oleh ratusan orang tua. Ballroom Hotel Santika Premier Slipi dipenuhi para orang tua yang ingin belajar mempersiapkan anaknya menjadi anak generasi maju. Woooww banget yaa...saya senang melihat antusias mereka dalam mengikuti acara seminar ini. 
Mba Astrid Prasetyo 
Acara yang dipandu oleh Cici Panda menghadirkan 3 narasumber yaitu mba Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Explore yang memaparkan bahwa semua orang tua di Indonesia ingin agar anak anaknya memiliki kesempatan untuk menjadi Anak Generasi Maju. Nah.. berawal dari situlah maka SGM Explore berkomitmen untuk memberi dukungan orang tua dalam mewujudkan keinginannya. Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam pemenuhan nutisi dan pola asuh anak yang tepat untuk tumbuh kembang anak. Waahh...keren yaa support SGM Explore untuk anak anak Indonesia.

Pembicara kedua adalah seorang psikolog hits yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, Psi. yang sering dipanggil akrab mba Nina. Beliau menjelaskan secara detail bagaimana anak mengembangkan ketrampilan sosialnya di usia dini. Pada awal kehidupan anak inilah peran orang tua sangat dibutuhkan sekali untuk mendampingi si kecil dengan melakukan berbagai aktivitas dan penerapan pola asuh yang tepat. 
Dalam pemaparannya, mba Nina menjelaskan ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua untuk mewujudkan anaknya menjadi Anak Generasi Maju yaitu :

  1. Anak harus sehat dan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik dan mencukupi.
  2. Diperlukan pengembangan ketrampilan berfikir dan kreatifitas anak.
  3. Melatih anak untuk mandiri, percaya diri dan mampu mengendalikan emosinya. 

Yuk..kita bahas satu persatu. Mulai dari point 1 yaa... Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak pastinya SGM Explore sudah bisa memberikan solusinya. Selain makan makanan dengan gizi seimbang perlu adanya asupan susu untuk pemenuhan 4 sehat 5 sempurna. Dengan demikian insya Allah anak akan sehat. 

Pada point kedua, orang tua harus bisa sedini mungkin memberikan stimulus kepada anaknya guna melatih kreatifitas dan keterampilan berfikir. Ada 8 ketrampilan yang harus diasah yaitu : 

  1. Berteman dan bekerja sama. Ternyata tidak semua anak bisa berteman dan saling bekerja sama. Jika anak tipe introvet maka akan susah dalam dalam bergaul. Nah..mulailah orang tua mengajarkan anak bersosialisasi sejak dini.
  2. Berkompetisi sehat. Berikan pengertian kepada anak cara berkompetisi yang sehat. Jika dalam sebuah pertandingan akan ada yang menang dan yang kalah.
  3. Sabar menunggu antrean. Ini adalah hal kecil tapi ternyata efeknya dahsyat. Tanamkan budaya antre sejak dini karena hal itu akan menjadi good habbit yang akan dibawa akan selamanya.
  4. Sopan santun. Point ini juga sangat penting. Mengajarkan anak sopan santun kepada siapapun dan dimanapun berada.
  5. Mendamaikan pertengkaran. 
  6. Marah tanpa menggangu orang lain. Ajari anak untuk bisa mengontrol emosinya terutama di depan umum agar tidak berimbas pada orang lain.
  7. Ikuti aturan. Penting sekali dalam penerapan point ini. Contoh sederhana, anak harus mengikuti peratuan orang tua di rumah. 
  8. Peduli terhadap yang sakit / kekurangan. Empati harus diajarkan sejak dini, agar terasah jiwa sosial anak. 


Berikut hal hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan ketrampilan si kecil.

Point yang terakhir yaitu melatih anak untuk mandiri, percaya diri dan mengendalikan emosinya. Melatih kemandirian dibutuhkan sikap orang tua yang harus memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba sesuatu. Tidak memburu buru anak ketika dia melakukan sesuatu. Dan yang paling penting adalah beri pujian, pelukan pada si kecil atas prestasi yang sudah dicapai. 

