Rabu, 03 Juni 2015

Festival Cipedak 9

Bulan Juni bisa dikatakan sebagai bulannya kota Jakarta. Kenapa? Karena setiap tanggal 22 Juni kota Jakarta bertambah usia. Dan untuk merayakan hari kelahirannya, seperti biasa kota Jakarta dihias sedemikian rupa hingga cantik, gedung gedung bertingkat pun mulai memasang aneka hiasan berwarna warni. Ondel ondel yang jadi icon kota Jakarta tersebar di seluruh sudut kota membuat suasana jadi meriah. 

Selain mempercantik diri, untuk menyambut ulang tahun kota Jakata banyak sekali acara yang digelar. Dari mulai Pekan Raya Jakarta yang legandaris, Jakarnaval hingga Jakarta Great Sale. Masih ingat doong Jakarta Great Sale? Acara yang selalu bikin kantong bolong karena beberapa mall dan department store menggelar diskon besar. Selain Jakarta Great Sale, banyak acara festival yang digelar seperti Festival Passer Baroe dan Festival Palang Pintu X yang diadakan di Kemang Jaksel.

Adalah Festival Cipedak 9 yang diadakan oleh Rukun Warga (RW) 9 Cipedak Kelurahan Srengseng Sawah dimana di dalamnya ada kurang lebih 11 Rukun Tetangga (RT). Dalam festival Cipedak 9 ini tiap RT wajib membuka stand dan memamerkan hasil karya warganya. Apa saja yang ada di Festival Cipedak 9? Mari diintip yuk... 
Ondel ondel 
Stand masing masing RT
Ini RT ku... Mana RT mu? *liriktetanggamasagitu*
Setiap stand dijaga oleh sepasang abang none yang siap menyambut para pengunjung. Senang deh melihat abang none yang ganteng dan cantik itu. Si kecil sampai ikutan foto bareng none Jakarta biar ketularan cantiknya, hehehe..
Di dalam stand mereka memamerkan makanan khas Betawi mulai dari jajanan seperti dodol Betawi, kembang goyang, kembang ros, tape uli, sagon, rengginang, semprong, wajik dan kue irian. Untuk yang terakhir itu, saya baru kali ini tahu ada kue namanya kue Irian. Kaya begini bentuknya (lihat gambar kanan atas, ada kue yang warnanya pink dan putih)
Selain jajanan, ada juga lauk pauk khas Betawi macam gabus pucung, sayur asem, pecak lele, pepes lendung belut dan asinan Jakarta. Gak lupa minuman seperti bir pletok juga ada di sana. 

Kerajinan seperti ondel ondel banyak dijual. 
Bahkan ondel ondel yang besar juga ada. Oiya... Surprise banget deh kemarin... Ternyata si kecil yang dulu takut ondel ondel sekarang sudah tidak lagi. Malah mau foto didepannya.
Gak lengkap ya..rasanya kalau pestanya orang Betawi tanpa kerak telor. Nah...beberapa penjual kerak telor juga ikut ambil bagian. Kami pun gak lupa membelinya.
Bang...kerak telornya pesan satu yaa...
Cukup seru yaa acara festival Cipedak 9. Pengunjungnya juga banyak, tidak hanya dari warga setempat namun warga RW lain juga berdatangan. Mereka larut dalam balutan suasana Betawi yang kental sekali. Lagu lagu Betawi diputar dan seolah menemani pengunjung untuk menikmati festival Cipedak 9.

Sebagai seorang pendatang di Jakarta, saya pribadi sangat senang dan menikmati festival Cipedak 9 ini karena selain menjadi hiburan juga merupakan ajang melestarikan budaya. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mewariskan budaya Betawi? Hhmmm...jadi ingat para tokoh Betawi legendaries yaitu Benyamin Sueb ya...

" eh ujan gerimis aje, ikan teri diasinin...eh jangan cemberut aje, bulan depan nanti dikawinin" 

Yuk kita lestarikan budaya Indonesia, apapun dan dari manapun asalnya harus kita jaga..

16 komentar:

  1. seru banget festivalnya.. berasa banget betawinya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kental banget nuansa Betawi nya.. :)

      Hapus
  2. ihh keren banget ada festival kayak gitu yak...
    dan yak kerak telor mesti dah dibeli... secara jarang banget yang jualan kalo hari2 biasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib dibeli memang kerak telornya... :)

      Hapus
  3. Mengenalkan budaya sejak dini ya, Yan. Samara tambah cantik ajah ^^

    BalasHapus
  4. Hahahaha... Makasih mak Della :)

    BalasHapus
  5. Festivalnya menarik ya
    standnya juga bagus :)

    BalasHapus
  6. Ini baru di Cipedak ya, Mbak. Belum desa lainnya. Aaah...kebayang ramainya!

    Btw, Kembang Goyang itu khas Betawi tah. Baru tahu. :D

    BalasHapus
  7. semoga khas betawi selalu dilestarikan ya

    BalasHapus
  8. wah pasti seru nih acaranya

    BalasHapus
  9. SERU banget ya festivalnya,,, asik kalo jadi peserta

    BalasHapus
  10. ulang tahun ibu kota negara RI mari kta rayakan dengan meriah

    BalasHapus
  11. jadi imgin melihat meriahnya pesta ulang tahun jakarta

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)