Jumat, 10 Agustus 2012

A Dehydration Free Fasting

Halah..gegayaan banget ya postingan kali ini saya pake judul pake bahasa engris? Apaan tuh artinya? Sederhananya sih Berpuasa Tanpa Dehidrasi *cmiiw*

Dulu ketika saya kecil yang namanya puasa berarti menahan lapar dan dahaga dari subuh hingga maghrib. Sederhana banget ya pemikirannya? Memang pengertian puasa itu disesuaikan dengan perkembangan usia kita yaa..Makanya kalo sekarang masih berpikiran puasa itu hanya nahan lapar dan dahaga, berarti kita gak nambah umur dong...rugi banget yak, hehehe *kidding*

Bicara menahan lapar dahaga, buat saya yang paling susah adalah menahan dahaga. Kalo lapar masih bisa ditolerir lah...tapi kalo haus, hufff...agak susah. Maklum lah saat itu kadar keimanan masih cetek *eh, emang sekarang udah tebel?* huehehe...gak juga sih *sambil ngibrit menghindari toyoran berjamaah* :)

Inget banget waktu SD paling seneng kalo mau sholat dzuhur trus berwudhu sambil kumur, beeuhhh...seger banget deh, bawaannya jadi pengin bolak balik ke kamar mandi buat kumur kumur doang :) 
Jika tiba saatnya berbuka puasa teh manis hangat jadi sasaran pertama. Saya gak bisa kalo buka puasa pertama kali minum air putih, rasaku kok eneg yaa..makanya saya setuju banget dengan iklan minuman kemasan yang ngetop banget yaitu "Berbukalah dengan yang manis" :)

Katanya sih..sekitar 75% dari tubuh manusia terdiri dari cairan, tak heran jika cairan memegang peran penting dalam metabolisme tubuh. Saat menjalani ibadah puasa jangan sampai tubuh kekurangan cairan karena bayangkan aja kita tidak minum lebih dari 14 jam. Makdarit kita musti jaga kecukupan konsumsi air biar terhindar dari dehidrasi.

Berdasarkan infoodtainment magazine, dehidrasi terjadi karena ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Dalam hal ini jumlah cairan yang keluar lebih banyak ketimbang yang masuk. Beragam efek dehidrasi bagi tubuh, yang paling utama adalah muncul rasa letih dan lesu, sakit kepala serta berkurangnya konsentrasi. Jadi tak heran kalo puasa udah pasti produktivitas kerja kita menurun yaa...

Agar dehidrasi tidak menghampiri kita ada baik kita melakukan hal berikut :

1. Atur jadwal minum
Saat buka dan sahur minumlah air yang banyak tapi jangan sampai berlebihan yaa..karena bisa menyebabkan penggelembungan lambung yang menimbulkan rasa mual dan muntah. Apalagi nih...saat puasa lambung kita lebih sensitif.

2. Pilih makanan dan minuman
Disamping cukup minum, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air seperti melon, semangka, jeruk, pir. Sebaiknya sayur dan buah yang dikonsumsi lebih dari 5 porsi *glekkk..banyak yak* dan biar gak bosan mungkin bisa dibikin jus...kalo bisa tanpa tambahan gula yaa, etapi kalo mau dikasih gula dikit aja porsinya.

3. Pakaian Tepat
Kadang kita tidak menyadari sedang kehilangan banyak cairan tubuh karena menggunakan pakaian yang kurang tepat. Ketika suhu udara panas, kenakan pakaian yang mudah menyerap. Menggunakan pakaian yang berwarna cerah dan ringan bisa membantu "menampik" sinar matahari dan menghindari keringat yang berlebihan.

4. Kegiatan Outdoor
Kalo puasa nih...sebisa mungkin kita menghindari kegiatan outdoor (seperti olahraga) karena selain udara yang cukup panas di luar, mengurangi ativitas outdoor itu membantu meminimalis resiko hilangnya cairan tubuh secara berlebihan. Jika terpaksa harus berolah raga, pilihlah waktu yang tepat untuk menghindari terik matahari, misalnya sore hari

Nah...dari literatur itu pula disebutkan bahwa wanita lebih rentan ketimbang lelaki terhadap resiko terkena dehidrasi. Why???
Tentu saja jawabannya karena perbedaan fisiologi antara tubuh wanita dan pria. Komponen air di tubuh wanita lebih rendah karena wanita memiliki komposisi lemak lebih tinggi, sementara pria memiliki komposisi otot yang lebih tinggi. Selain itu ada juga pengaruh faktor hormonal yang memicu wanita lebih sensitif terhadap kekurangan cairan.

Yuk...kita cegah dehidrasi selama berpuasa ^_^

credit

6 komentar:

  1. aku tuh suka bawel sama pascal kalau sahur,harus banyak minum air putih :)

    BalasHapus
  2. yes..aer putih tuh emang bagus buat kesehatan. Kayak misalnya, kalo makan di resto manapun, aku pasti pesen minumnya aer mineral deh. Selaen lebih menyehatkan, juga murceee... hihihi ;p

    BalasHapus
  3. @ mba Lidya, hehe..maklumlah dalam keadaan masih ngantuk disuruh minum banyak pasti ogah2an :)

    @ Desi, hahaha...teteup ya makirit, etapi emang kata pak dokter kok air putih baik utk kesehatan :)

    BalasHapus
  4. apalagi skrg udaranya lagi terik bgt ya.. rasanya haus bgt..

    BalasHapus
  5. @mba Chi, iya...akhir2 ini matahari emang lagi lucu lucunya, enakan kalo gak ada gak ada acara ngadem aja di rumah :)

    BalasHapus
  6. Hihi ibuku suka nyuruh2 aku minum yang banyak kalau sahur, tapi kadang aku suka males :D :D
    Ooo jadi wanita tuh lemaknya banyak tho... jadi wajar ya kalau aku gemuk wkwkkw

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)