Bagaimanakah dengan membangun percaya diri anak? Berikan rasa percaya (trust) pada anak. Jangan pernah menakut nakuti anak dengan apapun. Jika dalam suatu aktivitas, beri aturan main sebelum melakukan aktivitas. Menepati janji yang sudah diucapkan pada si kecil. Dan yang terakhir adalah dengarkan celoteh si kecil dengan seksama. Ini penting banget loh buat anak, karena anak merasa dihargai dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Mengendalikan emosi anak. Hal ini juga gak kalah pentingnya bagi orang tua. Kenali ekspresi anak ketika marah, senang, kecewa dan takut. Pada sesi ini para orang tua diberi kuis apakah orang tua sudah mengenal ekspresi anak?

Sangat jelas yaa materi yang diberikan oleh mba Nina. Sekarang tinggal orang tua saja yang harus bekerja keras untuk menerapkan ilmu itu kepada anaknya. PR banget yaa? Hehehe...

Pembicaraan terakhir yaitu Naomi Jammaro, Connection Manager SGM Explore yang akan memberikan satu kejutan indah untuk orang tua di era digital. Saat ini SGM Explore telah menyiapkan video edukasi yang tersebar melalui aset digital yaitu : www.akuanaksgm.co.id  dan facebook Aku Anak SGM. Di dalam media tersebut akan ada materi yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Disamping itu juga ada layanan live chat dengan para ahli nutrisi dan parenting. Tujuan dibuatnya layanan itu adalah untuk lebih memperluas jaringan edukasi dan pemberian materi yang lebih menyeluruh kepada orang tua dalam mendampingi dan mempersiapkan anak menjadi Anak Generasi Maju. Selain itu juga ada video cerita inspirasi tentang perjuangan orang tua dalam membesarkan anak menuju generasi maju yang mandiri. 

Yuuk klik dan follow akun media sosialnya SGM Explore.


Dengan mengakses media sosial tersebut berarti kita sudah mau belajar untuk mempersiapkan si kecil menjadi Anak Generasi Maju. 

Sabtu, 29 Juli 2017

Kembali Ke Sekolah

#kibas kemoceng utk bersihin blog yang udah mulai berdebu..

Assalamualaikum...
Udah telat banget rasanya saya ngucapin met Lebaran mohon maaf lahir dan batin pada semua pembaca blog ini..😉😉 
*iisshh..macam ada yang baca blog ini ajah hahaha..*
Maafin semua kesalahan kami yaa.. Eh gak papa dong..minta maaf sekarang, untuk bermaaf maafan kan gak selalu harus saat Idul Fitri 😊

Alhamdulillah sekarang sudah menginjak pertengahan tahun yang artinya semua anak sekolah memasuki babak baru yaitu tahun ajaran baru. Setelah bulan lalu terima rapor hasil belajar Samara selama 1 tahun, sekarang si anak sudah duduk di kelas 2. Alhamdulillah nilai semester 2 kemarin jauh lebih baik daripada semester 1. Progressnya cukup bagus dan yang bikin takjub adalah kemampuan bahasa Arabnya ternyata oke banget. Padahal.. saat oral test Arabic, saya ketar ketir takut si bocah gak bisa jawab. Hahaha.. ternyata Samara mampu menjawab dengan benar. Ini pelajaran banget buat saya : dilarang under estimate dengan kemampuan anak. 

Setelah terima rapor, libur kenaikan pun tiba. Tahun ini liburnya panjang banget karena libur kenaikan kelas disambung dengan libur Lebaran. Puas bener deh si bocah liburannya. Mulai dari minggu kedua bulan Ramadhan sampai dua minggu setelah lebaran. Liburannya pun mulai dari merakit lego, nonton bioskop, mudik lebaran ke rumah Eyang sampai ikut ke kantor saya. Saking puasnya, sampai bosen dan mati gaya mau ngapain? 😉

Dan tanggal 18 Juli 2017 pun tiba. Yeeaayyy...saatnya kembali ke sekolah. Tidak seperti tahun lalu, kali ini saya gak bisa mengantar Samara ke sekolah. Hari pertama sekolah Samara hanya diantar ayahnya. Sedih banget rasanya gak bisa melihat anak melangkah menuju gerbang sekolah dan disambut oleh para guru. Saya cuma bisa gigit jari melihat foto kiriman siayah.
Let's go...


