Selasa, 01 Oktober 2013

Taman Kota

Hidup di kota metropolitan Jakarta memang mengasyikan. Gimana gak asyik, di Jakarta banyak hiburan, tempat wisata, mall bertebaran yang jaraknya hanya selemparan batu dari mall satu ke mall yang lain, banyak apartemen bermunculan di setiap wilayah baik di tengah kota ataupun di pinggiran dan banyak sekali gedung bertingkat yang saat ini sedang dalam pembangunan.

Terkadang miris juga melihat bangunan tinggi seperti di lokasi tempat saya bekerja, kantor saya itu benar2 dikepung mall. Samping kanan adalah Plaza Senayan, depannya Senayan City dan samping kiri adalah Senayan Trade Centre (STC). Tak jauh dari itu ada Ratu Plaza dan fX mall. Bayangkan 5 mall saling berdekatan trus gimana yaa waktu minta ijin pembangunannya? Apa tidak dikaji lokasi yang berdekatan itu? Segampang itukan perijinan pembangunan mall di Jakarta?
Pemandangan depan kantor

Selain mall sekarang juga banyak apartemen yang bermunculan. Apalagi sejak adanya kebijakan pemerintah membangun apartemen bersubsidi. Tengok saja di daerah Kebagusan yang berada jauh dari pusat kota sekarang berdiri apartemen tinggi. Bayangkan di antara rumah rumah kampung itu muncul gedung yang menjulang tinggi, apakah tidak kontras pemandangannya?

Salah satu apartemen di Jakarta
Dan katanya apartemen yang bersubsidi itu laku berat bak kacang goreng tapi banyak yang kosong karena si empunya tidak tinggal disitu. Yaa mungkin pembeli itu mayoritas orang orang kaya yang membeli apartemen untuk investasi. Entah lah... *ini murni pemikiran saya loh*

Trus gimana dengan taman kota di Jakarta? Apakah pembangunan taman kota sebanding dengan pembangunan gedung bertingkat? Kayanya sepakat kita jawab TIDAK ya? 

Mari kita hitung berapa taman kota yang ada di Jakarta? Yang saya baca di sini taman kota di Jakarta yang berhasil dihimpun oleh Komunitas Peta Hijau Jakarta ada 350 taman kota. Tapi dari sekian banyak taman kota hanya 10 taman yang rekomended untuk dikunjungi di antaranya adalah :

1. Taman Suropati, Jakarta Pusat
2. Taman Situlembang, Jakarta Pusat
3. Taman Menteng, Jakarta Pusat
4. Lapangan Banteng, Jakarta Pusat
5. Taman di sekitar Monas, Jakarta Pusat
6. Taman Ayodya, Jakarta Selatan
7. Taman Langsat, Jakarta Selatan
8. Taman Leuser, Jakarta Selatan 
9. Taman Puring, Jakarta Selatan
10. Taman Srengseng Sawah dan Hutan Kota di Joglo dan taman Kebon Pisang di Tomang, Jakarta Barat

Trus yang lainnya gimana?? Menurut seorang pakar Tata Kota Jakarta, beberapa taman kota yang lain kurang layak untuk dikunjungi karena tidak terawat. Saya sangat setuju dengan pendapat itu artikel itu karena setiap hari saya ke kantor melewati Taman Kerbau Gajah di Jalan Dharmawangsa itu gak terawat sama sekali.

Hayooo...familiar gak dengan nama Taman Kerbau Gajah? Sejujurnya kalo saya gak lewat Dharmawangsa tiap hari, sudah dipastikan saya gak tahu taman Kerbau Gajah :)

Jadi sepertinya sekarang saya sedang kangen jalan jalan di taman kota pada saat weekend. Teringat jelas waktu Samara berusia 1 tahun dan mulai belajar jalan, saya bingung membawa Samara jalan jalan kemana? Akhirnya meluncurlah kami ke Taman Ayodya. Saat itu taman Ayodya masih baru dan masih cantik, etapii..sampai sekarang pun taman tersebut masih bagus kok karena dirawat banget.

Ehemmm...emaknya Samara masih kurus banget ya :)
Lihatlah betapa senangnya Samara belajar jalan di taman Ayodya... sumringh bener yaa :)

Dan beberapa waktu lalu kami jalan jalan di taman yang dekat dengan rumah di kawasan Kebagusan. Hmmm...bagus juga tamannya dan hari minggu pagi itu ada beberapa ibu yang sedang bersenam pagi. Sebagian orang lagi jogging dan sisanya duduk bercengkerama menikmati matahari pagi.

