Sabtu, 04 April 2015

Sarapan Sehat Sebelum Jam 9

Sarapan merupakan hal yang penting dan sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Sebelum mengawali aktivitas, sudah seharusnya tubuh diisi dengan asupan yang bergizi. Namun demikian beberapa orang justru banyak yang meninggalkan sarapan. Atau jika sarapan pun gizinya kurang mencukupi. Asal kenyang saja istilahnya. Padahal istilah asal kenyang saat ini sudah gak berlaku. 

Berdasarkan penelitian 7 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan gizi sarapan. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk menangkap pelajaran dan beraktivitas fisik. Anak yang meninggalkan sarapan sebelum beraktivitas maka akan mudah capek, gelisah dan gampang marah. Selain itu tidak sarapan akan menimbulkan masalah yang serius karena berhubungan dengan resiko gangguan pertumbuhan fisik dan mental anak. Para ahli gizi sepakat bahwa sarapan sehat adalah makan dan minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian dan harus dilaksanakan sebelum jam 9.

Mengingatkan besarnya dampak buruk masalah sarapan maka diadakan Pekan Sarapan National pada tanggal 14-20 Februari 2015. Gagasan ini terwujud berkat inisiasi PERGIZI PANGAN bersama lima organisasi gizi dan pangan Indonesia. Pada tahun ini Energen - Mayora Nutrition ikut ambil bagian dengan mencanangkan "Gerakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" dengan mengajak 25.000 peserta di 4 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makasar untuk sarapan bersama dan serentak. 

Acara Sarapan sehat sebelum jam 9 diadakan pada hari Minggu, 29 Maret 2015 berlokasi di Parkir Timur Senayan. Pagi itu lapangan parkir didominasi warna kuning yang cerah dan ribuan manusia berbusana serba kuning. Sekitar pukul 6.30 acara dimulai. Sambutan demi sambutan diberikan oleh Bapak Ricky Afrianto, Global Marketing director Mayora nutrition, Bapak Prof.Dr.Ir Hardinsyah MS Ketua Umum PERGIZI PANGAN, Bapak Mangara Pardede, walikota Jakarta Pusat dan Bapak Ir. Doddy Izwardy, MA Direktur Bina gizi dan kesehatan Ibu dan anak. Dilanjutkan minum energen bersama.
Mari sarapan bersama
Para peserta juga terlihat serentak memegang dan mengangkat gelas energen serta minum bersama. 
Sarapan serentak
Setelah semua minum energen, acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam dari MURI untuk kategori peserta sarapan bersama terbanyak di Indonesia. Wooooww...
Rekor MURI
Sebagai bukti dari keseriusan membiasakan sarapan sehat sebelum jam 9 maka para peserta dapat berpartisipasi dan menandatangani sebuah board warna kuning yang bertuliskan AYO KITA SARAPAN.
Yellow board
Setelah penandatanganan board tersebut, peserta bisa mengikuti jalan sehat dan senam pagi bersama. 
Senam bersama
Oiya mungkin ada pertanyaan mengapa nama gerakannya sarapan sehat sebelum 9? Bukan sebelum jam 8 atau jam 10? Ini dia penjelasannya. Jadi ya... Menurut Prof Hardinsyah sarapan secara ideal memang harus dilakukan pagi hari sebelum memulai aktivitas harian. Dan penurunan stamina tubuh terjadi pada pukul 9 pagi. Oleh karena itu sebelum kondisi tubuh menurun maka sudah diisi dengan asupan yang bergizi seimbang. 

Dan contoh dari asupan gizi yang seimbang diantaranya mengkonsumsi energen yang memiliki bermacam varian. 
Energen... Minum makanan bergizi
Yuk... Mulai sekarang kita berkomitmen untuk #SarapanSehatSebelumJam9 untuk masa depan gizi anak Indonesia yang lebih baik

16 komentar:

  1. satu lagi dari Mayora. Hihihi. Eh ini Mayora kan ya Mak?
    Seru banget ternyata acaranya outdoor ya..

    BalasHapus
  2. wah berarti kita bener dong ya. kalo sarapan pasti di bawah jam 9 pagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt Man...
      Untung dr kecil dibiasakan sarapan yaa :)

      Hapus
  3. aku juga sarapan selalu dibawah jam 9 kok, apalagi kalau anak-anak skeolah sarapannay pagi banget :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Kalo anak2 biasa sarapan sblm brkt sekolah yaa ;)

      Hapus
  4. Kita jg sarapan dibawah jm9, anak2 jg gt..

    Gw suka energen rasa pisang itu, enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoiii... Yang pisang enak :) *lempar 1 sachet ke tetangga*

      Hapus
  5. saya juga selalu membiasakan sarapan. Kalau enggak, suka lemes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak... Jd gak semangat kerja yaa kalau perut keoncongan :)

      Hapus
  6. anak anak malah sarapan dibawah jam 7
    karena jam 7 sudah harus berada di sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti jam 6 sarapan udh siap di atas meja ya tante Elsa :)

      Hapus
  7. Alhamdulillah kami juga selalu sarapan dibawah jam 9 pagi. Dan pake sereal juga atau oatmeal....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah... Dibiasain ya mak...
      Btw bukan nasi uduk menunya? Hehehe

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Wuihhh seru acaranya ya Mak, kadang aku suka lupa sarapan euy *ngumpet*

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)