Kamis, 26 Mei 2016

Menguji Andrenalin di Kalibiru Jogja

Melanjutkan cerita jalan jalan ini, pada hari kedua pelaksanaan Tiger Camp jadwalnya adalah acara bebas. Sebenernya sih pihak EO ngajakin lihat sunrise di Candi Prambanan dengan berangkat subuh subuh. Tapi..karena saya kecapekan dan ada janji dengan teman kuliah akhirnya gak ikutan ke Prambanan. 

Pagi itu selepas breakfast saya sudah dijemput oleh sahabat masa kuliah. Cus langsung ke Godean jemput teman saya dan anaknya. Kali ini tujuan kami adalah explore Kalibiru.

Apa itu Kalibiru? Yupp...saya mengenal Kalibiru sudah sejak tahun lalu. Kalibiru adalah wisata alam yang terletak di Kab Kulon Progo tepatnya dekat waduk Sermo, Hargowilis, Kokap. Wisata alam hutan Kalibiru berada di perbukitan Menoreh. 

Dari kota Jogja menuju Kalibiru kurang lebih menempuh perjalanan 1,5 jam. Saat itu kami konvoi dengan teman yang emang aseli wong Kulon Progo dan tahu jalan menuju kesana. Perjalanan ke Kalibiru benar benar butuh perjuangan dan memacu adrenalin karena jalannya berliku banget, belokannya juga patah banget, sempit dan curam. Di mobil kami sempat deg degan karena jalanan yang mengerikan. 

Saat mendekati lokasi, jalanan hanya bisa dilewati 1 mobil saja dan harus bergantian. Untung ada petugas yang mengurusi lalu lintas mobil untuk bergantian lewat.

Alhamdulillah... Kami sampai di Kalibiru jam 10.20. Masuk ke lokasi wisata harus membeli tiket seharga Rp. 10.000
Untuk menuju lokasi foto di atas pohon, kami harus berjalan kaki menanjak lumayan tinggi. Sebelum nanjak kami istirahat dan foto2 dulu dimari :)
Bersama teman2 kuliah
Perjalanan pun dilanjutkan menuju spot foto di atas pohon. Untuk berfoto kita harus membayar Rp.10.000 dan harus rela antri. Di sana tersedia 3 spot foto dengan view Waduk Sermo.
Tiket Foto spot 3
Apa bedanya antara spot 1, 2 dan 3? Spot 1 adalah spot terbaik dengan pohon yang bagus juga. Di spot 1 ada flying fox nya. Jika ingin berfoto di spot 1 bisa ambil paket flying fox seharga Rp.50.000. Tapi....antriannya panjang banget. Saat itu saya harus antri 2 jam. Wah... Gak deh, mending cari spot lain. Di sini saya numpang foto aja dengan background spot 1 :)
Background spot foto 1
Lanjut mencari spot 2 dan 3. Kedua spot ini letaknya berdekatan. Yang membedakan spot 2 dan 3 adalah angle/sudut pandang saja dan tentunya pohon juga jadi pembedanya. Menurut saya pohon di spot 2 dan 3 lebih kece spot 3. Akhirnya... Saya membeli tiket untuk foto dan rela antri 1 jam.

Menunggu selama 1 jam gak berasa banget karena saya ngobrol seru dengan teman teman sambil ngemil cantik di warung. Alhamdulillah akhirnya dipanggil juga nomer antrian saya. Sebelum naik dipasang safety belt dulu. Setelah ok barulah saya naik ke atas pohon. Dan taraaaa....inilah gaya super narsis saya, hehehe...
Sampai di atas pohon, Masya Allah... Bener bener menguji andrenalin. Ngeri ngeri sedap, hahaha... Alhamdulillah pemandangannya bagus banget. Hamparan bukit Menoreh yang hijau membentang seolah mengelilingi waduk Sermo. Indah banget...

Jujur aja sih yaaa.... Kalau melihat ke bawah pohon, rasanya deg degan banget.Tapi saya berusaha untuk mengalihkan pandangan dan enjoy melihat alam yang indah.

Untuk berfoto di atas pohon, kita bisa foto dengan menggunakan kamera sendiri (tentunya teman yang mengabadikan) atau bisa menggunakan jasa foto yang ada. Kali ini saya pake jasa foto aja, meski teman ada yang bawa DSLR.
Yoga pose and....jump
Alasan saya menggunakan jasa foto karena si juru foto pasti sudah tahu banget angle yang bagus karena pengalaman yaa... Dan mereka akan mengarahkan gaya kita. Waktu si juru foto bertanya pada saya, berani gak lompat di atas? 

Nah...dasarnya saya rada pecicilan suka yang begituan akhirnya memberanikan diri lompat. Jump and capture...
Karena menggunakan jasa foto, maka kita bisa membeli fotonya seharga Rp. 5000/foto dalam bentuk soft copy. Foto yang kita pilih langsung dimasukan ke dalam HP atau flash disk. 

Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga jalan ke Kalibiru. Terima kasih teman2 kuliah yang sudah mau direpotin saya. Kalian keren... Hehehe...

Oiya sedikit info jika ingin ke Kalibiru, sampai saat ini belum ada angkutan umum yang sampai kesana. Yang ada hanya angkutan/bis jurusan Jogja - Wates. Kemudian turun di jalan raya Wates dan menyewa ojek.

Buat yang suka petualang dan berani ketinggian, objek wisata Kalibiru bisa jadi destinasi kalau berkunjung ke Jogja.

3 komentar:

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)