Minggu, 22 September 2013

Tradisi Keluarga Kecilku

Jika saya ditanya setujukah kalau pembentukan pribadi seseorang berawal dari keluarga? Saya akan menjawab sangat setuju. Keluarga merupakan lingkungan terkecil yang mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan karakter seseorang. Masing masing keluarga juga pastinya mempunyai tradisi baik yang selalu diterapkan.

Bicara tentang tradisi baik dalam keluarga kecilku, dimulai dari diri saya sendiri dimana ketika masa sekolah saya harus sarapan pagi terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah. Kedua orangtua saya sangat concern dengan sarapan pagi hingga melarang kami keluar rumah sebelum sarapan pagi. Tradisi sarapan pagi ini kemudian saya terapkan pada si kecil Samara. Saya selalu usahakan menyiapkan sarapan pagi untuk Samara, jika tak sempat memasak saya menyiapkan beberapa helai roti untuk sarapan.

Selain sarapan, tradisi dalam keluarga saya adalah terbiasa memasak makanan sendiri. Selain terjamin kebersihannya, terjaga kualitasnya dan pasti jauh lebih hemat. Maka dari itu setiap hari saya ke kantor selalu membawa bekal makan siang dari rumah. 


Ketika Samara memulai mencicipi MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) saya bertekad untuk menerapkan masakan rumahan sebagai makanan perdananya. Tentu saja MPASI makanan rumahan yang saya terapkan bebas dari bahan pengawet, pewarna dan bahan addictive lainnya. Alhamdulilah hingga sekarang Samara bukan termasuk anak yang picky eater.

Untuk pengenalan buah saya juga tak segan segan memberi Samara segala macam buah yang bisa dinikmati secara langsung hingga diolah menjadi jus buah. Pokoknya setiap hari diusahakan makan buah dan minimal 1 buah masuk ke dalam tubuh. 

Jika weekend tiba kami selalu membuat jus buah bersama. Samara selalu ingin membantu saya membuat jus dari mulai mengupas buah hingga memencet tombol blendernya. Hal sederhana tapi sangat menyenangkan untuk Samara.
Let's make strawbanana juice..

slurrppp....
Kalau jus sudah selesai dibuat maka kami bertiga saling berebutan hehehe... Priceless moment... Dan kebersamaan itu menjadi tradisi baik keluarga kami :)

Karena dari awal saya sudah menerapkan MPASI makanan rumahan untuk Samara maka dalam hal cemilan pun saya mencoba belajar membuat kue sendiri. Sekarang Samara paling suka jika saya masuk ke dapur lantas membuat kue brownies kegemaran Samara dan ayahnya. Resep brownies favorite keluarga kami diperoleh dari resep warisan ibu saya. 

Bahan bahannya...
Saat membuat cemilan pun Samara selalu ingin membantu dan saya akan membiarkannya. Yaa...hitung hitung Samara belajar berkreasi :)

Ayoo masukan bahannya...
Dalam resep brownies favorite keluarga kami, salah bahannya adalah 1 cup minyak goreng. Untuk pemilihan minyak goreng saya menjatuhkan pilihan pada minyak SunCo. Mengapa harus SunCo? Yaa...karena warna minyak SunCo lebih bening sebab dibuat dari kelapa sawit segar dan pengolahannya melalui 5 tahapan yaitu 3 kali pemurnian dan 2 kali penyaringan sehingga menghasilkan minyak goreng sehat yang kaya akan omega 3 sekaligus bebas kolesterol. 

Ternyata nih kelapa sawit yang segar menjadi kunci untuk mendapatkan minyak goreng yang bening. Semakin bening minyak goreng maka saat digunakan untuk menggoreng minyak tidak cepat menjadi hitam, sehingga meminimalkan resiko timbulnya kanker pada tubuh manusia.
Source : www.minyakgorengsunco.com
Alasan kedua mengapa memilih SunCo karena minyak SunCo bisa langsung diminum. Saya masih ingat betul salah satu iklan minyak SunCo yang artisnya minum minyak SunCo. Benar benar membuat saya heran dan bertanya, kok bisa ya minyak goreng diminum? Ternyata untuk membuktikan kualitas minyak goreng yang baik dapat dibuktikan dengan uji organoleptic, yaitu dengan cara meminumnya.
Source : www.minyakgorengsunco.com
Selain itu minyak SunCo juga tidak gampang menggumpal / beku di suhu rendah. SunCo juga minyak goreng yang memilik Fortifikasi Vitamin A yang tidak akan menghilang jika dipanaskan. Vitamin A yang terkandung ini sangat penting bagi nutrisi tubuh, yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah terkena penyakit.