Gimana gak feel guilty ngeliat foto para orang tua mengantar anaknya sekolah di awal tahun ajaran? Untungnya Samara mengerti dan sesaat sampai di sekolah, dia langsung bergabung dengan teman temannya. 

Ngomong ngomong nih yaa.. saya setuju banget dengan kebijakan lawas Pak Anies Baswedan mantan Mendiknas yang menghimbau orangtua mengantar anaknya sekolah di hari pertama. Karena itu akan membuat anak merasa diperhatikan. Apalagi saat anak masuk pertama kali ke sekolah yang baru. Pasti belum punya teman dan itu membuat anak kehilangan kepercayaan diri. Di posisi seperti itu sosok orang tua harus ada mendampingi anak. Jadi...menurut saya kebijakan itu mungkin satu satunya warisan dari Pak Anies Baswedan yang harus dipegang oleh orangtua, guru dan sekolah.

Di kelas SD 2 ini Samara harus mengikuti rule baru yaitu pulang sekolah lebih lama dari waktu kelas 1. Jadinya...bekal makanan harus bertambah. Saya pun dengan senangnya berusaha untuk menyiapkan #BekalSamara setiap hari. 


Oiya...nyaris lupa. Karena blog ini adalah digital diary keluarga kami dan warisan kecil untuk Samara, makanya saya akan menyelipkan milestone Samara. 
Seperti halnya saat ini, karena si anak sudah naik kelas maka hal pertama yang saya tekankan yaitu kemandirian dan tanggung jawab. Mari kita menikmati proses itu sebagai bentuk pembelajaran untuk anak 😉. 

Selamat mengikuti kegiatan belajar dan bermain ya..Nak 😘


Kamis, 15 Juni 2017

Mudik Nyaman Dengan TEMAN

Assalamualaikum teman.. gimana nih masih semangat menjalani ibadah puasa? Alhamdulillah yaa.. hari ini sudah memasuki hari ke-20 Ramadhan. Insya Allah 10 hari lagi Hari Raya Idul Fitri tiba. Huaaa...senang yaa rasanya menyambut hari raya. Kebayang bakal bertemu dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Eh..ngomong ngomong tentang kampung nih, siapa yang biasa mudik jelang Lebaran? Saya ngacung tinggi tinggi deh, hihihi.. Ritual mudik selalu saya jalani setiap tahun. Dari sejak saya kuliah di Jogja sampai sekarang tinggal di Jakarta. Pastinya bukan saya aja yang merasakan mudik atau pulang kampung doong.. karena pada dasarnya mudik sudah menjadi tradisi sebagian besar warga Indonesia di saat libur hari raya.
Credit
Coba dibayangkan, berapa juta masyarakat Indonesia yang rela menempuh perjalanan panjang dan padat menembus arus mudik untuk bertemu dengan orang tua, keluarga dan sanak saudara di kampung halaman? Saya pernah menempuh perjalanan selama 15 jam untuk menuju Tegal. Padahal biasanya hanya sekitar 6 jam perjalanan. Kebayang doong gimana capek dan membosankan berada di dalam mobil? Alhasil Samara jadi cranky dan uring uringan gak jelas. Saat itu saya merasa bersalah dan berusaha untuk membuat perjalanan mudik menjadi nyaman. 

Alhamdulillah minggu lalu saya mendapat pencerahan bagaimana menciptakan moment mudik menjadi lancar dan lebih menyenangkan. Hadir 4 orang pembicara yang akan bagi bagi ilmu. 
Yang pertama yaitu dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik yaitu memastikan kondisi kesehatan anak dan menyiapkan bekal yang bergizi sebagai pemenuhan asupan nutrisi anak selama perjalanan. Penting banget yaa membawa bekal untuk si kecil karena biasanya saat mudik akan ada perubahan jadwal makan serta keterbatasan jenis makanan yang dapat dikonsumsi selama perjalanan. Selain menyiapkan bekal, para bunda juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan di sejumlah tempat peristirahatan untuk memenuhi kebutuhan anak. Dan satu hal penting yang harus diingat oleh bunda yaitu memastikan kecukupan nutrisi anak, biar anak gak rewel di perjalanan. 
Dalam perjalanan mudik, bunda harus mengecek kondisi fisik anak, kebutuhan kalori anak, hidrasi terpenuhi, suplemantasi, istirahat yang cukup dan jangan lupa obat obatan harus tersedia di kotak P3K.

