Kamis, 24 Oktober 2013

Notebook Tipis Bikin Produktif

Saya mengenal dunia blogging sejak tahun 2010 dan itu artinya masih seumur jagung saya ngeblog. Awal mula tujuan ngeblog adalah menulis perkembangan si kecil Samara setiap bulan sebagai catatan dan warisan kecil yang bisa dibaca kelak Samara besar. Jadi Samara bisa melihat, membaca dan merasakan perkembangannya sendiri. Maklum lah saya itu orangnya pelupa jadi kalo suatu saat ditanya perkembangan Samara, saya bisa lihat contekannya di blog :)

Saya berpikir seandainya menulis perkembangan Samara lewat buku harian/diary pasti gak bertahan lama, bisa diary nya sobek, terselip atau yang lebih parahnya lagi tersiram air, hehehe...luntur deh semua tulisannya. Oleh karena itu saya menjadikan blog keluarga ini sebagai digital diary.

Dulu awal ngeblog saya menggunakan perangkat personal computer desktop. Dan menurut saya kurang fleksibel ngeblog pake PC desktop karena tidak bisa dibawa kemana mana dan pemakaiannya musti bergantian dengan anggota keluarga yang lain. 

Sebenarnya ada sih notebook yang sudah dibeli sejak tahun 2007 tapi berhubung kurang update programnya makanya notebook ini sempat nganggur selama 2 tahun. Setelah sering berebutan PC desktop dan keinginan saya untuk selalu update blog akhirnya mulai lagi ngoprek dan update notebooknya.

Sekarang notebook sudah menjadi senjata harian saya untuk ngeblog. Biasanya setiap pagi selepas sholat subuh saya mulai membuka notebook dan duduk manis di depannya. Selain menulis untuk update blog saya juga melakukan blog walking. 

Alhamdulilah kegiatan blog walking saya sekarang makin banyak setelah bergabung di Komunitas Emak Blogger (KEB). Makin banyak cerita emak yang bisa dibaca dan semuanya sangat inspiratif. Memang benar para anggota Komunitas Emak Blogger (KEB) juara banget dalam menulis. Banyak pelajaran yang saya peroleh dari blogwalking. 

Bicara tentang senjata ngeblog, saat ini saya mulai melirik produk notebook yang baru. Yaa...penginnya sih meng-upgrade notebook jadul yang usianya hampir 7 tahun. Wishlist saya kali ini adalah notebook tipis, ringan dan baterai yang tahan lama, jadi kalo dibawa kemana mana tidak berat dan tidak harus repot cari colokan listrik.

Saat ini Acer meluncurkan produk terbarunya yaitu masih dari rangkaian Acer Aspire Slim series yang namanya Acer Aspire E1-432. Produk terbaru Acer
ini memang menjadi idaman para wanita karena fitur yang ditawarkan sangat menarik yaitu tipis, ringkas, ringan dan daya baterai yang tinggi. Tipisnya itu 30% lebih tipis dari notebook konvensional. Wooww.. kebayang dong ringan banget dan pastinya sangat cocok untuk para srikandi blogger? Ini dia tampilan si tipis Acer Aspire E1-432
aspire e1 432
Picture taken from here
Acer Aspire E1-432 ada pilihan warna yaitu Piano Black dan Silky Silver yang dua duanya elegan banget. Acer Aspire E1-432 juga dilengkapi dengan fitur esensial yang lengkap namun dengan form factor yang lebih bersahabat untuk para pengguna dengan mobile.

E1-432
Dua pilihan warna yang elegan
Trus gimana dengan layar monitornya? Jangan khawatir Acer Aspire E1-432  menggunakan monitor LED berukuran 14” dengan resolusi 1366×768 px yang memadai untuk kebutuhan office basic, browsing, multimedia, bahkan untuk bermain game sekalipun.

Jika kebanyakan notebook berukuran layar 14” yang dilengkapi optical drive/DVD-RW memiliki dimensi cukup tebal, beda halnya dengan si tipis Acer Aspire E1-432 ini yang memang didesain khusus oleh  Acer dengan ketebalan sekitar 25.3 mm saja. Dengan demikian Acer Aspire E1-432 mempunyai dimensi 30% lebih tipis dibandingkan dengan notebook konvensional. Lihat betapa tipisnya notebook idaman saya :)

ACER_E1-432
Acer Aspire E1-432 menyediakan keyboard model chiclet yang luas dan nyaman saat digunakan dalam waktu lama. Begitu juga dengan trackpad yang disediakan, dengan permukaan bertekstur. Kedua interface pada notebook ini didesain optimal untuk penggunaan OS Windows 8. Mantapp ya? :)

Kemudian fitur esensial lain apa yang dibutuhkan lagi? Meski dimensi Acer Aspire E1-432 tergolong tipis dibandingkan notebook konvensional lainnya tetapi tidak mengorbankan kelengkapan dan fitur penting loh... 

Biasanya nih fitur yang sering dikorbankan adalah optical drive, tapi kali ini Acer masih menyediakan sebuah DVD-RW yang masih diperlukan oleh sebagian besar pengguna dan tidak ingin direpotkan untuk selalu membawa DVD-RW external. Acer Aspire E1-432 memiliki tiga buah port USB dan satu diantaranya sudah menggunakan USB 3.0 dengan transfer data 10x lipat lebih kencang dibandingkan USB 2.0. Wooww...oke banget kan? 

