Senin, 11 April 2016

(Kuliner) Bakmi Kadin Djogja

Berkunjung ke suatu daerah gak lengkap kalau gak sekaligus wisata kuliner. Mencicipi makanan khas daerah harus selalu dimasukan ke dalam itinerary perjalanan. Rugi banget yaa kalau jalan jalan gak sekaligus icip icip makanan. 

Djogja terkenal banget dengan gudeg dan bakmi godognya. Ngomongin bakmi Djogja saya teringat 6 tahun yang lalu saat hamil, kepingin banget makan mie Djogja. Ngidamnya mie Djogja, jadi hampir tiap minggu saya hunting mie djogja, hehehe..

Saat kemarin saya ke Djogja ngumpul bareng teman teman kuliah, sengaja makan malam di Bakmi Kadin. Katanya sih.. bakmi ini adalah bakmi yang paling hits di Djogja. Kedainya terletak di jalan Bintaran Kulon. 
Begitu masuk ke dalam kedai bakmi Kadin Djogja sudah disambut live music yang dibawakan oleh seniman lokal. 
Saat kami duduk dan memesan, pelayannya bilang begini : "untuk pemesanan kurang lebih 1 jam ya? Gimana? Mau atau tidak?" kata pelayanan.
Huaaa?? Sadis ya? Hhmm... Kalau kata saya sih gak ya? Justru malah membeberkan kenyatan dan gak bikin PHP, hehe... Hanya saja kalimat itu membuat kami bengong dan saling berpandangan. Hehehe... Okelah gak papa menunggu lama demi mencicipi bakmi yang hits di Djogja. 

Sambil menunggu pesanan datang saya melihat di sekeliling kedai tersebut. Terlihat ada 6 gerobak mie yang masing masing sibuk meracik pesanan. 
Saya heran, kenapa udah banyak tukang Masaknya tapi tetep harus menunggu selama 1 jam ya? Hehe.. Emang sih pembuatannya dilakukan satu persatu dan saat itu pengunjung ramai banget. Jadi yaa wajar lah..

Selang 50 menit kemudian pesanan datang. Malam itu saya memesan mie godog dan minumnya tape hangat.
Mari kita cicipi mie godognya. Saat nyeruput kuahnya, saya langsung bisa menebak kalau mie ini menggunakan penyedap rasa yang banyak. Rasanya menurut rasa terlalu gurih. Bukan gurih dari kaldu melainkan dari bumbu penyedap rasa. Mienya sendiri enak dan suwiran ayamnya juga lumayan banyak tapi yang menggangu menurut saya adalah rasa yang dominan penyedap rasa itu loh, hehe... 

Nah kalau ini adalah pesanan teman saya yaitu mie goreng. 
Penampakan mie gorengnya kece, warna coklatnya pas banget. Saat icipan pertama terasa manis sekali. Dominan rasa kecap. Mungkin karena Djogja terkenal dengan masakan bercita rasa manis kali yaa.. Jadi mie gorengnya terasa manis sekali di lidah saya, hehehe...

Untuk minuman yang saya pesan yaitu tape hangat, rasanya enak, perpaduan asam manisnya pas. Dan saya sempet icip bajigurnya juga enak. Jahe dan santannya pas banget.
Tape hangat dan bajigur
Harga yang ditawarkan di sana cukup murah, untuk makanan yaitu kisaran IDR 13K - 17K sedangkan minuman dari IDR 5K - 10K. 

Tips dari saya untuk makan di Bakmi Kadin Djogja jangan memaksa makan disana kalau perut sudah lapar banget, bakal emosi nunggunya, hehehe.. Kemudian siapkan cemilan sebelum pesanan datang. Emang sih disana tersedia aneka kerupuk tapi kurang "nendang" yaa.. Ada juga sih di depan pintu masuk kedai, penjual kue putu yang stand by. 

Overall.. Kalau boleh saya kasih point untuk bakmi Kadin Djogja ini adalah 7. 
Maaf.. Saya rada picky kalau soal bakmi Djogja, hehehe...Karena 2 bakmi godog yang pernah saya coba di Djogja yaitu Bakmi Mbah Hadi, dan Bakmi Pele rasanya lebih oke dari yang ini. Tapi..kembali lagi yaaa ini semua tergantung selera, hihihi...


9 komentar:

  1. makkk...sluurpp banget itu liat bakmi gorengnyaaa.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie gorengnya buat gw terlalu manis mak.. Apa krn gw gak begitu suka manis ya? Hehe..

      Hapus
  2. bakmi jawa goreng aku suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku sukanya mie godog nya Mba... :)

      Hapus
  3. lebih suka yang berkuah juga..apalagi makannya malam2 pas hujan...

    BalasHapus
  4. Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates

    [-] KLG

    BalasHapus
  5. nunggunya harus 1 jam dulu? kalo kesananya sama BUbu mah pasti langsung diajak pergi ini.. Hahahaha..

    BalasHapus
  6. This morning glad to be able to visit a website that is very good indeed.

    BalasHapus
  7. lumayan buat penahan lapar

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)