Senin, 03 Maret 2014

Mari Masak Bersama E Cook


Hari Sabtu lalu saya mendapat undangan menghadiri demo masak Lock & Lock dari mak Nike. Dengan panuh semangat saya mempersiapkan diri untuk berangkaat ke Carrefour Lebak Bulus. Hujan yang turun sejak pagi tak menyurutkan keinginan untuk belajar masak dengan Chef Kong's.

Perjalanan menuju lokasi diwarnai dengan hujan lebat hingga jarak pandang menjadi pendek. Alhamdulilah tiba disana tepat waktu, langsung menuju tkp dan bertemu dengan emak emak blogger KEB yaitu makpon Mira Sahid, mak Tri Sapta dll. Kedua emak ini sudah saya kenal sebelumnya. 

Acara agak sedikit molor karena peserta belum banyak yang hadir. Mungkin karena hujan deras jadi agak terhambat perjalanannya. Sekitar 20 menit lepas pukul 14 acara pun dimulai. Pembukaan acara oleh MC yang lucu dan ice breaking yang lumayan bikin cair suasana. 


Kemudian Chef Kong's memperkenalkan diri dengan bertanya kepada peserta, tahu tidak kenapa dia dinamai Kong? Kayanya semua peserta tahu deh jawabannya? Yupp…benar karena badan yang besar itulah sang chef dijuluki Kong's :)
Introducing Chef Kong's
Dalam acara ini bakal ada 3 resep makanan yang didemokan tapi sebelumnya perkenalan produk Lock & Lock dulu yaa… Kalo selama ini orang mengenal Lock & Lock sebagai wadah plastic kedap udara dan foodgrade maka sekarang saatnya kenalan dengan produk barunya yaitu Lock & Lock Glass dan ECook. 

Apa itu Glass Lock? Adalah wadah yang terbuat dari bahan Borosilicate yang aman, foodgrade, tahan pada suhu tinggi hingga 400 derajat celcius dan tahan pada perubahan suhu ketika sebelum ataupun sesudah masuk dalam oven/microvawe.

Sedangkan Lock & Lock ECook adalah alat masak panci yang terbuat dari aluminium berkualitas dan tahan lengket. Selain itu panasnya merata dan anti gores. 

Resep pertama yang diperagakan adalah Grata yaitu cemilan yang cocok banget untuk anak. Bahan bahan yang digunakan antara lain tepung terigu, susu cair, telur, vanila bubuk ditambah corn flakes, choco chips, jagung manis dan dia atasnya ditaburi keju parut. Semua bahan dimasukan ke dalam wadah Glass Lock kemudian dipanggang. Gampil banget ya? Tinggal cemplungin aja semua bahan. Hhmm.. jadi pengin mengadopsi Glass Lock buat bikin cemilan untuk Samara nih..

Sambil menunggu resep pertama matang, lanjut resep kedua yaitu membuat Paceng, kue khas Palembang. Jujur...saya baru dengar nih nama kue itu. Tapi sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang diajukan Chef Kong's dan yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah. 
Horeee...emaknya Samara berhasil jawab pertanyaan dan dpt hadiah
Kembali ke resep kedua, kali ini Chef Kong's mengundang emak Dessy untuk membantu membuat paceng. Bahan bahan yang digunakan adalah tepung terigu, santan, telur, gula, vanilli bubuk. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dimasak menggunakan pan ECook Deco. Kalo menurut saya sih seprti membuat pancake. Untuk topping nya diberi keju parut dan caramel.
Samara pun menyantap Paceng. Yummyyy...
Setelah kelar resep yang kedua, mulailah resep ketiga yaitu ayam panggang cabe hijau. Hmmm...denger namanya aja udah bikin ngiler, gimana nanti rasanya ya?

Kembali Chef Kong's mengundang 2 orang emak untuk menemani masak. Kali ini mak Dwina dan mak Elisa dari KEB bersedia jadi volunteer. 
Dua emak blogger ikutan masak
Cara membuat ayam panggang cabe ijo adalah semua bumbu seperti cabe ijo, daun jeruk, sereh, aneka bawang diblender halus kemudian ditumis menggunakan ECook tanpa minyak. Hasilnya? bumbu gak lengket di work pan sama sekali. 

