Pages

Jumat, 26 Mei 2017

Resep Mudah Meriah Dari Dapur No Oven Blue Band

"Lebaran sebentar lagi...berpuasa sebulan penuh..." #nyanyi ;)

Gak terasa yaaa.. sebentar lagi puasa. Insya Allah besok adalah hari pertama Ramadhan. Trus..selama sebulan kita berpuasa, tibalah hari Raya Idul Fitri. Yeaaayy.. udah kebayang senangnya menyambut lebaran. Kumpul bersama keluarga, saling bermaafan dan tentunya makan rame rame. 

Nah..bicara tentang cemilan lebaran pasti identik dengan kue nastar dan kastengel. Coba...udah sampai mana nih persiapan menjelang lebaran? Biasanya para mama lebih suka beli kue lebaran atau bikin sendiri? Kalau saya pribadi sih selalu bikin kue sendiri. Dari dulu tiap puasa, eyang Samara selalu mengajarkan saya untuk bikin kue nastar dan kastengel.

Resep turun menurun eyang Samara masih ada di catatan buku resep saya. Tapi...sejak saya pindah ke Jakarta, rasanya malas banget bikin kue sendiri karena...kendala utama adalah ribet dengan peralatan oven. Entah kenapa malas sekali untuk membuat kue yang panggang panggangan. Bisa gak sih bikin nastar pake kukusan?

Gayung bersambut.. Minggu lalu saya diudang oleh The Urban Mama dan Blue Band dalam acara #TUMBloggersmeetup yang akan membahas tentang #ResepMudahMeriah yaitu membuat kue lebaran tanpa oven. Yeaay...happy banget rasanya. 

Berlokasi di Lucy in the sky SCBD, hari Sabtu pagi sudah dipenuhi oleh para mama blogger ber-dress code pastel candy.
Courtesy of : @woroluvpink
Yupp..kami siap untuk menggali ilmu gimana caranya bikin kue lebaran gak pake oven. 
Kue lebaran no oven
Hayoo..siapa yang gak ngiler kue lebaran yang berjejer cantik itu? Hihihi... sejujurnya saya takjub melihat kue itu dibuat tanpa oven. Kok bisa yaa? Saya jadi gak sabar untuk ikutan acaranya.

Acara dipandu oleh Amy Zein dan hadir 3 pembicara yaitu mas Nando Kusmanto, Brand Manager Blue Band, Chef Anjani dan Ayudia Bing Slamet. Talkshow dimulai dengan pertanyaan apakah Ayudia suka membuat kue lebaran? Eternyata artis muda tersebut suka bikin kue lebaran sendiri dan salah satu favoritnya adalah putri salju. Tantangan bagi Ayu dalam membuat kue adalah peralatannya. Aahh.. sama doong.. dan beberapa  mama yang hadir juga  mengalami hal yang sama. Rata rata mereka gak punya oven.
Menurut mas Nando, setiap tahun Blue band selalu berinovasi dan tahun ini Blue band sangat mengerti kegalauan para mama yang ingin membuat kue untuk orang orang tercinta namun nggak punya oven. Salah satu solusinya adalah membuat kue tanpa oven. Oiya untuk pembuatan kue, varian Blue band yang digunakan yaitu Blue band Cake and Cookie. Mengapa? Karena varian ini adalah perpaduan antara margarine dan butter, jadi sangat cocok untuk cake dan kue kering.
Chef Anjani telah menciptakan 10 resep kue lebaran tanpa oven yang sudah ada di website Blueband. Jadi..gak ada alasan lagi yaa para mama untuk membuat kue meski gak punya oven. Dan pada kesempatan kali ini Chef Anjani langsung mempraktekan cara membuat choco chips cookies.
Setelah melihat cara membuat kue lebaran tanpa oven, para mama ditantang untuk membuat kue dengan alat dan bahan yang telah disediakan. Dalam baking challenge ini kami terbagi menjadi 6 kelompok. Saya masuk ke dalam kelompok 2 yang kebagian tugas membuat kue putu. 
Bahan bahan kue putu

Kelompok 2
Kami langsung bekerjasama membuat kue putu. Bahan bahan yang digunakan dan langkah penyajian sudah ada di website Blue band dengan judul resep putu cake


Proses pembuatannya gak perlu memakan waktu lama, yaiti sekitar 30 saja dari mulai pembuatan adonan hingga dikukus. Dan taraaaaa....beginilah hasil kue putu kami.
Putu cake
Sembari menunggu kelompok lain selesai memasak, para mama juga ditantang kreatifitasnya dalam menghias toples.
Setelah semuanya selesai, tibalah pengumuman siapa yang menjadi juara dalam baking challenge tersebut. Daaaann...ternyata kelompok kami meraih juara 1. Yeaaayyy...happy banget rasanya, hehehe...
Happy faces
Dan kamipun pulang dengan membawa hadiah yang sangat bermanfaat untuk dapur para mama tentunya.
Nah..karena ilmu tentang dapur no oven sudah diperoleh. Jadi...yuk para urban mama bikin kue Lebaran dengan #ResepMudahMeriah dari Dapur No Oven. 

4 komentar:

  1. Mbaaaaa aku takjub loh sama dirimu yang kue putunya ngembang sempurnaaaaa~

    Luar biasa yah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamdalah... itu nyontek resep di blue band 😉

      Hapus
  2. kabar gembira nih buat yang suka bikin kue api gak punya oven :)

    BalasHapus
  3. Iyaaa bener bgt mak.. aku pun gembira :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)