Selasa, 22 April 2014

On 49 months

Dear Samara.
Alhamdulilah bulan ini Samara bertambah usia yaitu menginjak 49 bulan alias 4 tahun 1 bulan. Di usia ini banyak kejutan celoteh yang bikin bunda speechless, hanya bisa geleng geleng kepala. Memang benar celoteh anak seusia ini gak bisa dianggap remeh.
 
Tanpa banyak basa basi yuk direkap aja serba serbi Samara di usia 49 bulan ini. Sengaja bunda gak bilang perkembangan, sekarang lebih menyoroti perilaku, sifat dan perbuatan Samara sehari hari.
  • Kemampuan motorik halusnya makin bagus. Hal ini terbukti dengan makin rapi saat mewarnai. Kalo dulu super acak acakan tapi sekarang sudah makin rapi, meski belum bisa dibilang rapi sekali tapi Alhamdulilah ada peningkatan.
  • Suka bermain sambil belajar di buku aktivitas/work sheet yang ada perintah mencocokan gambar, mengitung dan mewarnai. Jadi sekarang kalo pergi ke toko buku pasti maunya beli buku aktivitas.
  • Ungu lover. Bener apa kata pepatah kalo buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Yuupp bunda ini pecinta sejati warna ungu sejak SMA dan ternyata kesukaan itu menurun pada Samara (hhmm...setidaknya hingga saat ini). Padahal jujur yaa...meski bunda suka warna ungu tapi gak pernah memaksa Samara untuk menyukai warna ungu. Ini terbukti dari koleksi baju dan barang2 miliknya, beberapa waktu lalu Samara suka warna orange dan segala rupa pernak perniknya berwarna orange. Nah... sekarang Samara lagi suka warna ungu, kalo lihat sesuatu yang berwarna ungu pasti teriak : "bunda, i love it" hehehe... emaknya bingit deh.
  • Cat lover. Kalo yang ini emang kesukaannya sejak jaman baheula dan sampai sekarang masih konsisten. Tiap malam selalu main mama mama-an kucing. Bunda jadi mama kucing dan Samara menjadi anak kucing. Kalo udah main begitu bunda disuruh merangkak seperti kucing, menjilat2 kayak kucing sambil teriak miaaww miaaww... Wis pokoke musti nurut sama perintah anak kucing hehehe....
  • Selalu mengingatkan ayah bunda untuk konsentrasi jika diajak bicara oleh Samara. Contohnya pas waktu bunda lagi pegang henpon trus diajak ngomong oleh Samara tapi mata bunda gak lepas dari henpon, ehh.. si bocah langsung protes : "bunda konsentrasi dong lihat ke aku, jangan lihat hp terus". Uppss...*langsung buru buru lempar hp* 
  • Lagi lagi masih tentang hp, Samara selalu melarang ayahnya yang asyik bergadget ria. Pasti kalo lihat ayah pegang hp langsung diprotes : "kenapa sih ayah selalu pegang hp?" Huaa.... Pelajaran banget deh buat ayah bunda.
  • Kalo udah pintar melakukan sesuatu, bunda pasti akan memuji Samara dan apa jawabannya? “kan aku sudah 4 tahun Bun” hihihi… Kalo udah begitu kesempatan bunda untuk melanjutkan kalimat/petuah pada Samara kalo sudah besar harus bla..bla..bla..
  • Kalo dikasih tahu oleh bunda lantas dijawab : "iya Bunda, aku tahu..aku tahu.."  sambil gayanya kaya anak gede :)
  • Suka sama lagu Jawa. Setelah lagu Cublak Cublak Suweng sekarang suka banget dengan lagu Padang Wulan. Ayooo nak kita nembang jowo.
  • Selain lagu Jawa, lagu Ibu Kita Kartini juga senang banget dinyanyikan akhir akhir ini.  
  • Sama seperti bulan lalu, emosi masih belum stabil, gampang marah. Kayanya PR banget nih kami untuk mengarahkan pada Samara agar lebih bersabar. Apakah teman ada yang punya kiat2 untuk mengajarkan anak lebih bisa mengontrol emosi? Share dong..

Selamat ulang bulan ya anakku. Semoga makin pintar, sehat, menjadi anak sholehah yang lembut hatinya. Amin…
Love u much and much..


5 komentar:

  1. hehehe anak sekarnag udah pinter, lihat emaknya sibuk sama hp suka protes ya

    BalasHapus
  2. hahaha sama kayak si ponakanku. klo dia ajak ngomong trs aku sibuk sendiri dengan HP, dia tunjuk HPku dan bilang: "Cuchop.... cuchop...." (baca: tutup, maksudnya tutup flipcover nya HP, hihihi).

    makin besar, makin sabar dan nurut sama ayah dan bunda ya samara, aamiin......

    BalasHapus
  3. semoga samara selalu jadi anak sholehah ya bun, jadi cahaya terang buat bunda dan ayahnya di surga. Amiinnn

    BalasHapus
  4. *tangkap hapenya yang dilempar* :))

    semakin kritis dan pinter yah samara...

    BalasHapus
  5. 'met ulbul, Samara. Nanti bisa saling koleksi benda warna ungu sama bundanya, dong :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)