Rabu, 02 April 2014

Family Gathering Little Earth

Yess… long weekend is end. Ngapain aja long wiken kemarin? Kami sekeluarga memutuskan untuk tidak mudik karena 2 minggu yang lalu Eyang dan Opung baru dari Jakarta, maka long wiken kemarin stay at home aja dan kebetulan ada acara di sekolah Samara. Yuk mari kita bercerita long wiken day 1 :)

 

Dimulai pada hari Sabtu 29 Maret 2014 kami sekeluarga plus si mbak menghadiri acara Family Gathering Sekolah Kebun Little Earth yang berlokasi di pemancingan Kabeda Depok. Jarak ke pemacingan gak jauh dari rumah, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja menuju ke sana. Jam 08.30 sudah sampai di lokasi dan disambut oleh para teacher yang penuh semangat. Setelah registrasi kami mencicipi snack yang sudah disediakan sambil ngobrol dengan orang tua murid lainnya.

 

Oiya, buat saya dan si Ayah setiap ada acara sekolah Samara selalu mengusahakan untuk hadir bersama karena kami ingin menjalin hubungan lebih dekat dengan pihak sekolah dan pastinya hal ini akan mempengaruhi psikis Samara. Menurut saya jika kami hadir dan bergabung di sekolah maka anak akan merasa diperhatikan, merasa senang karena orangtuanya “masuk” ke dalam dunianya, berinteraksi, bermain dan mengenal teman temannya serta orangtua dari sang teman. Itu aja sih alasan sederhana saya.

 
Sekitar pukul 9 semua murid, orang tua dan guru berkumpul di tanah lapang untuk opening acaranya. Seperti biasa Uncle Putra selalu menjadi MC yang sukses membuat acara menjadi seru.

Setelah acara dibuka oleh sambutan maka saatnya ice breaking dengan games yang bikin keringetan layaknya olah raga pagi dan orangtua seperti "dikerjain".
Lihat saja kami yang disuruh bergaya ala patung pancoran :)
Ice breaking
Kemudain kami disuruh berjalan mengelilingi lapangan sambil sesekali berhenti menuruti instruksi dari MC. Ahhhh...seru juga ice breakingnya, bikin ketawa ketiwi :)

Setelah cukup berkeringat, istirahat sebentar dan anak anak berkumpul sesuai dengan kelasnya. Mau ngapain lagi? Yuppp... sambil ngaso, setiap kelas dimulai dari kelas PG diadakan foto bersama yaitu anak, guru dan orangtua. Hmmm...layaknya foto keluarga, pastinya heboh pas lagi foto. Sayang banget saya gak mengabadikan foto itu. Nanti deh tunggu postingan di fan page sekolah saja :)
say kejuuuu....
Acara selanjutnya adalah permainan, kali ini permainannya juga per kelas. Untuk anak PG ada 2 permainan yaitu box building dan menangkap ikan. Tapi sebelumnya masing masing keluarga harus membuat yel yel untuk dipertontonkan ke semua. Huaaa...saya yang kurang kreatif dalam membuat yel yel akhirnya menciptakan tepuk LOVE seperti yang ada di tayangan Hi-5.

Untungnya Samara dan ayah kompak mau bergaya LOVE, meski yel yelnya kalah seru dengan keluarga yang lain :) Setelah yel yel, bersiaplah untuk games box building. Caranya adalah anak disuruh mengambil box yang sudah disediakan kemudian diberikan kepada ibu dan estafet ke ayah. Nah... setelah terkumpul banyak box di ayah maka tugas ayah menyusun box setinggi mungkin. 
Kompak dan serunya orangtua serta anak
Seruuu... deh melihat anak anak berlomba mengambil box yang paling besar. Samara sudah saya wanti wanti untuk mengambil box yang besar tapi namapun bocah, pas boxnya udah mau habis, ehh malah ambil box bekas teh tarik yang cimut itu, hahaha...

Setelah itu disusunlah box seperti ini. Wah.. tinggal kreatif nya si ayah aja nih menyusun box setinggi mungkin. Lihat saja ada yang berusaha menggendong anaknya sambil si anak memegang box. Hihihi...ada ada aja yaa..
Ayyooo... disusun yang tinggi
Masuk ke games berikutnya adalah menangkap ikan kecil. Jadi ikan yang sudah disedikan di ember besar diambil oleh anak dan diberikan estafet ke ibu dan ayah. Mekanismenya sama seperti box building tadi tapi sekarang lebih sulit karena si anak harus menangkap ikan.
Ikannya diobok obok :)
Saat game tangkap ikan, Samara sama sekali gak menangkap ikan dan pas ditanya kenapa gak nangkap ikan, eh Samara menjawab : "iya soalnya ikannya kabur kabur terus Bun". hahahaha.... 

Oke lah nak.. gak masalah yang penting kamu sudah berusaha untuk menangkap ikan. Emang iya sih namanya juga nangkap ikan kecil pastinya susah dong :) 
Mari kita hargai usaha dan proses belajar anak.

Tak terasa jam sudah menunjukan pukul 11 dan matahari siang itu sedang bersinar terang, saatnya mengakhiri permainan. Sebagai acara pamungkas semua anak boleh bermain air dan nyebur ke kolam plastik yang telah disediakan. 