Fillet ayam yang sudah dilumuri garam, lada dan minyak ikan juga dimasak menggunakan ECook berbahan ceramic dan lagi lagi dimasak tanpa minyak. Hasilnya? di workpan malah muncul cairan seperti minyak yang berasal dari lemak ayam. Jadi...memasak dengan ECook bisa menghemat minyak dan justru bisa mengeluarkan minyak berlebih pada ayam. Jadi sehat kan?
Seperi biasa setelah selesai masak, kami dipersilakan mencicipi dan rasanya enak.. sambal ijonya gak bau langu. 

Oiya mungkin rada bingung juga yaa apa sih bedanya ECook berbahan deco dan ceramic. Jadi yaa...kalo yang ECook deco itu jika dipanaskan akan cepat panas hingga masakan cepat matang tetapi kalo ECook ceramic panasnya agak lama tapi kalo sudah panas akan menyimpan panas yang cukup lama. Jadi musti hati hati ketika sudah selesai masak menggunakan ECook ceramic, pasti beberapa saat kemudian workpan nya masih terasa panas. Hmmm...jadi pengin beli nih, apalagi di Carrefour saat itu lagi promo disc 25% :)

Setelah semua resep dimasak maka kelar sudah acaranya. Sebagai penutup kami kami menerima goodiebag produk Lock & Lock dan tak lupa berfoto bersama.
Say Cheese...
Goodiebag yang bisa nambahin koleksi L&L di rumah

18 komentar:

  1. paceng itu apaan ya? gak pernah denger sebelumnya...

    BalasHapus
  2. aaak lucu banget goodie bagnya maaak..... ;))

    BalasHapus
  3. lock n locknya aku punya tuh yang type gitu, warnanya juga biru :) aku mau ecooknya

    BalasHapus
  4. Makk minta goodie bag nya makkk.. mintaaaa... mintaaaaaaaa *gedor2 rmhnya Samara*

    BalasHapus
  5. @Arman, paceng itu semacam pancake.
    gw juga baru denger tuh nama makanan paceng :)

    BalasHapus
  6. @ Desi, iyaaa..mak, lumayan buat tempat bekal ke kantor :)

    BalasHapus
  7. @ mba Lidya, lock n lock yang tempat minum ya mba?
    aku juga ngiler sama ecook nya :)

    BalasHapus
  8. @ Yeye, aahhh kamu...*langsung tutup telinga pura pura gak denger gedoran pintu* :D

    BalasHapus
  9. aih, ngiler sama goody bag-nya :D

    BalasHapus
  10. Kue paceng? Aku malah baru denger, jeng..hehehe...udah 8 tahun tinggal di palembang, tapi blom pernah denger nama kue itu :D

    BalasHapus
  11. saya juga bru dengar kue paceng heheh... seru ya masak2 sama chef trus pulang2 bawa hadiah...

    BalasHapus
  12. @ Indri, hihihi...next time ikutan ya mak biar dpt gudibek :)

    BalasHapus
  13. @ ALlisa, aku juga baru denger jeng... yang ngetrend sbg makanan khas palembang itu serba serbi pempek yaa :)

    BalasHapus
  14. @ Rhey, iyaa...alhamdulilah dapat ilmu masak dapat gudibek pula hehehe...

    BalasHapus
  15. widiiiii goodie bagnya bikin ngeces.... sayangnya waktu itu aku ga bisa hadir ya maak....

    BalasHapus
  16. jadi sekarang udh berhasil masak apaaaaan? kirim yak...

    BalasHapus
  17. Ngeliat resep kulinernya mau coba deh untuk anak dirumah, sapa tau aja bisa. Gak papankan gak Lock n Lock

    BalasHapus
  18. Maaak.. maapin aku baru mampir kesini..
    Makasih atas kehadirannya ya maaakk.. aku seneng banget deh ketemu kalian, kompak semuaah! :)

    Jangan bosen kalau aku undang yaa. Salam buat Samara, dari anakku, Shaina :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)