Jumat, 03 Juni 2016

[ Day 1 ] Martapura Kota Impian Masa Kecil

Menginjakan kaki ke Borneo adalah keinginan saya sejak dulu. Karena sejak SD saya akrab dengan pulau tersebut, dimana papa pernah ditugaskan di Palangkaraya, saudara sepupu tinggal di Balikpapan dan Samarinda. Jadi telinga ini kerap mendengar Pulau Kalimantan disebut. 

Waktu terus berjalan...keinginan pergi ke Kalimantan muncul kembali saat sudah bekerja sekitar tahun 2006. Waktu itu saya dan almarhum sahabat saya berencana ngebolang ke Balikpapan. Yupp...kami sudah mengantongi tiket Jkt - Bpp - Jkt tapi karena saat itu mama saya tidak mengijinkan berangkat, akhirnya dengan sedikit rasa kecewa batal ke Bpp. Oke fine... Saya pendam lagi keinginan untuk menginjakan kaki di bumi Borneo.

Entah kenapa... Sekitar 3 minggu yang lalu muncul perbincangan dengan 2 orang teman blogger kondang untuk ngebolang bersama. Sumpah ini racun banget  hahaha... Banyak destinasi yang muncul untuk rencana ngebolang ini. Dan setelah cap cip cup kembang kuncup terpilihlah kota Banjarmasin sebagai destinasi kami. Yuppp... Saya senang sekali karena impian untuk berkunjung ke Kalimantan sebentar lagi tercapai.

Persiapan kami lakukan dan mulai menyusun itinerary. Saat bikin itinerary, saya mulai membayangkan kota Martapura dan akhirnya teringat akan satu cerita. 

Jadi yaaa... Jaman SD dulu saya pernah punya buku kenangan yang isinya biodata. Dalam buku tersebut tercantum warna favorite, kota favorite dll. And you know what? Saya menulis kota favorite adalah Martapura. Jujur...saya sudah lupa. Belasan tahun kemudian saya bertemu dengan teman SD dan berbincang kalau saat itu dia tinggal di Banjarmasin, dekat dengan Martapura. Dia masih ingat akan buku kenangan SD saya yang menuliskan Martapura sebagai kota favorite. She reminds me about Martapura. Dari situ saya flash back dan emang benar, dari dulu kesengsem banget dengan kota Martapura.

Oke..Jumat lalu (27 Mei) akhirnya kami berangkat ke Banjarmasin dengan penerbangan pertama. Sampai di Banjarbaru pukul 10.05 Wita
Let's get lost...
Dan perjalanan ngebolang pun dimulai dengan tujuan pertama yaitu Martapura. Kami sengaja sewa mobil lepas kunci karena ingin benar benar explore Banjarmasin dan sekitarnya. Hanya bermodalkan Google map dan Waze kami sampai di Martapura. Yeeaaayy... Alhamdulillah

Mampir sejenak ke rumah salah satu kerabat teman saya kemudian lanjut isi perut. Kuliner pertama yang ingin dicicipi adalah Soto Banjar Anang yang hits banget.
Soto Banjar Anang
Depot Soto Anang yang terletak di Jl. A Yani Km 39 Martapura menyediakan Soto/sop Banjar dan sate ayam. Jadi yaa...kalau di Banjar, makan soto selalu ditemani oleh sate ayam. 

Setelah perut aman terisi, rencana kami lanjut ke pendulangan intan. Yuppp.. Martapura adalah kota penghasil intan terbesar di Indonesia. Keinginan untuk melihat pendulangan intan lenyap sudah karena hari itu adalah hari Jumat dimana orang banyak menghentikan aktivitasnya di siang hari, termasuk pendulangan intan itu sendiri. Agak sedikit kecewa sih...tapi ya sudah lah, insya Allah lain waktu bisa ke sini lagi, hehehe... #ngarep

Siang itu kota Martapura suasananya seperti kota santri, orang berduyun duyun datang ke masjid Al Karomah untuk melaksanakan sholat Jumat. 
Langit di kota Martapura indah banget.. Warnanya biru bersih dengan awan yang putih. Masya Allah...cantik banget. Ditambah dengan bangunan masjid yang megah berkombinasi warna kuning biru. Ya Allah.... Saya jatuh cinta banget dan sujud syukur akhirnya bisa ke Martapura setelah puluhan tahun menjadikan kota ini sebagai kota favorite masa kecil.
Masjid Al Karomah merupakan masjid terbesar di Martapura. Interiornya bagus, kubah dalamnya mewah dengan dominasi warna biru, kuning dan hijau, terdapat beberapa kayu ulin sebagai penyangga yang warna hijau, membuat adem suasana saat memasuki masjid ini.

