Jumat, 03 Agustus 2012

THR Versus Belanja

Tak terasa Ramadhan sudah menginjak hari ke 14. Dan Alhamdulilah sebentar lagi THR bakal mengalir ke rekening. Hayooo, ngaku aja deh pasti seneng dong dapat uang THR. Jujur, saya juga seneng apalagi katanya sih hari ini uang tersebut akan mengisi pundi pundi saya :)

Kemarin pagi di kantor saya sedikit terjadi kehebohan karena pembahasan SE terbaru tentang pembayaran THR yang dijadwalkan hari ini. Sebagian besar bersorak gembira karena berarti mulai hari ini bisa belanja keperluan lebaran.

Banyak orang beranggapan kalo THR adalah amunisi lebaran. Gak bisa dipungkiri nyang namanya lebaran pasti butuh uang, apalagi buat yang mau mudik macam saya. Dan mudik ini menjadi pos pengeluaran terbesar karena udah pasti untuk beli tiket kreta dengan kenaikan harga tuslah sekitar 30-40%. Bersyukur saya sudah mengantongi tiket mudik dari bulan Mei kemarin. Selain urusan transportasi ada juga yang harus dibawa untuk mudik yaitu oleh oleh untuk Opung dan eyang Samara. Meski mereka tidak pernah meminta tapiii...sudah sewajarnya kita membawa buah tangan untuk mereka. 

Jika urusan oleh oleh kelar maka yang harus dipikirkan adalah uang angpao untuk para keponakan di Tegal. Tradisi salam tempel memang sudah melegenda. Kalo dulu saya yang dapat angpao, tapi setelah berkerja bergantilah saya yang memberi angpao yang besarnya sesuai dengan kemampuan saya tentunya. Dan semenjak Samara lahir alhmadulilah tiap lebaran kebagian angpaonya :)
Makdarit *maka dari itu* setiap tahun saya selalu ikutan tukar uang kecil yang dikoordinir di kantor. Malah tiap tahun sepupu saya selalu ikutan tukar uang kecil di kantor saya. Kalo udah begitu, saya udah kayak paman gober yang mengantongi bergepok gepok uang  ^_^

Selain angpao ada juga uang rekreasi dan wisata kuliner. Nah...tahun ini Insya Allah kami berencana untuk dolan ke Jogja *dengan catatan kita dapat supir karena kebayang kan kalo lebaran gini susah cari supir dan kalo ayah sendiri yang nyupir keknya kasihan ajah karena udah pasti muacettt* Ah entahlah gimana nanti aja deh. Kalo emang gak dapat supir ya...kami rekreasi seputar Tegal ajah sambil menikmati wiskul. 

So...benar kan kalo mudik merupakan pos pengeluran terbesar? Maka berbahagialah bagi orang orang yang gak mudik, setidaknya pengeluarannya tidak sebanyak orang yang mudik. 
Sebenarnya selain mudik ada juga biaya belanja baju lebaran. Nah...ini yang seru untuk dibahas. Bagaimana tidak? Semua orang pasti ingin memakai baju baru di hari lebaran nanti. Bahkan teman kantor saya ada yang udah beli baju lebaran sejak 2 bulan yang lalu *haiyaa...puasa aja belum udah beli baju aja, hehehe...* Saya gak nyalahin dia, malah saya berpikir "oh..berarti teman saya itu gak mau puasanya direcokin dengan rempongnya cari baju, jadi puasanya bisa lebih lancar. Amin"

Kalo saya pribadi, untuk baju lebaran Samara sudah ada sejak 1,5 tahun yang lalu. Eittss...tunggu dulu, baju itu dibeli pada waktu eyang Samara ke Jakarta trus jalan jalan lah kami ke sebuah pertokoan dan melihat ada baju muslim anak bagus dan tentu saja diskon, si eyang langsung mendapuk saya untuk beli baju tersebut. Saya heran, kan bajunya ukurannya besar besar (ukuran anak 2-3th) tapi tetap aja si eyang nyuruh beli, ya sud...maka berpindahlah satu baju muslim anak warna putih ke kantong belanjaan. Karena emang masih kegedean makanya disimpan lah di lemari Samara. Dan kemarin saya sempet bongkar lemari, eh.. ketemu baju tersebut. Mayan dong...tahun ini Samara gak beli baju karena udah deposit baju dari 1,5 tahun yang lalu *makirit* Etapi pas Jakarta Great Sale kemarin saya mengadopsi dua baju kembaran untuk Samara dan sepupunya yaitu anak kakak saya yang masih berusia 10 bulan. Hmmm...dasar ya emak emak gak bisa lihat diskon  ^_^

Untuk urusan belanja baju lebaran, mulai hari ini mulai jam 20.00 bakal ada Midnight Sale bertajuk Ramadhan sale di Debenhems. Kebetulan banget mall yang ada outlet Debenhems berada di depan kantor saya, makdarit hari ini banyak teman saya yang mau menyambangi midnight sale itu. Selain Debenhems, kata si ayah Carrefour juga menggelar acara yang sama pada hari ini dan besok. Ckckckck.....dahsyat banget kan belanja persiapan lebaran?

Tinggal kita kitanya aja yang musti pandai menyikapi berbagai racun tawaran sale sale yang terkutuk. Jangan sampai nih...karena keasyikan belanja jadi lupa zakat, infak dan sadaqahnya ^_^

Yuksss..Mari kita bersikap bijaksana dalam menyikapi ini semua.
Selamat berbelanja....(loh????) hehehehe

11 komentar:

  1. iih enaknyoo yg udah turun THR hari ini...aku baru jumat minggu depan..hiks..
    Btw, itu yg sale dicarrefour, midnight sale juga Yan..?

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah THR udah ngalir :)

    Utk Carrefour mulai dari jam 8 smp 12 malam. Berminat untuk menyambangi, Des?

    BalasHapus
  3. sy juga sellau beli baju lebaran itu 1 bulan sebelum puasa kok.. males ke mall kalo lagi bulan puasa.. ramee.. :)

    BalasHapus
  4. berbelanja yang bijak thx sudah diingatkan ya :)

    BalasHapus
  5. @mba Chi, bener banget kalo pas bulan puasa mall emang rame banget, apalagi beberapa hari menjelang lebaran :)

    @mba Lidya, sama sama mba :)

    BalasHapus
  6. THR buat temen2 muslim di kantor ku udah turun sejak dua minggu lalu :D

    Selamat belanja bijak yaaa :)

    BalasHapus
  7. Bener bun, harus belanja bijak dengan uang THR kita. Jadi gak sabar pengin segera mudik ke Jogja :-)

    BalasHapus
  8. wah, emang lebaran selalu seru ya! THRku juga turun bareng gaji bulan kemaren....sebagian kecil aja dibelanjain, sebagian yang lain tak kekepin buat tabungan anak :) kalau bensin dan kasi orang2 yang kerja buat kami, tar tunggu aliran dari suami aja :) kalau emaknya sih selalu ngalah gak beli baju baru (bukan sok wise tapi diluar lebaran sudah suka beli baju :) )

    BalasHapus
  9. @jeng Allisa, wah...lebih cepat lagi THR masuknya :)
    terima kasih ya jeng..

    @ BunDit, aku juga udah gak sabar pengin mudik :)

    BalasHapus
  10. @Lulu, iyaaa...sisa THRnya bisa buat nambah tabungan anak :)

    Masalah baju baru buat emaknya emang kadang jadi pilihan terakhir, antara mau beli baju atau pake baju yang ada ajah :)

    BalasHapus
  11. Loh kantornya emang di mana mbak, kok dekat Debenhams?

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)