Trus...boleh gak anak berpuasa dalam perjalanan mudik? Boleh saja.. kalau si anak kuat dan pada saat sahur pastinya asupan nutrisi harus lengkap. Karena dengan berpuasa, akan meningkatkan sistem imun tubuh anak, menurunkan stres oksidatif dan melatih mengendalikan diri serta disiplin pada anak. Tapi seandainya anak tidak kuat untuk berpuasa yaa gak ada masalah. Bunda tinggal menyiapkan nutrisi yang seimbang untuk anak. 

Pembicara kedua, seorang psikolog anak yang udah hits banget yaitu mba Anna Surti Ariani atau yang akrab dipanggil mba Nina mengatakan perjalanan mudik bisa dimanfaatkan oleh orangtua sebagai moment tepat untuk saling berinteraksi dengan anak. 
Orangtua bisa mengenalkan hal hal yang jarang ditemui sehari hari oleh anak. Seperti pengenalan lingkungan pedesaan dengan hamparan sawah yang tidak pernah dilihat anak di kota. Selain itu moment mudik bisa membangun dan mengasah ketrampilan sosial anak karena mereka bisa berinteraksi dengan banyak orang. Berikut beberapa keterampilan sosial anak yang bisa dikembangkan :
Agar mudik menjadi lebih nyaman, mba Nina menyampaikan juga kalau bunda harus selalu mendampingi anak selama dalam perjalanan. Jika anak mulai merasa bosan, ajak anak anak untuk bermain sederhana seperti tebak tebakan atau bercerita. Oiya.. jangan lupa yaa bawa mainan kesukaan anak untuk menghindari kebosanan. Demi kenyamanan si anak, orangtua juga harus mencari info akan jalur mudik yang akan dilalui. Pastikan ada area peristirahatan yang nyaman untuk anak. Karena setelah beristirahat Insya allah bunda dan anak akan merasa nyaman dan bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan senang. 

Kemudian untuk para ibu hamil ada beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik terutama persiapan emosional ibu hamil seperti :

  • Menerima keterbatasan diri. Ini penting banget karena udah pasti yang namanya ibu hamil pasti gampang capek dan badan suka pegel kalo kelamaan duduk. Nah..terimalah apa adanya.
  • Tidak menuntut kesempurnaan 
  • Memahami resiko. Ibu hamil apalagi yang sudah memasuki usia kehamilan 8-9 bulan pasti sering banget pengin buang air kecil. Pahamilah itu semua, kalau dalam perjalanan harus bolak balik ke toilet.
  • Siap menghadapi resiko dan mohon pengertian kepada pasangan serta anggota keluarga yang lain untuk menciptakan rasa nyaman sepanjang perjalanan. 


Nah...karena pentingnya kenyamanan selama mudik dan itu pastinya akan berpengaruh pada masa pertumbuhan anak, maka SGM Bunda dan SGM Explore berkomitmen untuk selalu mendampingi orangtua khususnya bunda yang bersama sama mendukung anak tumbuh menjadi generasi yang kreatif dan mandiri. Salah satu komitmennya adalah menyediakan fasilitas TEMAN SGM BUNDA dan SGM EXPLORE.
Apa itu TEMAN? Menurut mba Astrid Prasetyo selaku marketing manager SGM Explore, yaitu Tempat Mudik Nyaman bagi anak dan ibu hamil dimana akan hadir sejumlah fasilitas yang ramah dan edukatif untuk mendukung bunda dan anak menjalani perjalanan dengan nyaman dan menyenangkan. TEMAN akan hadir di 6 titik rest area di jalur pantura pada tanggal 19 Juni sampai 2 Juli 2017. 


