Jumat, 14 Februari 2014

Jelang 4 Tahun

Alhamdulilah pada tanggal 11 Februari lalu genap usia Samara 47 bulan atau 3 tahun 11 bulan atau sebulan menjelang ulang tahun yang keempat. Tak terasa anak wedok kami sudah mau berusia 4 tahun. Apa saja perkembangan di usia ini? Mari kita tengok saja :
  • Mulai bertanya keberadaan sang Khalik dengan pertanyaan : "Allah itu ada dimana?" Bunda menjawab : Allah ada di hati kita. Lanjut celoteh si bocah : "oohh berarti Allah itu dekat yaa.. tapi kok ada di hati kita?" Bunda : "iya karena Allah itu dekat dan selalu mengikuti kita".
  • Saat hujan turun Samara bertanya : "Kenapa Allah memberi kita hujan?" Bunda : "├»ya biar buminya gak kering". Samara : "biar bunganya dikasih minum ya Bun?" Wah sepertinya jawaban bunda kurang mengena di hatinya hingga Samara justru lebih pintar menjawab pertanyaannya sendiri :) PR buat bunda musti belajar menjawab sesuai dengan penalaran anak seusianya.
  • Lanjut lagi pertanyaan saat mau bobo malam :"Bunda, kok Allah membuat kita ngantuk?" uppss...kaget juga dengan pertanyaan itu tapi bunda menjawab : "iya, biar kita istirahat". Samara nyeletuk lagi : "kok istirahat?" Bunda menjawab lagi : "biar kita gak capek, Samara kalo abis mainan capek kan trus minta bobo deh". Lantas Samara pun menjawab : ooo.... Jika Samara sudah menjawab "ooo..." berarti dia sudah puas dengan jawaban bunda. Tapi jika belum puas maka dia akan bertanya lagi.
  • Puncak kekritisan pertanyaan yaitu saat di mobil Samara bertanya : "Bun, kok ada Samara sih?" Doeenggg...Ayah dan bunda langsung kaget dan saling memandang, langsung bunda menjawab : "Samara kan anak bunda" Trus Samara bertanya lagi : "kenapa anak bunda?" Bunda : "iya karena Samara diciptakan Allah untuk jadi anak bunda". Samara bertanya lagi : "kenapa jadi anak bunda?" hhhmmm...pengin rasanya saat itu keluar dari mobil karena kehabisan jawaban. Tapi untung Ayah menjawab : "iya, karena Samara dititipkan Allah kepada Ayah dan bunda" Dan Alhamdulilah Samara menjawab "ooo..." Semoga Samara mengerti dan paham atas  jawabannya.
  • Saat nonton tayangan banjir di tivi, Samara nyeletuk : Bunda, kok itu banjir sih? Emang orang orangnya buang sampah sembarangan ya?" Subhanallah bunda terkesima dengan pertanyaan Samara dan bunda memberikan penguatan : "iya sayang, makanya kalo kita membuang sampah harus di tempat sampah ya biar gak banjir". Trus ketika beberapa televisi menayangkan berita banjir, Samara protes :"bunda, kenapa sih tivinya diulang ulang terus?" (maksudnya tayangan banjir diulang terus) dan mungkin membuat Samara jadi bosan :)
  • Masih tergila gila banget sama Frozen pokoknya dikit2 disamain seperti Elsa atau Anna.
  • Beberapa waktu lalu ketika Samara sakit batpil dan sariawan, susah banget disuruh minum air putih. Sekali mau minum air putih, Samara berceloteh : "bunda, kalo mau jadi Elsa (tokoh film Frozen) minum air putih yang banyak ya? biar bibirnya merah kaya pake liftip (baca : lipstick) hahaha...
  • Saat susah makan karena gak enak badan tetiba protes : "bunda. Elsa aja gak pernah makan di Frozen?" hihihi...emang di film frozen gak pernah ada adegan Elsa dan Anna makan. Begitu juga saat susah mandi, Samara bilang : "Elsa sama Anna kok gak pernah mandi ya bun?" #eaaaa.... lagi lagi karena di film tsb gak ada adegan mandi :)
  • beberapa kali terlihat tantrum dan kurang sabar ketika mengerjakan sesuatu. PR juga buat bunda untuk melatih kesabaran Samara dan bunda selalu berdoa semoga Samara menjadi anak yang sabar dan lembut hatinya.
Buat kami, semua perkembangan Samara bulan ini benar2 amazing, Samara makin kritis dan itu membuat kami harus lebih banyak belajar untuk menjawab pertanyaan2 yang sering tak terduga. Semoga ayah dan bunda selalu bisa menjawab pertanyaan Samara yang sesuai dengan penalaran anak seusia Samara. 