Samara senang banget lari larian di sana.

Run...run...
Ayah juga senang main kejar kejaran dengan si bocah

Ayooo kejar ayah...
Trus bunda Samara ngapain? hohoho...pastinya menikmati udara segar sambil melihat pemandangan 2 orang tersayang sedang berkejar kejaran :)

Dan bahagia itu sesederhana duduk di taman sambil melihat orang orang tersayang tertawa gembira.

Ada pengalaman teman2 blogger tentang taman kota? Ceritain dong di mari :)

20 komentar:

  1. harusnya diperbanyak ya taman kota supaya udara lebih segar

    BalasHapus
  2. wah iya yah, bener juga taman kota di jakarta udah jaraaang banget.... klo di Bekasi biasanya yg lumayan segar itu di area depsos

    BalasHapus
  3. Iya di Jakarta kayaknya kurang banget taman yaa.. Kalau ada, pasti penuh sama orang jualan deh :(

    Padahal seru loh kalo bisa piknik2 sambil kumpul sama keluarga.. hiburan murah meriah..

    BalasHapus
  4. Di sini juga taman bukannya banyak sih, tapi yang penting tetep ada lah, jadi kalo pengen jalan2 di taman masih ada fasilitasnya...

    BalasHapus
  5. Blm pernah ngajak millie ke taman mak, belum sempet tepatnya *sok sibuk buanget eike, hueekkk*

    BalasHapus
  6. di sini tamannya banyak lho... bagus2 pula, hehe...

    BalasHapus
  7. sekarang yang lagi ngetop dan keliatannya emang bagus tuh eco park di ancol ya...

    BalasHapus
  8. Taman kota itu sangat bermanfaat ya mbak... karena banyak aktivitas warga yang bisa dilaksanakan di sana.
    Sayangnya banyak taman kota yang tak terawat dengan baik.

    BalasHapus
  9. @ Lidya, iya harusnya taman kota dibanyakin biar adem :)

    @ Rina, kapan2 main ah...ke taman area depsos Bekasi :)

    BalasHapus
  10. @ Bebe, bener juga, sekalinya ada taman ehh..banyak penjual dan sampah berserakan. Ngenes yaaa :(

    @ Yeye, ajak Millie ke taman Ayodya, bersih dan bagus loh.. :)

    BalasHapus
  11. @ mama hilsya, huaaa...jd pengin balik lagi ke sana deh.
    Can't wait till next month :)

    @ Arman, iyaa Ecopark lagi ngehits. Kapan2 coba main ke sana ahhh... :)

    BalasHapus
  12. @ mba Reni, betul sekali mba... Ngenes yoo liatnya :(

    BalasHapus
  13. Di daerah deket rumah gw kebetulan udah ada 2 taman yang baru dipugar dan baguss Yan, jadi lumayan gak susah kalo nyari tempat mangkal sore-sore.
    Terus kemaren pas arisan dapat gossip dari pak RT kalo tanah luasss di RT gw udah di beli pemerintah buat dibikin taman, HOREEEE....

    BalasHapus
  14. Kenapa namanya Taman Ayodya ya?
    Itu Samara keliatan happy banget lari2 di taman mbak :)

    BalasHapus
  15. kalo di BSD ada Taman Kota.

    Lumayan dekat dan cukup rindang.

    enak sih untuk jogging pagi, tapi suka banyak nyamuk :(

    BalasHapus
  16. Belum pernah hidup di Jakarta saya mbak hehe :D

    BalasHapus
  17. @ Etty, wah oke banget tuh mak.. kalo udah jadi kabari yaa biar kita main2 ke sana :)

    @ 12 Menit, kurang tahu ya kenapa namanya taman Ayodya?

    BalasHapus
  18. @ mba De, wah asyik dong... kapan2 main ke Taman kota serpong deh :)

    @ Wahyu, tapi udah pernah ke Jakarta kan? :)

    BalasHapus
  19. tapi pak jokowi kan sudah rehab waduk dan taman2 kota kan ya mba katanya? aku jarang maen di taman.hihihi, takut dipalak.

    BalasHapus
  20. Disini kalo lg pengen ke taman ya taman suropati, paling deket dan enak. Cuma sayang belakangan itu taman rame banget. Kliatan deh kalo jakarta itu butuh banget area hijau kayak gini. Main ke taman itu anak2 seneng, udara seger, plus ortu gak bangkrut *curcol*
    Smoga jakarta ke depan lebih banyak pembebasan lahan buat taman deh ya. Amiin. Salam kenal samara dan bunda :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)