Kamis, 23 Oktober 2014

Barbie's Day Out : Pentingnya Anak Bermain Imajinatif

Bermain adalah kegiatan yang sangat dekat dengan anak. Bermain dapat dikatakan sebagai waktunya anak untuk belajar, mengembangkan diri dan melatih banyak hal. Permainan imajinatif merupakan salah satu jenis permainan yang dapat menstimulasi perkembangan metakognisi yaitu kemampuan untuk mengendalikan ranah kognitif yang berkaitan dengan ingatan, pemahaman, terapan, analisa, evalusi dan kreativitas (Krathwohl, 2002)

Mengingat penting bermain imajinasi, Barbie mengadakan acara Barbie's Day Out di Mall Kelapa Gading. Tujuan diadakan acara ini adalah mengingatkan orang tua akan pentingnya bermain imajinasi bagi anak.
#BarbiesDayOutID
Siapa yang tak kenal Barbie? Hampir semua orang kenal dengan boneka cantik favorite anak perempuan di seluruh dunia yang mempunyai postur tubuh sempurna. Apa hubungannya Barbie dengan perkembangan anak? Mari kita simak.

Sebelum acara dimulai, anak anak diperkenankan bermain Barbie sepuasnya. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan untuk Samara.
Senangnya bermain Barbie
 

Barbie's Day Out menghadirkan 3 narasumber yaitu Jia-Li Fong Manajer Pemasaran Mattel, Ajeng Raviando, Psi dan Fifi Alvianto Pimred majalah Laiqa. Acara tersebut dipandu oleh Ivy Batuta.
Jia-Li Fong bercerita sejarah Barbie yang telah lama menjadi mainan favorit anak anak perempuan dengan koleksi yang beragam. Barbie menyediakan lebih dari 150 jenis profesi/karier yang memungkinkan anak dapat bermain dan berimajinasi. 

Barbie meluncurkan kampanye "The Barbie Project" yaitu project yang menekankan pentingnya membebaskan anak dalam mengekspolarasi imajinasinya untuk mengembangkan kreativitas. Pesan yang disampaikan dalam video tersebut adalah tugas orang tua untuk mendampingi anak bermain bukan memberi instruksi yang bisa membatasi kreativitas anak. Videonya dapat dilihat di The Barbie Project
Psikolog anak Ajeng Raviando menyebutkan Barbie bisa menjadi sarana bermain dan berimajinasi karena Barbie salah satu media untuk mengembangkan kreativitas, misalnya melalui roleplay (bermain peran) dan storytelling (bercerita). 

Kedua permainan tersebut dapat mengembangkan pemahaman serta menumbuhkan potensi kemampuan berpikir secara imajinatif. Selain melalui roleplay dan storytelling, bermanfaat juga untuk mengasah kemampuan berpikir dengan kata dan bahasa dalam mengekspresikan makna. Wah ternyata luar biasa sekali ya.. manfaatnya

Fifi Alvianto bercerita pengalaman mendampingi anaknya bermain barbie. Banyak anak terpesona oleh kecantikan barbie, nah...peran orang tua disini mengingatkan bahwa barbie tetap saja sebuah boneka yang hanya ada dalam imajinasi anak. Untuk menghindari kebosanan anak bermain, mba Fifi punya trik yaitu mengganti kostum barbie, jadi anak bisa berimajinasi sesuai dengan karakter barbie.

Selanjutnya anak anak berkumpul untuk mendengarkan dongeng dari Rumah Dongeng Pelangi. Anak anak antusias mendengarkan dongeng sambil bernyayi dan menari.
Story telling yang seru
Senang rasanya bisa mendapat pengetahuan pentingnya anak bermain imajinatif. Dari situ kami mengunjungi booth Barbie di Atrium MKG 3. 
Booth Barbie yang bikin anak hepi
Samara pun sukaaa banget dengan mobil barbie ini
Di booth tersebut anak dapat bermain sepuasnya di Barbie dream house, ada juga photo box, colouring, nail art, face painting dan sweet corner. Saat ini acara #BarbiesDayOutID sedang berlangsung di Bintaro Xchange Mall mulai tanggal 20-26 Oktober. Jadwal road show bisa dicek di Facebook Fan Page Barbie Indonesia.
Goodie bag cantik
Sekarang Samara suka bermain barbie. Seru sekali saya bisa terlibat dalam roleplay yang Samara mainkan. 
Let's play with barbie
Buat mommies yang punya pengalaman dan manfaat anak bermain bersama Barbie bisa bergabung dalam Kompetisi Blog Barbie dan menangkan hadiahnya.

21 komentar:

  1. Wuiiiiii ...
    anak perempuan pasti nggak mau pulang ...
    maunya maen disana teruuuusss ...

    BTW ...Yeye ndak ikutan ?

    Salam saya Bunda Samara
    (23/10 : 19)

    BalasHapus
  2. Wuiih, ikutan juga ternyata Mak. Sayah udah beli boneka buat A kerana postingan-postingan inihhh.. Hihihihi

    BalasHapus
  3. Wuiih, ikutan juga ternyata Mak. Sayah udah beli boneka buat A kerana postingan-postingan inihhh.. Hihihihi

    BalasHapus
  4. Kalau ngajak anak perempuan ke acara ini pasti susaaah diajakin pulang.

    BalasHapus
  5. @Om NH : aku ga ikutan acara kmrn Om hehehe

    @Yani : sukses ngontesnya makkk :D

    BalasHapus
  6. @ Om NH, iya...anak anak perempuan betah banget mainan di sana.
    Yeye gak ikut Om :)
    Salam...

    BalasHapus
  7. @ Dani, wah A punya babrbie juga yaaa... yuk main bareng Samara :)
    Oiya cowok juga boleh loh main barbie karena ada tokoh lelakinya juga.

    BalasHapus
  8. @mba Ika, bener banget mbak....bikin betah anak perempuan :)

    BalasHapus
  9. pasti pada seneng ya anak2 cewek main barbie :)

    BalasHapus
  10. @ Arman, iya...pasti juga susah diajak pulang :)

    BalasHapus
  11. wuiihh sekarang Barbie bajunya lucu2 loh.. gue aja seneng liatnya apalagi anak2 kan.. ;))

    BalasHapus
  12. Waaah serunya, tapi kalau anak saya dikasi barbie, diperentelin ampe tak berbentuk mak :D, mungkin kalau sekarang dikasi lagi udah sayang kali ya, dulu sih masih sekitaran 2 - 3 tahun

    BalasHapus
  13. Aku dan anak-anakku suka banget rumah Barbie. Lucu-lucu! ^^

    BalasHapus
  14. ini sih aku yang suka ya kalau kesana hehehe

    BalasHapus
  15. nahhh aku sama nih ky mbak lidya, akunya yg kesenengan klo dtg k barbie. haha.. mengenang masa kecil..

    BalasHapus
  16. Samara malas pulang pasti, ya. Apalagi udah deket mobil imut itu. Hehehe

    BalasHapus
  17. @ Desi, hehehe...tunggu Kinar gedean dikit nanti pasti kesengsem barbie :)

    BalasHapus
  18. @mak Tian, iya..kayanya barbie akan lebih oke kalo dimainkan sama anak usia 4 th ke atas karena anak seumur itu sdh bisa bertanggung jawab thd mainannya :)

    terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  19. @ mak Haya, wah sering roleplay bareng anak doong :)
    seru yaaa...

    BalasHapus
  20. @mak Lidya, hihihi..bakal betah yaa kalo kesana :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)