Pasti pengin tahu doong..fasilitas apa aja yang ada di sana? TEMAN akan menggelar booth yang isinya area permainan anak dimana anak bisa beristirahat sambil melakukan permainan edukatif dan interaktif yang bisa mengasah ketrampilan sosialnya. Kemudian untuk bumil dan busui gimana? Tenang... disana juga disediakan nursing room dan beberapa informasi tentang nutrisi ibu hamil dan menyusui. Bunda juga bisa beristirahat disana sambil mengawasi anak bermain. Karena..kebayang kan gimana rasanya jadi bumil, pastinya butuh istirahat yang cukup. Selain fasilitas ramah bunda dan anak, ada juga booth penjualan susu yang bisa dibeli dengan bonus yang menarik. Iiihh... seruuu ya! Kayanya harus mampir deh kalau pas mudik. Karena kebetulan kami melewati jalur tersebut. 

Oiya hampir lupa...ini dia 6 lokasi TEMAN di sepanjang arus mudik pantura.

Melalui TEMAN SGM Bunda dan SGM Explore diharapkan agar para bunda bisa menjalani mudik dengan nyaman dan tak lupa memastikan asupan nutrisi anak dan bunda yang tepat. Jadi..bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan istimewa bersama keluarga. Yuk..buat yang mudik dan melewati jalur pantura, jangan lupa berkunjung ke TEMAN dan nikmati fasilitasnya.

Jumat, 26 Mei 2017

Resep Mudah Meriah Dari Dapur No Oven Blue Band

"Lebaran sebentar lagi...berpuasa sebulan penuh..." #nyanyi ;)

Gak terasa yaaa.. sebentar lagi puasa. Insya Allah besok adalah hari pertama Ramadhan. Trus..selama sebulan kita berpuasa, tibalah hari Raya Idul Fitri. Yeaaayy.. udah kebayang senangnya menyambut lebaran. Kumpul bersama keluarga, saling bermaafan dan tentunya makan rame rame. 

Nah..bicara tentang cemilan lebaran pasti identik dengan kue nastar dan kastengel. Coba...udah sampai mana nih persiapan menjelang lebaran? Biasanya para mama lebih suka beli kue lebaran atau bikin sendiri? Kalau saya pribadi sih selalu bikin kue sendiri. Dari dulu tiap puasa, eyang Samara selalu mengajarkan saya untuk bikin kue nastar dan kastengel.

Resep turun menurun eyang Samara masih ada di catatan buku resep saya. Tapi...sejak saya pindah ke Jakarta, rasanya malas banget bikin kue sendiri karena...kendala utama adalah ribet dengan peralatan oven. Entah kenapa malas sekali untuk membuat kue yang panggang panggangan. Bisa gak sih bikin nastar pake kukusan?

Gayung bersambut.. Minggu lalu saya diudang oleh The Urban Mama dan Blue Band dalam acara #TUMBloggersmeetup yang akan membahas tentang #ResepMudahMeriah yaitu membuat kue lebaran tanpa oven. Yeaay...happy banget rasanya. 

Berlokasi di Lucy in the sky SCBD, hari Sabtu pagi sudah dipenuhi oleh para mama blogger ber-dress code pastel candy.
Courtesy of : @woroluvpink
Yupp..kami siap untuk menggali ilmu gimana caranya bikin kue lebaran gak pake oven. 
Kue lebaran no oven
Hayoo..siapa yang gak ngiler kue lebaran yang berjejer cantik itu? Hihihi... sejujurnya saya takjub melihat kue itu dibuat tanpa oven. Kok bisa yaa? Saya jadi gak sabar untuk ikutan acaranya.