Ada yang unik di dalam masjid Al Karomah yaitu adanya bangunan semacam pendopo yang ditopang oleh 4 soko guru masjid. Saat itu di keempat tiang kayu ulin besar itu digantung Kembang Barenteng. Apa maksudnya kembang tersebut? Apakah itu kembang keramat? Hehe.. Monggo baca saja di sini
Pendopo di dalam masjid
Letak masjid Al Karomah di pusat kota dekat dengan Taman Cahaya Bumi Selamat dan Tugu kota Martapura.

Tugu Martapura sbg landmark kota
Jalan jalan ke Martapura gak lengkap rasanya kalau gak mengunjungi Pasar Intan Bumi Cahaya Selamat (CBS) yang merupakan pasar terbesar di Martapura. Di pasar ini banyak kios yang menawarkan Intan dan asesoris bebatuan dari harga belasan ribu hingga jutaan rupiah. Kalau pecinta batu pasti bakal senang deh melihatnya. 
Foto : Courtesy of sesenyonyah ;)
Hayooo...siapa dari keempat mamak ini yang kalap? Hahaha...yang pasti bukan saya. Setelah puas ngubek pasar Intan CBS kami melipir ke alun alun yang ada prasasti Intan. Gak afdol yaa klo udah sampai sini gak foto narsis di prasasti Intan ini.
Gak terasa waktu sudah menjelang sore, kami meluncur ke arah Banjarmasin, namun di tengah perjalanan mencicipi dulu itik panggang Swarga di jalan A Yani Km 34 Martapura. 
Itik panggang 
Rasanya? Manis dan agak sedikit keras/alot, hehe.. No problem, yang penting saya sudah merasakan itik panggang #cetek hahaha...

Yuk lanjut perjalanan ke Banjarmasin dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam. Dan inilah travelmate saya, udah pada kenal semua kan? Blogger kondang Mak YeyeMak Pungky dan mak Rokhmi.
ELang (Emak petualang)
Menjelang magrib sampai di hotel Victoria River View, kami beristirahat sebentar. Malamnya cus makan malam di Lontong Orari. Ada cerita apa di sana? 

To be continue.... Saya sudah Capek ngetik di henpon 
Hehehe...

16 komentar:

  1. Elang oh Elang.. Untung ada yg sponsorin yesssss hahahahaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mak... Ada sesenyonyah tersayang yang nyeponsorin hahaha

      Hapus
    2. Hahhahaha...

      "Ngebolang kali ini dipersembahkan oleh...."

      Jadi kapan ngebolang lagi..? *dipelototinsuami

      Hapus
    3. Hahhahaha...

      "Ngebolang kali ini dipersembahkan oleh...."

      Jadi kapan ngebolang lagi..? *dipelototinsuami

      Hapus
    4. Aseeekkk.... Ada yang ketagihan ngebolang... Papap mana papap? :D

      Hapus
  2. emak2 pede...nih lepas kunci di tempat baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...pede nya kegedean yaa kak Monda 🙈🙈

      Hapus
  3. bagus ya masjid nya... seneng ya akhirnya bisa jalan2 di martapura :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Man...udah dari dulu mimpi ke kota Martapura 😊😊

      Hapus
  4. beuuuhhh..pokoknya..keren mak emak kaliaaannnn bisa ngebolang bareng gituuu.....next ..ke tempat eykeh yaak ;P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mak Des... Siapin red carpet yaaa klo kita ke Makasar Hahaha..

      Hapus
  5. Wow seru sekali ngebolang Para mamak-mamak muda ini. Emang asiknya ngebolang dengan teman-teman yang seide dan sekata ya. Perjalanannya lebih banyak ketawanya pasti.

    Martapura Ini Memang Kaya sekali dengan cerita. Aku juga kangen pengen balik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...sepakat dengan Mba Evi, Martapura emang kaya cerita yaa :)
      Terima kasih sdh berkunjung..

      Hapus
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)