Horeee inilah yang paling ditunggu, dimana anak anak senang bermain air, semprot sana semprot sini. Bukan cuma anak anak yang bermain air, para teacher dan orangtua juga gak ketinggalan...
Serunya bermain air...
Setelah basah kuyup, anak anak mandi lanjut makan siang bersama.
Mari makan...
Kami makan bersama sambil ngobrol dengan orangtua murid lainnya. Moment seperti inilah yang baik untuk saling bertukar cerita dan pengalaman di dunia parenting. Makanya kalo ada acara begini saya gak mau melewatkan begitu saja karena banyak pelajaran yang didapat.

Menurut saya selain itu juga dengan adanya acara family gathering seperti ini bisa mengasah kreatifitas orangtua (contoh sederhana bikin yel yel) kemudian mengembangkan kekompakan antara orangtua dan anak. Meski sederhana tapi itu penting banget loh dan dampaknya sangat bagus untuk perkembangan anak.

Diakhir acara setiap anak mendapat gudibek berupa alat tulis dan Samara terlihat senang sekali dengan gudibeknya. Lagi lagi itu hal sederhana tapi ternyata bisa bikin anak bahagia...:)
Horeee aku punya alat tulis baru...
Sampai jumpa di acara sekolah Samara lagi.....
Insya Allah akan selalu bunda update kegiatanmu di sekolah, nak.... :)

24 komentar:

  1. seru ya acara family gathering nya :D

    BalasHapus
  2. Asik ya bisa seru2an kayak begini ..

    BalasHapus
  3. seruu bangeet acaranya.. tapi emang ya acara begini bisa menambah kreatifitas ortu trus juga bisa bikin bonding antara anak sama ortu nya dan ortu juga saling kenal dengan ortu lainnya sesama murid di sekolah itu..

    BalasHapus
  4. iissh keren banget deh mak acaranya gatheringnya...dan games2nya pun seru2..kreatif bgt yaa sekolah LE ini... ;)))

    BalasHapus
  5. semuanya kompak mulai lomba tangkap ikan sempai ambil makanan hehehe. sukses ya family gatheringnya seneng pasti semua

    BalasHapus
  6. anak-anak selalu senang yaa dapat hadiah apapun hadiahnya....

    BalasHapus
  7. kompak nya keluarga bisa ditunjukan didalam lomba hehehe





    Silahkan singgah di WEB kita mbak/mas :-)
    buat anak-anak mbak/mas yang mau belajar
    www.ditokokita.com

    BalasHapus
  8. Iya, setuju, kalo memang ada kegiatan di sekolah yang rame2 dan memang melibatkan orang tua, harusnya ya orang tua ikutan...kasian anaknya kalo ortunya gak ikut

    BalasHapus
  9. @ Arman, ho oh...seru bisa jadi penguat bonding keluarga :)

    BalasHapus
  10. @ Teh Dey, iyaa Teh... seruu bisa masuk ke dunia anak :)

    BalasHapus
  11. @ Nike, betuuul banget mak... memperkuat bonding keluarga.
    Dapat share ilmu juga dari parents lain :)

    BalasHapus
  12. @ Desi, iya mak... para teachernya memang kreatif dan penuh semangat.
    Ayooo kirim Radhit sekolah di marih :)

    BalasHapus
  13. @ mba Lidya, Alhamdulilah semua senang...
    makasih yaa :)

    BalasHapus
  14. @ Yeye, iyess mak... next year mungkin kita bisa famgath di LE bareng yaa :)

    BalasHapus
  15. @ Rina, bener banget mak.... meski hadiah sederhana tapi bikin hati anak senang :)

    BalasHapus
  16. @ Ditoko kita, terima kasih atas kunjungannya...

    BalasHapus
  17. @ Allisa, wah toss dulu ah... pemikiran kita sama Jeng...
    makanya suka heran kalo orangtua malas datang ke acara sekolah anak, kasian anaknya deh... :(

    BalasHapus
  18. Aaaahhh.. serunyaaaaa..
    Btw, emangnya ada yang ortunya gk ikut, Mak? Kan masih TK? Gue juga kalo ada acara outing Nadya, gue paksa bapake ikut. Padahal kenyataannya sih temen-temen Nadya cuma dateng sama emaknya doang, wkwkwk.. bapake jadi om-om sendirian di bus, selaen supir :p
    Samara hepi dong ya, seseruan bareng temen-temen plus ortu ^_^

    BalasHapus
  19. Jadi inget jaman si bungsu kayak beginian Bund...mboknya ikutan heboh hihihii

    BalasHapus
  20. asyiknya family gatheringnya..jarang2 loh ada sekolah yang menyelenggarakan kegiatan semacam ini....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  21. seru banget yaa... ini di sebelah mana ya? sebagai orang Depok aku malah ngga tahu hehehheheee

    BalasHapus
  22. acara famgathnya seru banget, Mak :)

    BalasHapus
  23. seru banget Mak... keren deh dikau dan si ayah. komitmennya tinggi untuk anak.:)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)