Acara dipandu oleh Amy Zein dan hadir 3 pembicara yaitu mas Nando Kusmanto, Brand Manager Blue Band, Chef Anjani dan Ayudia Bing Slamet. Talkshow dimulai dengan pertanyaan apakah Ayudia suka membuat kue lebaran? Eternyata artis muda tersebut suka bikin kue lebaran sendiri dan salah satu favoritnya adalah putri salju. Tantangan bagi Ayu dalam membuat kue adalah peralatannya. Aahh.. sama doong.. dan beberapa  mama yang hadir juga  mengalami hal yang sama. Rata rata mereka gak punya oven.
Menurut mas Nando, setiap tahun Blue band selalu berinovasi dan tahun ini Blue band sangat mengerti kegalauan para mama yang ingin membuat kue untuk orang orang tercinta namun nggak punya oven. Salah satu solusinya adalah membuat kue tanpa oven. Oiya untuk pembuatan kue, varian Blue band yang digunakan yaitu Blue band Cake and Cookie. Mengapa? Karena varian ini adalah perpaduan antara margarine dan butter, jadi sangat cocok untuk cake dan kue kering.
Chef Anjani telah menciptakan 10 resep kue lebaran tanpa oven yang sudah ada di website Blueband. Jadi..gak ada alasan lagi yaa para mama untuk membuat kue meski gak punya oven. Dan pada kesempatan kali ini Chef Anjani langsung mempraktekan cara membuat choco chips cookies.
Setelah melihat cara membuat kue lebaran tanpa oven, para mama ditantang untuk membuat kue dengan alat dan bahan yang telah disediakan. Dalam baking challenge ini kami terbagi menjadi 6 kelompok. Saya masuk ke dalam kelompok 2 yang kebagian tugas membuat kue putu. 
Bahan bahan kue putu

Kelompok 2
Kami langsung bekerjasama membuat kue putu. Bahan bahan yang digunakan dan langkah penyajian sudah ada di website Blue band dengan judul resep putu cake


Proses pembuatannya gak perlu memakan waktu lama, yaiti sekitar 30 saja dari mulai pembuatan adonan hingga dikukus. Dan taraaaaa....beginilah hasil kue putu kami.
Putu cake
Sembari menunggu kelompok lain selesai memasak, para mama juga ditantang kreatifitasnya dalam menghias toples.
Setelah semuanya selesai, tibalah pengumuman siapa yang menjadi juara dalam baking challenge tersebut. Daaaann...ternyata kelompok kami meraih juara 1. Yeaaayyy...happy banget rasanya, hehehe...
Happy faces
Dan kamipun pulang dengan membawa hadiah yang sangat bermanfaat untuk dapur para mama tentunya.
Nah..karena ilmu tentang dapur no oven sudah diperoleh. Jadi...yuk para urban mama bikin kue Lebaran dengan #ResepMudahMeriah dari Dapur No Oven. 

Minggu, 09 April 2017

Lifebouy Activ Silver Pelindung Keluargaku

Sering dengar yaa kebersihan adalah pangkal kesehatan? Kalau kita mau sehat mulailah dari diri sendiri dengan menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan sekitarnya. Bicara tentang kebersihan tubuh, hal paling sederhana yang setiap hari kita lakukan adalah mandi 2 kali sehari. 

Sebagai seorang ibu, untuk urusan mandi tentu saya akan memilih sabun keluarga yang mampu membasmi kuman. Apalagi nih.. Samara itu sejak play grup hingga sekarang duduk di SD berada di lingkungan sekolah alam. Tau dooong gimana hebohnya Samara bermain di sekolah. Yang namanya main pasir, naik ke rumah pohon, gardening sampai nyebur ke sungai kecil di sekitar sekolahnya udah jadi kegiatan sehari hari.

Biasanya pulang sekolah, hal pertama yang dilakukan Samara adalah cuci tangan dan kaki. Dari dulu saya dan si ayah selalu membiasakan diri untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah. Dan sekarang kebiasaan itu kami tularkan pada Samara. Tapi...sabun seperti apa yang bisa membunuh kuman dengan maksimal?

Pernah saya berpikir apakah sabun yang kami gunakan sehari hari sudah efektif membunuh kuman? Hingga akhirnya saya mendapat pengetahuan baru tentang sabun Lifebouy. Alhamdulillah minggu lalu saya bersama beberapa teman blogger diundang dalam launching sabun Lifebouy ActivSilver Formula baru di Plataran Menteng. 
Hadir 2 pembicara yaitu mas Evan Rickyanto selaku Senior Brand Manager Lifebouy PT Unilever dan ibu dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) yang akan bagi bagi ilmu kesehatan. Dijelaskan oleh mas Evan bahwa saat ini kuman berevolusi semakin kuat dan penyakit yang disebabkan oleh kuman juga makin beragam. Hal ini membuat banyak ibu yang khawatir akan kesehatan keluarga. Dan yang paling mengerikan lagi, jika penyakit baru yang timbul itu gak ada obatnya. Iiih...ngeri yaa..

