Jumat, 11 Desember 2015

Belajar Jualan

Jadi yaa... Dari dulu saya itu pengin banget belajar berjualan tapi gak tau jualan apa? Cita cita sih ingin punya usaha sampingan yang bisa dikerjakan setelah jam pulang kantor dan di kala wiken. Sahabat saya di Bali dulu pernah menawarkan untuk jadi salah satu agent produk Bali R*tih tapi saya kok maju mundur gak karuan, sampai akhirnya belum terealisasi juga :(

Nah..beberapa waktu lalu sekolah Samara mengadakan acara Assembly dimana ada bazaar makanan yang bisa diisi oleh orang tua murid. Karena saya bergabung dalam pengurus Komite Orang tua dan Wali murid akhirnya kami memutuskan untuk membuka stand makanan. Saat ngumpul pengurus Komite, beberapa ibu2 menyarankan saya untuk jualan brownies. Woow... Beneran kaget waktu ditawarin itu?
Brownies untuk kalangan sendiri :)
Kenapa? Karena selama ini saya membuat brownies hanya untuk kalangan sendiri. Emang sih kalau ada acara kumpul Komite tiap bulan saya selalu bawa brownies untuk potluck tapi rasanya kalau jualan brownies kok belum PD ya? Takut gak laku, Hahaha...cemen banget yaa *tutupmuka*. Karena didorong oleh buibu yanag lain akhirnya saya beranikan diri menerima tantangan itu. 

Sejak mutusin mau berjualan brownies di bazaar, eh...tetiba ada ide dari salah satu ibu komite yang minta open PO brownies. Huaaaaa...kelabakan doong saya. Dengan lemas akhirnya saya terima aja. Sudah terlanjur basah, cyiiin....hihihi 

Setelah dibuka PO ternyata ada 10 loyang pesanan brownies. Doweeeeng..... Sempet pusing pala berbi saya.. Gimana cara bikinnya nih? Apa musti cuti hari Jumat untuk ngebut bikin pesanan? Pas mau ngajuin cuti hari Jumat, ndilalah ada teman yang udah duluan ngajuin cuti. Oke deh... Bubar semua, hahaha..

Akhirnya putar otak gimana caranya bikin 10 loyang brownies dengan otang (oven tangkring) dan loyang serta waktu yang terbatas. Jumat pagi selepas sholat subuh saya langsung eksekusi buat 2 loyang sekaligus. Kemudian saya berangkat kantor dan di kantor menjelang sore, saya minta tolong Mba di rumah bikin 2 loyang. Alhamdulillah si mbak udah sering lihat saya bikin brownies akhirnya berani juga bikin sendiri. Hasil nya? Sama persis dengan bikinan saya. Good job Mba... :)
Pulang kantor, saatnya beraksi membuat 6 lagi. Mulai baking jam 19.30 sampai menjelang subuh, hahaha...saya jadi kaya Pangeran Bandung Bondowoso yang lembur bikin candi Prambanan buat Roro Jonggrang, hihihi.... 
Jumat malam bagai seorang Bandung Bondowoso :)
Akhirnya saya tidur hanya sekitar 1 jam sajah karena abis subuh saya baking 2 loyang lagi untuk spare jualan. Kata siayah, bikin spare aja siapa tau nanti laris manis. Hahaha...PD banget yaa siayah. Oke sipp... Total saya bikin 12 loyang dengan 10 loyang PO dan 2 loyang dipotong kecil kecil jualan di bazaar.
Brownies oreo ala mamak Samara
Alhamdulillah semua brownies laris manis. Bahkan brownies cadangan yang menurut saya gak akan laku, eehh...malah diborong orang Hahaha... Katanya buat kue hidangan arisan di rumahnya. Alhamdulillah semoga berkah yaa..

Nah sejak kejadian itu saya dan siayah jadi mikir, apa kita seriusin aja yaa usaha sampingan ini? Bakal laku gak ya? Pastinya masih kalah sama usaha milik tetangga M*llie cakery yang udah hits itu *sungkemsamabundaYeye* hahaha....

11 komentar:

  1. wah...mulai bisnis baru, moga lancar ya mbak'e....ditunggu tester nya *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....amin, Insya Allah Ina, nanti pesan yaa :D

      Hapus
  2. Hahahahahahahahaa kagalahhhh.. Blm hits woiii *jitak nih*

    Btw seriusin aja Yan.. Serius deh. Berawal dr coba2 bisa jd penghasilan tuh. Ky bronis tegal itu, enak lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih si bunda muncul, Hahaha...
      Iya nih pengin diseriusin, smoga nanti bisa terwujud, macam marone brownies Tegal itu :)

      Hapus
  3. emang enak kok mak bronisnya... ;)
    semoga berkelanjutan ya jadi banyak orderan brownis ..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...amin... Makasih ya Des.
      Ayooo dong order mak :)

      Hapus
  4. ini mamanya keren sampaibegadang :) laris manis ya jualannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)