Rabu, 09 Maret 2016

Gerhana Matahari Total

Hari ini tanggal 9 Maret 2016 merupakan salah satu hari yang tercatat di dalam ilmu astronomi yaitu terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT). Dikabarkan bahwa Indonesia merupakan satu satunya negara yang dapat melihat GMT dan Gerhana Matahari Partial. Yaa..mungkin semacam "tuan rumah" dari GMT 2016. 

Gerhana Matahari merupakan peristiwa alam dimana posisi bulan, bumi dan matahari berada pada satu garis lurus dan sejajar. Saat itu bulan akan melintas diantara matahari dan bumi untuk beberapa saat, dan ketika itu cahaya Matahari ke bumi terhalang oleh bulan. Pada kejadian ini terdapat 4 fase penting yaitu :
  1. Fase bulan perlahan bergerak menutupi matahari 
  2. Fase bulan menutupi matahari (bisa total bisa juga partial)
  3. Fase bulan bergerak tidak menjauh dari matahari 
  4. Fase matahari terlihat sempurna tanpa adanya bayangan bulan.
Ketika fase matahari total yaitu saat bulan menutupi matahari akan tampak corona matahari seperti menjulur dari pinggir bagian yanag menutupi bulan. Penjelasan itu saya dengar dari seorang ahli dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) yang diwawancari di TV, hehehe...

Seperti yang terlihat pada siaran langsung di TV terjadinya GMT di Ternate, Masya Allah...saya merinding melihatnya dan tak berhenti bertakbir. Benar benar gelap.
Fase 1 
Foto di atas saya capture dari TV dimana itu adalah fase 1 saat bulan perlahan bergerak menutupi matahari. Dan sebentar lagi terjadi fase kedua yaitu bulan menutupi matahari dengan sempurna. Allahu Akbar... Maha Besar Allah yang telah mengatur semuanya dengan sangat sempurna..

Di Indonesia ada beberapa wilayah yang tercatat mengalami GMT yaitu :
Sumber : wego
Jakarta merupakan salah satu wilayah yang hanya bisa melihat Gerhana Matahari Partial artinya hanya 60% saja bagian matahari yang tertutup bulan. Dan beberapa orang di Jakarta berhasil mengcapture kejadian langka ini. Salah satunya adalah sahabat saya yang sudah mengijinkan fotonya untuk nongol di blog ini ^_^
Gerhana Matahari Partial di Jakarta
Terlihat di Jakarta dan daerah yang bisa melihat gerhana matahari partial, bentuk mataharinya seperti bulan sabit yaa.. Teman saya capture itu di depan rumahnya dengan menggunakan kamera handphone yang dilapisi kertas roentgen. 

Sebenernya kapan sih GMT mulai terjadi? Gerhana matahari terjadi selama 2-3 jam dan mencapai fase penuh atau puncaknya terjadi sangat singkat yaitu sekitar 1,5 - 3 menit saja. Di wilayah Indonesia bagian barat, tadi pagi terjadi pada jam 06.20 WIB dan mencapai puncak gerhana pada 07.25 WIB. Gerhana matahari akan berakhir pada pukul 08.35 WIB. 

Nah..untuk di wilayah Indonesia bagian tengah yang mengalami GMT akan terjadi pada pukul 07.25 WITA dan di wilayah Timur pada 08.36 WIT. Kabarnya GMT paling lama terjadi di Maba kepulauan Halmahera Timur, Maluku yaitu sekitar 3 menit 17 detik. Tapi... Kabarnya lagi wilayah yang paling bagus untuk melihat GMT adalah Palu dan sekitarnya. Seperti terlihat dalam tayangan TV ini. Masya Allah bagus banget ya..
Semburat Jingga yang indah
Kalau gak salah inget nih yaa.. Sudah ada beberapa kali kejadian GMT di Indonesia dan salah satunya yaitu saat saya masih kecil sekitar tahun 1983. Inget banget waktu itu saya dan kakak gak boleh keluar rumah  oleh mama dan semua jendela ditutup rapat dengan gorden. 

Dan kalau gak salah waktu itu ada mitos kalau ibu hamil harus masuk ke dalam kolong tempat tidur biar kulit si jabang bayi gak gosong, hahaha... Aneh banget yaa? Trus beberapa orang juga membunyikan kentongan rame rame. Kalau dipikir pikir apa yaa hubungannya ritual itu dengan gerhana matahari? ^_^

Alhamdulillah.. Pada gerhana matahari kali ini kami bisa menunaikan ibadah Khusuf di masjid dekat rumah. Ini adalah kali pertama saya mengikuti sholat gerhana matahari (khusuf), hehe...Kemana aja yaa sedari dulu? #tutupmuka. Kebetulan banget hari ini juga libur nasional yaitu perayaan hari Raya Nyepi. Jadi.. Gak ada alasan dong gak melakukan sholat khusuf, hihihi.. Karena sesuai tuntunan agama yang kami anut, jika terjadi gerhana matahari ada 3 hal yang harus dilakukan yaitu sholat khusuf, memperbanyak takbir dan bersedekah.

Semoga tahun berikutnya kami bisa melihat fenomena alam ini. Kalau gak salah, sesuai perhitungan ilmu astronomi, gerhana matahari total akan kembali terjadi lagi di Indonesia pada 20 April 2042 dan 12 September 2053. Sedangkan wilayah Indonesia akan dilintasi oleh gerhana matahari cincin dan total secara bersamaan pada 20 April 2023 dan 25 November 2049. Semoga kami diberi umur panjang untuk melihat gerhana matahari lagi yaa.. Aamiin... ^_^

12 komentar:

  1. Iya gw juga inget pas taun 80an itu... Hehe

    BalasHapus
  2. Amin, mudah2an masih dikasih kesempatan lihat gerhana matahari lagi.

    BalasHapus
  3. sudah 2 kali ya ngalamin GTM ini, yang tahun 83 lalu masih keinget sampe skrg...yg kemarin seiring kemajuan jamand an teknologi, rasanya semakin istimewa

    BalasHapus
  4. Aku malah belum pernah ikut shalat gerhana, Mbak. Hiks Kmrn mau ikut shalat jama'ah, tapi baby blm bisa ditinggal.

    BalasHapus
  5. Aamiin, smoga kita masih diberi kesempatan ya mak melihat gerhana berikutnya :)

    BalasHapus
  6. Amin semoga diberi kesempatan untuk melihat gerhana berikutnya. Beruntung banget ya yang bisa ngeliat langsung. Sayang disini cuma kebagian mendungnya aja

    BalasHapus
  7. peringatan kepada kita bahwa akan terjadinya suatu hari tanpa adanya matahari didunia ini

    BalasHapus
  8. itu akan terjadi di tanda kiamat besar kelima ,yaitu akan di panggilnya matahari oleh sang penciptanya sehingga dunia ini akan terasa gelapnya sampai2 telunjuk di depan matapun takan terlihat sama sekali...

    BalasHapus
  9. gue juga merinding liatnya mak..padahal cuma lewat tivi...gimana yang nyaksiin langsung yak..Subhanallah...

    BalasHapus
  10. kemaren gak sempat lihat gerhana matahari, syang bngt yaa

    BalasHapus
  11. cuman bisa ikut shalat gerhana aja min

    BalasHapus
  12. fenomena alam yang luar biasa, harus banyak berdoĆ”

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)