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Lifebouy yaitu 7 dari 10  ibu di Indonesia sepakat bahwa kuman makin beragam dan ketahanan tubuh yang lemah akan membuat anak rentan terhadap penyakit. Untuk itu perlunya perlindungan anak dengan pola hidup bersih dan sehat yaitu mandi teratur dan cuci tangan dengan sabun (CTPS). Lifebouy yang sudah dikenal luas sebagai sabun keluarga berinovasi dengan terobosan terbaru yaitu formula ActivSilver yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit yang kian berevolusi semakin kuat.
Cuci tangan pakai sabun Lifebouy 
Trus mengapa harus Silver yaa formulanya? Yuk kita bahas.. Ternyata bahan Silver dari dulu dikenal sebagai anti bakteri dan banyak digunakan pada peralatan kesehatan. 
ActivSilver berperan sebagai pasukan pembasmi kuman dengan cara menyerang stabilitas membran sel, menghentikan respirasi dan mengganggu reproduksi kuman. Jadi.. ActivSilver bekerja 2 kali lebih cepat dalam melindungi tubuh dari kuman. Berarti dengan mandi dan cuci tangan menggunakan sabun Lifebouy ActivSilver dapat mencegah bakteri menempel hingga 99%. Wah..keren yaa 

Pembicara kedua yaitu dr. Ariani mengatakan bahwa evolusi kuman yang makin kuat disebabkan antara lain karena kemampuan kuman beradaptasi dengan lingkungan, perilaku manusia dalam penggunaan obat obatan terutama antibiotik yang kurang tepat serta tingkat populasi dan migrasi manusia yang tinggi.

Selain itu tubuh jadi lebih rentan terkena penyakit karena polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu sudah selayaknya seorang ibu menularkan kebiasan baik kepada seluruh anggota keluarga yaitu selalu mencuci tangan untuk mencegah tubuh tertular infeksi kuman penyebab penyakit. 

Dan inilah varian Lifebouy ActivSilver yang ampuh membasmi kuman hingga 99%. 
Selain mas Evan dan dr. Ariani ada juga 2 publik figur yang bercerita bagaimana cara melindungi keluarganya masing masing. Dua orang  mama muda itu adalah mama Sisy dan mama Sabai. Mereka sangat aware dengan kesehatan keluarganya. Sampai sampai Sisy menempatkan wastafel di ruang tengah dengan harapan para anggota keluarga tidak malas mencuci tangan. Wuiih...segitunya ya 
Aahh...senang rasanya malam itu saya mendapat pengetahuan baru tentang kesehatan. Dan sekarang saya semakin yakin bahwa sabun Lifebouy ActivSilver dapat melindungi keluarga saya dari kuman penyebab penyakit. Jadi...sudah gak khawatir lagi kalau Samara main kotor kotoran. Kan udah ada Lifebouy ActivSilver... 
Yuk...mulai sekarang biasakan  mencuci tangan dengan sabun keluarga Lifebouy ActivSilver. 

Jumat, 07 April 2017

Menikmati Mie Aceh Buzz Bintaro

Beberapa waktu lalu saya dan siayah terlibat percakapan seru tentang makanan gegara nonton food channel yang lagi nayangin cara masak mie di negara tetangga. Dan ujung ujungnya kita berdua kangen pengin makan mie aceh, hihihi.. 

Gayung bersambut, gak lama kemudian rame di grup kwek kwek ngomongin kapan akan lunch bareng. Akhirnya pas hari libur kemarin kita meluncur ke Mie Aceh Buzz.

Dua tahun yang lalu kami pernah ramai ramai makan mie Aceh Buzz yang ada di Bekasi. Sekarang kita nge-mie Aceh Buzz lagi, tapi kali ini di Bintaro. Nah...siang itu kami meluncur ke Bintaro diiringi cuaca yang sangat panas. Asli...itu mataharinya lagi mencorong banget.

Sampai di Bintaro kami langsung masuk ke kedai mie aceh Buzz dan enak banget ngadem sambil nyeruput es teh tarik. Hahaha...datang datang saya langsung nyari yang dingin dingin. Saat kami datang udah ada Dani dan Etty di sana. 