Oiya kalo kita intip webnya minyak goreng SunCo selain menyajikan informasi tentang minyak goreng SunCo ada juga resep para chef terkenal yaitu Chef Juna dan Chef Desi. Kedua chef membagi beberapa resep yang mudah sekali untuk dipraktekan di rumah. Yang menyita perhatian saya adalah resep sop tekwan goreng kreasi Chef Desi.

Selain web di atas, minyak goreng SunCo juga mempunyai web www.resepsehat.com yang berisi tentang resep sehat, dapur kita, kopdar komunitas, cerita dan tips. Ayoo siapa yang mau masak sehat bisa langsung meluncur ke resep sehat :) 


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan”

25 komentar:

  1. wah samara pinter deh.. suka bantuin mamanya ya :)

    good luck ya buat lombanya!

    BalasHapus
  2. @ Arman, iya bantuin sekaligus berkreasi sendiri
    Makasih Arman... :)

    BalasHapus
  3. Hihihi Samara pinteeer. Siapa tau nanti kalo udah gede jadi mahir bikin kue ya sayang..

    Goodluck Yan.. semoga menang yaaa ^__^

    BalasHapus
  4. Wah, gue padahal pake sunco juga tapi gk tau ada kontes blognya, hihihi..
    Aih Samara, bahagia banget ya punya anak kayak kamuuuuuu.. *towel virtual pipinya*
    Sukses ngontesnya ya, Mak ;)

    BalasHapus
  5. Good luck lomba nya yaaa...
    Eh tapi gw baru tau kalo resep brownies ada yang pake minyak kelapa.
    Buat apaan, yan ?
    *baker amatiran*
    **sungkem sama Yani**

    BalasHapus
  6. Samara pinter yaaa bantu2 bunda, dan semangat minum jusnya....

    BalasHapus
  7. waktu mau lebaran kemaren kan lagi promo Sunco di kerfur, langsung dooong gue beli 2 pouch.

    Ternyata emang beda loh si Sunco ini.. gorengan jadi berasa crunchy tapi ga banyak minyak yang nempel..heuheheu

    Samara bagi dong jusnyaa... ;))

    BalasHapus
  8. @ Bebe, hihihi..makasih aunty Bebe, nanti kalo sudah besar Samara pengin kaya aunty yang pinter masak :)

    BalasHapus
  9. @ Yeye, aminnn...terima ksih ya mak *ketjup :)

    BalasHapus
  10. @ Della, ayoo mak ikutan..masih ada waktu kok buat nulis :)

    BalasHapus
  11. @ Indah, hahaha.. gw juga baker amatiran kok..
    Kalo kata emak gw pake minyak biar permukaan atasnya kalo pas kuenya matang itu jadi mengkilat dan biasanya ada yang pecah2 dikit. Itu sensasinya brownies katanya :)

    BalasHapus
  12. @ Rina, iyaa..bantuin sambil sesekali berantakin hahaha...
    Gak papa lah namapun belajar ya mak :)

    BalasHapus
  13. @ Desi, iya pake SunCo lebih crunchy masakannya.. yummy deh :)

    BalasHapus
  14. Samara pinterrr mau bantuin bunda di dapur :)
    Good Luck lombanya ya mak Yaniii...
    btw mau dunk posting resep brownies...

    BalasHapus
  15. Samara pinter yaaa... suka bantuin bunda bikin jus dan kue...

    BalasHapus
  16. Setuju sama Deva, mau dong posting resep brownies nyaaa

    BalasHapus
  17. Aku juga suka bantuin kalo bikin cake....
    Dija suka pegangin mixernya
    hihihi bergetar

    BalasHapus
  18. good luck ya. Samara suka ikutan masak juga ya. Maaf ya baru bisa mampir lagi nih

    BalasHapus
  19. senyumnya Samara ya..... cerah ceria bangeeett....

    Sunco ini sejak awal kemunculannya, aku juga suka banget

    good luck buat kompetisinya Yan :)

    BalasHapus
  20. @ Deva, resep browniesnya udah pernah tayang di blog ini, ada di label recipe.
    Moga2 udah nemu yaa resepnya :)

    BalasHapus
  21. @ tante Elsa, hehehe iya tante.. Samara suka bantuin bunda bikin kue :)

    @ Dija, Samara juga senang kalo pegang mixer, jadi ikutan bergetar :)

    BalasHapus
  22. @ mba Lidya, amin...terima kasih mba :)

    @ Lulu, iya..oke bgt nih minyak goreng SunCo :)
    Makasih ya mak..

    BalasHapus
  23. nanti kalo samara pinter masak enggak heran, karena mulai kecil sudah bantu bundanya ya mba. salam buat keluarga

    BalasHapus
  24. susah mengajarkan seperti itu,anak2 tetep aja lebih tergiur jajanan di sekolah

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)