Terdapat pula sebuah card reader yang dapat membaca memori berbasis SD Card dan MMC yang biasa digunakan pada kamera. Pada bagian display output, Acer Aspire E1-432 memilki satu buah VGA port yang untuk keperluan presentasi menggunakan proyektor, dan juga sebuah HDMI port yang akan sangat berguna untuk menampilkan gambar pada LCD/LED eksternal dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar untuk pengalaman multimedia yang lebih maksimal. Acer juga menyertakan sebuah Webcam HD untuk keperluan spAcer melakukan streaming, video chatting ataupun sedikit “bernarsis ria”. Nah....ini dia yang paling penting, jadi kegiatan narsis tetep jalan terus dong... :)

Keunggulan utama dari notebook Acer Aspire E1-432 ini adalah penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Acer mempersenjatai notebook ini dengan prosesor Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U yang memiliki dua buah inti (dual core) dan berjalan pada kecepatan 1.40 GHz.

ASpire E1-432 Silver (1)
Si tipis yang berwarna silver
Acer Aspire E1-432 menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB untuk keperluan multitasking yang lebih baik. Media penyimpanan harddisk SATA berukuran 500GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file, multimedia, maupun game di dalam notebook ini.


Lantas gimana dengan performanya? Yupp...performa yang ditawarkan Acer Aspire E1-432 menggunakan Intel Celeron 2955U mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan kedua penerusnya seperti Intel Celeron 877 dan Celeron 1007. Dengan TDP yang berjalan lebih rendah, rasio performance per watt yang ditawarkan prosesor ini sangatlah baik.

Kalo bicara tentang kinerjanya gimana dong? Jangan khawatir...meski masih menggunakan nama Intel HD Graphics yang sama seperti kedua generasi prosesor Intel Celeron sebelumnya, ternyata Intel HD Graphics yang tertanam didalam prosesor berbasis Haswell ini menghasilkan performa yang jauh lebih baik.

Kalo di awal saya bilang produk Acer Aspire E1-432 ini punya daya tahan baterai yang bagus, mana coba buktinya? Nah.. Acer telah melakukan pengujian daya tahan baterai dengan menjalankan beberapa pengujian secara non-stop. Baterai dengan kapasitas 2500 mAh ini dapat bertahan hingga 6 jam (359 menit) untuk memutar konten multimedia (film HD), dan berkisar 3-4 jam saat menjalankan game. Waaahhh...makin cinta deh sama si tipis
Acer Aspire E1-432.

Kalo semua fitur keren udah dibeberkan di atas, gimana dengan harganya nih? Pastinya malah dong? Eitsss...jangan buru buru dulu mengklaim notebook keren harga selangit dan bikin kantong bolong yaa.... Ternyata nih Acer Aspire E1-432 harganya sangat bersahabat yaitu Rp.4.749.000,- saja.

Wah... jadi pengin buru buru narik ayah Samara ke gerai Acer nih... Atau banyak banyak berdoa semoga bisa dapat Acer Aspire E1-432 dari Komunitas Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia biar kegiatan ngeblog saya makin lancar dan makin produktif. Amiiin.... :)  


“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Komunitas Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.”



 

16 komentar:

  1. Aminnnn doanyaa Makkk.. klo ga sabaran lsg tarik aja ayahnya Samara hahaha :p

    BalasHapus
  2. hahahaha iyaaa...bener kata Yeye, langsung tarik aja tuh siayah... kerreen looh acernya... *kompor* ;p

    BalasHapus
  3. Ikutan narik tangan abi FAiz aaach...kalau cuma di rayu bakalan lama kali ya? berdoa ach semoga ada rejeki yang banyak terus jadi dech ngedekepin si Acer e1 432 baik beli maupun menang lomba yeiiiy. Sukses ya Bunda Samara

    BalasHapus
  4. Semoga menang yaaa...aku sih tetap masih setia sama acer aspire one krn warnanya ungu muda...hihihihi... kalo soal spec buat notebook mah jaman sekarang udah sama2 aja, paling tampilan dan brand doang yang beda

    BalasHapus
  5. para suami se indonesia kebanjiran proposal ya hehehe. Berdoa bersama yuk

    BalasHapus
  6. jadi pengen liat bentukan si acer tipis ini mbak. sukses challenge nya

    BalasHapus
  7. ...memang inih senjata ngeblog yg bikin ngiler :D
    Selam kenal dan semoga sukses untuk ngontesnya ya Mak ^_^

    BalasHapus
  8. sepakat... si acer ini memang memikat hati... pertama kali beli lap top juga beli merk ini sampai sekarang masih jadi kesayangan

    BalasHapus
  9. Udah 3 tahun dong, Mba. Kalau bayi udah bisa jalan ya. Hihihi
    Wah, saya narik siapaaa yaaaaaaaa. . :D

    BalasHapus
  10. Ayo kita tarik suami kita masing2 ke gerai Acer hehehe

    BalasHapus
  11. Amiiiiin.. semoga lancar dapet Acernya ya Yan.. cemangaaaat! ^__^

    BalasHapus
  12. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    BalasHapus
  13. Hai, Mak! Terima kasih sudah berpartisipasi. Good luck, ya! :)

    BalasHapus
  14. Heylo mak, ma kasih atas partisipasinya, ya. :-*

    BalasHapus
  15. baguuus ya notebooknya.. ikutan mupeng juga :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)