Senin, 10 Maret 2014

HFMD

Virus ada dimana mana.. virus juga macamnya buanyak banget yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah Hand Foot and Mouth Disease atau akrab disebut Flu Singapura. 

HFMD adalah penyakit berjangkit yang disebabkan oleh virus RNA. Penyakit ini sangat cepat menular dan banyak terjadi di musim kemarau. Terjadi pada usia anak 1-5 tahun, meski tidak menutup kemungkinan pada anak yang lebih besar. 

Jadi yaa.. beberapa Jumat lalu sekitar jam 5 sore saya ditelpon oleh mbaknya Samara yang mengabarkan kalo si bocah demam. Oke langsung beberes trus cabcus pulang. Sampai di rumah, sedih banget melihat Samara bobo di sofa dengan muka pucat. Kalau biasanya ceria menyambut saya di balik gorden kali ini berbaring lemas di sofa. 

Cek suhu tubuh 38.9 dercel, langsung minum parcet alhamdulilah turun, tapi malam jelang dini hari suhunya naik lagi. Dan begitu seterusnya sampai hari Sabtu dan Minggu. Nah hari minggu sore muncul bercak semacam bruntusan di tangan hingga lengan dan beberapa titik di kaki serta betis. Nafsu makan berkurang drastis, tapi untungnya masih mau makan buah dan minum madu. Saya memang selalu nge-boost Samara dengan madu.

Senin pagi saya cek bruntusannya makin bertambah dan ada bintil yang paling besar di siku tangan yang berisi cairan. Wahhh...saya khawatir itu cacar air. Jujur.. selama di kantor saya gak konsen blas. Bentar bentar telepon rumah, ngecek apakah bintilnya bertambah?

Malamnya kami bawa ke dokter. eehh pas diperiksa si dokter malah ngajak tebak tebakan sambil becanda : "Hayoo ibu kira kira ini sakit apa?" Lohhh...dokter iki piye to? situ kan yang lebih pinter dari saya. kok malah saya yang ditanyain? kalo saya udah pinter ngapain saya ke sini, dok? hehehe...*full of kidding*

Saya salah menebak karena tebakannya cacar air tapi tebakan si Ayah benar. Trus si dokter becanda lagi : "Lah itu bapak malah ngerti?" gubrak...

Yang saya tahu tentang HFMD yaitu muncul sariawan di sekitar mulut selain bruntusan di tangan dan kaki. Tapi sakit yang menimpa Samara ini gak ada sariawan sedikit pun di mulut. Makanya saya gak yakin kalo itu HFMD. Tapi oleh dokter dicek di ujung lidah dekat amandel ada 2 titik sariawan. Kalo gak pake senter gak bakal kelihatan.

Oke setelah Samara dinyatakan sakit HFMD saya sedikit lega karena awalnya saya berpikiran cacar air. Udah tahu dong kalo HFMD gak perlu obat. Akhirnya kami pulang tanpa menenteng obat. 

Karena sakit ini akan membaik sekitar 7-10 hari dan penularannya sangat cepat maka seminggu kemarin Samara gak sekolah. Istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi merupakan obat yang paling ampuh untuk penderita penyakit ini.

Dalam keadaan seperti ini saya bersyukur karena HFMD yang diderita Samara tidak menyerang mulut. Kebayang dong..jika mulut yang diserang maka sekuruh mulut penuh dengan sariawan. Anak jadi susah makan dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak. Pastilah si anak bakal rewel. Karena kasus yang menimpa anak teman saya, HFMD nya menyerang mulut dan itu bikin anak kesakitan luar biasa.

Oiya sedikit share, beginilah keadaan Samara yang tangan dan kakinya penuh bintil dan bruntusan. Dengan share ini bukan berarti saya menjelekkan Samara yaa... cuma sebagai bahan pengetahuan bagi yang baca siapa tahu ada anaknya ada yang kena juga. Gejala yang tiimbul seperti itu dan sebagai orangtua tak perlu khawatir karena penyakit itu akan sembuh sendiri dengan obat kekebalan tubuh anak

Emang sih..siapa yang tega melihat badan anak seperti ini? Tapi Alhamdulilah sekarang Samara sudah sembuh meski bekas bruntusannya masih tersisa sedikit. 

Sehat terus ya nak... :)
 

12 komentar:

  1. Sehat terus yah Samara :)

    BalasHapus
  2. aduh kasian samara...
    moga2 segera bener2 pulih dan sehat2 terus ya...

    BalasHapus
  3. oalaah...cepet pulih ya cantiik...
    madu emang the best deh buat booster daya tahan tubuh maak ;))

    BalasHapus
  4. yaaahh kasian samara... cepet sembuh ya cantiikk..

    dulu tania pernah kena dan parah sariawannya, sampe minum pun dia ngga mau :(

    BalasHapus
  5. Duuuhh daanish juga malem ini muncul bintik2 merah di tangan & kaki, tapi ga pake anget badannya huhuhu.... cepet pulih & cepet sehat 100% ya Samara, besok khan mau ulang tahuunn.... :)

    BalasHapus
  6. Duh...sedih memang kalo liat anak sakit. Lekas sembuh ya Samara

    BalasHapus
  7. keponakanku juga baru aja sembuh dari HFMD, menyerang mulutnya dan rewel banget, alhamdulillah sudah berlalu... semoga Samara cepet sembuh yaaa

    BalasHapus
  8. Allhamdulillah skearang sudah sehat ya Samara

    BalasHapus
  9. @ Yeye. amin...makasih mak :)

    @ Arman, sekarang Alhamdulilah sdh sembuh. Makasih ya :)

    BalasHapus
  10. @ Desi, iya mak.. madu pokoke paling oke deh.
    makasih ya mak :)

    @ Nike, wah Tania pernah kena juga yaa.
    Paling kasian kalo kena di mulut, anak jadi susah makan

    BalasHapus
  11. @ Deva, semoga Dannish lekas sembuh yaa..
    makasih mak :)

    @ Allisa, makasih mama Raja - Ralph :)

    BalasHapus
  12. @ Rina, iya emang kalo nyerang mulut pasti bikin anak rewel dan susah makan.
    makasih ya mak :)

    @ mba Lidya, iya... makasih :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)