Kamis, 03 Agustus 2017

Dukung Anak Menjadi Generasi Maju

Saya pernah membaca sebuah kalimat seperti ini : "Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua"  Yupp..setuju banget ya, emang gak pernah ada pendidikan dan ijazah khusus untuk menyandang predikat orang tua. Jika ada sekolahnya, mungkin bakalan over load yaa muridnya.

Nah..karena gak ada sekolah untuk orang tua maka sudah seharusnya para orang tua terutama yang baru seperti saya harus mencari informasi sebanyak banyaknya untuk perkembangan si kecil. Idealnya di saat menikah sudah punya bekal untuk mengurus dan mendidik anak. Tapi belum terlambat juga sih jika beberapa orang tua baru belajar untuk mempersiapkan masa depan si kecil.

Minggu lalu saya dan beberapa teman blogger diundang mengikuti Parenting seminar yang diadakan oleh SGM Explore. Seminar yang bertajuk "Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju"  dihadiri oleh ratusan orang tua. Ballroom Hotel Santika Premier Slipi dipenuhi para orang tua yang ingin belajar mempersiapkan anaknya menjadi anak generasi maju. Woooww banget yaa...saya senang melihat antusias mereka dalam mengikuti acara seminar ini. 
Mba Astrid Prasetyo 
Acara yang dipandu oleh Cici Panda menghadirkan 3 narasumber yaitu mba Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Explore yang memaparkan bahwa semua orang tua di Indonesia ingin agar anak anaknya memiliki kesempatan untuk menjadi Anak Generasi Maju. Nah.. berawal dari situlah maka SGM Explore berkomitmen untuk memberi dukungan orang tua dalam mewujudkan keinginannya. Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam pemenuhan nutisi dan pola asuh anak yang tepat untuk tumbuh kembang anak. Waahh...keren yaa support SGM Explore untuk anak anak Indonesia.

Pembicara kedua adalah seorang psikolog hits yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, Psi. yang sering dipanggil akrab mba Nina. Beliau menjelaskan secara detail bagaimana anak mengembangkan ketrampilan sosialnya di usia dini. Pada awal kehidupan anak inilah peran orang tua sangat dibutuhkan sekali untuk mendampingi si kecil dengan melakukan berbagai aktivitas dan penerapan pola asuh yang tepat. 
Dalam pemaparannya, mba Nina menjelaskan ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua untuk mewujudkan anaknya menjadi Anak Generasi Maju yaitu :

  1. Anak harus sehat dan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik dan mencukupi.
  2. Diperlukan pengembangan ketrampilan berfikir dan kreatifitas anak.
  3. Melatih anak untuk mandiri, percaya diri dan mampu mengendalikan emosinya. 

Yuk..kita bahas satu persatu. Mulai dari point 1 yaa... Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak pastinya SGM Explore sudah bisa memberikan solusinya. Selain makan makanan dengan gizi seimbang perlu adanya asupan susu untuk pemenuhan 4 sehat 5 sempurna. Dengan demikian insya Allah anak akan sehat. 

Pada point kedua, orang tua harus bisa sedini mungkin memberikan stimulus kepada anaknya guna melatih kreatifitas dan keterampilan berfikir. Ada 8 ketrampilan yang harus diasah yaitu : 

  1. Berteman dan bekerja sama. Ternyata tidak semua anak bisa berteman dan saling bekerja sama. Jika anak tipe introvet maka akan susah dalam dalam bergaul. Nah..mulailah orang tua mengajarkan anak bersosialisasi sejak dini.
  2. Berkompetisi sehat. Berikan pengertian kepada anak cara berkompetisi yang sehat. Jika dalam sebuah pertandingan akan ada yang menang dan yang kalah.
  3. Sabar menunggu antrean. Ini adalah hal kecil tapi ternyata efeknya dahsyat. Tanamkan budaya antre sejak dini karena hal itu akan menjadi good habbit yang akan dibawa akan selamanya.
  4. Sopan santun. Point ini juga sangat penting. Mengajarkan anak sopan santun kepada siapapun dan dimanapun berada.
  5. Mendamaikan pertengkaran. 
  6. Marah tanpa menggangu orang lain. Ajari anak untuk bisa mengontrol emosinya terutama di depan umum agar tidak berimbas pada orang lain.
  7. Ikuti aturan. Penting sekali dalam penerapan point ini. Contoh sederhana, anak harus mengikuti peratuan orang tua di rumah. 
  8. Peduli terhadap yang sakit / kekurangan. Empati harus diajarkan sejak dini, agar terasah jiwa sosial anak. 


Berikut hal hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan ketrampilan si kecil.

Point yang terakhir yaitu melatih anak untuk mandiri, percaya diri dan mengendalikan emosinya. Melatih kemandirian dibutuhkan sikap orang tua yang harus memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba sesuatu. Tidak memburu buru anak ketika dia melakukan sesuatu. Dan yang paling penting adalah beri pujian, pelukan pada si kecil atas prestasi yang sudah dicapai. 

Bagaimanakah dengan membangun percaya diri anak? Berikan rasa percaya (trust) pada anak. Jangan pernah menakut nakuti anak dengan apapun. Jika dalam suatu aktivitas, beri aturan main sebelum melakukan aktivitas. Menepati janji yang sudah diucapkan pada si kecil. Dan yang terakhir adalah dengarkan celoteh si kecil dengan seksama. Ini penting banget loh buat anak, karena anak merasa dihargai dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Mengendalikan emosi anak. Hal ini juga gak kalah pentingnya bagi orang tua. Kenali ekspresi anak ketika marah, senang, kecewa dan takut. Pada sesi ini para orang tua diberi kuis apakah orang tua sudah mengenal ekspresi anak?

Sangat jelas yaa materi yang diberikan oleh mba Nina. Sekarang tinggal orang tua saja yang harus bekerja keras untuk menerapkan ilmu itu kepada anaknya. PR banget yaa? Hehehe...

Pembicaraan terakhir yaitu Naomi Jammaro, Connection Manager SGM Explore yang akan memberikan satu kejutan indah untuk orang tua di era digital. Saat ini SGM Explore telah menyiapkan video edukasi yang tersebar melalui aset digital yaitu : www.akuanaksgm.co.id  dan facebook Aku Anak SGM. Di dalam media tersebut akan ada materi yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Disamping itu juga ada layanan live chat dengan para ahli nutrisi dan parenting. Tujuan dibuatnya layanan itu adalah untuk lebih memperluas jaringan edukasi dan pemberian materi yang lebih menyeluruh kepada orang tua dalam mendampingi dan mempersiapkan anak menjadi Anak Generasi Maju. Selain itu juga ada video cerita inspirasi tentang perjuangan orang tua dalam membesarkan anak menuju generasi maju yang mandiri. 

Yuuk klik dan follow akun media sosialnya SGM Explore.


Dengan mengakses media sosial tersebut berarti kita sudah mau belajar untuk mempersiapkan si kecil menjadi Anak Generasi Maju. 

2 komentar:

  1. halooo mbaaaa...
    hihihi keren blog nya.. inspiring banget.. :)

    BalasHapus
  2. Haloooo tante.. apa kabaaar
    Dija datang menjenguk Tante

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)