Sembari nyeruput es teh tarik saya ngemil cantik kue cane tissu yang bentuknya kaya gunung.

Aiiih...cucok banget cane tissu bersanding dengan es teh tarik. Slurrppp...

Sambil menunggu Yeye, Pungky dan geng Mamouz Memez dan Witha, saya icip icip dulu martabak kuah kari.


Foto : Courtesy of Dani Rachmat 
Martabaknya tebal dan dagingnya banyak. Hahaha...penting banget tuh isi daging yang banyak. 

Setelah teman teman ngumpul semua maka..jreng jreng mie aceh sebagai makanan andalan di kedai ini pun keluar. Gak sabar yaaa buat melahap mie gorengnya.
Bumbu rempahnya berasa banget, pedasnya pas dan porsinya cukup untuk perut saya yang lagi keroncongan, hihihi..

Penasaran dengan nasi goreng Aceh nya? Yuk aahh kita cicipin..
Foto : courtesy of Dani Rachmat 
Nasi gorengnya dihidangkan di atas piring bambu dan dialasi kertas makanan. Rasanya nendang banget tapi karena saya udah keburu napsu makan mie gorengnya, jadi..nasi goreng ini dimakan oleh siayah.

Trus Samara dan anak anak yang lain makan apa? Secara yaaa...makanan di sini rata rata pedes semua. Tenang...untuk anak disediakan menu khusus yaitu nasi goreng keju.
Menu yang aman untuk anak karena dijamin anak gak bakal teriak karena kepedesan. Nasi goreng dengan topping keju yang melimpah ini rasanya cucok banget buat bocah.

Udah nih sampai sini aja makannya? Eeitss.. belum dooong, masih ada cane lipat isi coklat keju dan cane biasa. Duaaarrr...apa kabar nih timbangan? Hahaha...
Cane lipat
Cane coklat keju
Ampuuun...rasanya mau tutup mata gak akan nyicipin cane nya. Tapiiii...apa daya iman saya lemah melihat cemilan ini di depan mata. Hayuuklah kita icip sajo. Rasa manis gurih dan coklat dan keju bercampur di lidah. Dan roti cane nya juga lembut.

Oiya..selain makanan yang enak, di mie Aceh Buzz juga menyajikan es timun yang seger banget. Cocok diminum saat cuaca panas kaya kemarin.
Trus...gimana dengan suasana di kedai Mie Aceh Buzz Bintaro. Aahh..saya suka suasananya..cozy banget tempatnya. Ada sofa empuk yang  bikin kita betah duduk berlama lama disana. Ada juga kursi yang terbuat dari kaleng bekas.
Foto : courtesy of Dani Rachmat 
Di sana juga disediakan mainan untuk anak seperti monopoli dan ludo. Jadi di saat kami para mamak ngobrol seru, anak anak asyik bermain sendiri. 

Oke...sekarang kita ngomong tentang harga makanan dan minuman nya yaa.. Di mie aceh buzz Bintaro harga makanan dari mulai Rp. 4000 sampai Rp. 35.000 sedangkan untuk minumannya berkisar Rp. 8.500 hingga Rp. 15.000. Cukup terjangkau kan...
Gak terasa...udah hampir 3 jam kita berada di sana. Waktu untuk ngobrol rasanya masih kurang ya guys...Dan seperti biasa sebelum pulang kita foto keluarga dulu dooong.
Foto : courtesy of Yeye
Eh..wait gak sah nih kalo kita gak foto sama ownernya.. 
Foto : courtesy of Dani Rachmat
Yang penasaran dengan mie aceh Buzz silakan meluncur ke Bintaro dan Bekasi. Di Bekasi ada 3 cabang yaitu di Mega Bekasi, BCP dan Bekasi Square. Sedangkan yang di Bintaro ini adalah cabang yang ke empat dan alamatnya :
Jl. Bintaro Utama I Blok F2 No. 3 Pesanggrahan - Jaksel.

Yuk..ahh cuss meluncur ke Mie Aceh Buzz dan ngeriyung di sana bareng orang orang tersayang.