Selamat Ulang Bulan Sayang... Semoga makin pintar, sehat dan menjadi anak sholehah. We love u much and much...



20 komentar:

  1. aww aww aww samara udah besar, selamat ulangbulan menuju 4 tahun yah Samara, makin pinter, cantik dan sehat terus jangan sakit2 lagi :)

    BalasHapus
  2. Selamat ulbul Samara cah ayuu.... ;))
    makin kritisss yaaa maaak...gue punn kalo Radit nanya2 suka takjub sendiri dan kadang bingung jawabnya..hahaha

    BalasHapus
  3. Wow.. sebentar lagi kakak Samara ultah.. Ga terasa banget, perasaan br kmrn dpt naskun dr lu hahahaha *kode*

    Ditunggu undangan nya yah Kakakkkk :)

    BalasHapus
  4. Hahahaha..apa2 jadi disamain sama Frozen yaaa? Coba yaa..kalo dalam film frozen banyak adegan makannya, kan bagus tuh bikin anak2 (terutama yang cewek yang suka sama frozen) jadi tambah doyan makan :D

    BalasHapus
  5. makin cerdas ya Samara....
    beneran Yan...pertanyaan tentang allah itu kadang bikin pusing mencari jawaban bijak, mana Inot kan lebih sering nanya ke aku...

    sehat terus Samara.... jadi anak baik, Allah sayang sama Samara

    BalasHapus
  6. selamat tambah bulan cantiikk..
    pinter selalu ya.. biar bunda nya bingung jawabnya hihihihihihihi...

    BalasHapus
  7. huahahahaa repot juga ya kalo filmnya kudu ada makan 3 kali plus mandi 2 kali sehari. bisa seharian filmnya jadinya. hihihihi.

    BalasHapus
  8. tambah besar, tambah kritis. Ortu harus tambah waspada nih dalam menyiapkan jawaban utk anak.

    BalasHapus
  9. Frozen belon sampai jogja. Anak2 udah pengen banget nonton. Nanya mulu. Bulak balik cari info belum juga sampai jogja

    BalasHapus
  10. @ Dian, amin... terima kasih tante Dian :)

    BalasHapus
  11. @ Desi, makasih mak... Yuks kita sama2 belajar menghadapi pertanyaan2 para krucil :)

    BalasHapus
  12. @ Yeye, hahaha... kodenya kena banget deh :)

    BalasHapus
  13. @ Allisa, yoiii bener banget kalo ada adegan itu pasti anak2 yang lagi demam frozen langsung lahap makannya :)

    BalasHapus
  14. @ Lulu, amin...makasih ya :)
    Inot juga kritis yaa, emang bikin pusing jawabnya. Yuk kita sama2 belajar menghadapi pertanyaan anak2 :)

    BalasHapus
  15. @Nike, amin...makasih mak...
    hihihi ya bundanya jadi bingung :)

    BalasHapus
  16. @ Arman, hahaha...namapun anak jadi copy paste banget :)

    BalasHapus
  17. @ mba De, iya betul banget... ortu jadi harus belajar lagi :)

    BalasHapus
  18. @ mba Ika, masa sih belum smp Jogja? padahal itu udah dari bulan desember loh :)

    BalasHapus
  19. Dari sinilah betapa kita harus belajar dab belajar ya, agar anak-anak kita tumbuh dan kembang menyenangkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)