Kamis, 20 Desember 2012

Ronda

Lokasi : Kamarku di Rumah Eyang Tegal
Jam      : 01:30 Wib


Setelah sekian lama tak mendegar suaranya, akhirnya malam ini saya dengar kembali suara kentongan bambu yang biasa orang gunakan untuk ronda.

Ternyata di desaku masih menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) dengan ronda tiap malam

Yang membuat saya salut adalah para bapak muda yang mau ngeronda, padahal biasanya yang ronda umumnya para bapak berusia sekitar 50an. Tapi desaku bapak2 usia 30an juga mau bergabung untuk ronda. Padahal kebanyakan di usia itu mereka lebih memilih kongkow bersama teman atau berkutat dengan handphone dan laptop atau menarik selimut.

Hmmm... bagaimana di daerahmu teman? Apakah masih ada ronda? ;)




#edisi mudik dan liburan#

19 komentar:

  1. @Arman, iya ya...mana ada ronda di LA? ;)

    @Mba Hilsya, hehe...di Bkk juga gak ada ya ;)

    BalasHapus
  2. wiihh udah ambil liburan yaa jeng ? :D

    BalasHapus
  3. di desa ibuku, dulu ada giliran tuh ronda, jadi rata tiap rumah kena. Tapi gak bawa kentongan
    kalau di rumahku ya ada bapak2 nongkrong main catur :)

    BalasHapus
  4. iya Des, nanti akhir tahun malah jaga kandang ;)

    BalasHapus
  5. @ Lulu, rondanya gak kelililing ya? Klo tadi malam mereka keliling di lingkungan RT ku ;)

    BalasHapus
  6. Di komplekku yang ngeronda para satpamnya aja. Biasanya lewat sambil ngetok tiang listrik gitu, hehe...

    BalasHapus
  7. @ Allisa, gak pake kentongan ya? kayanya skrg udh jarang yg ronda pke kentongan ya..;)

    BalasHapus
  8. Dirumah gw jg ga ada deh kayanya

    BalasHapus
  9. di sini nggak ada ronda mbak

    BalasHapus
  10. dulu disini ada tuh ronda kaya gtu .. tapi sekarang .................. ya begitu deh

    BalasHapus
  11. gak ada...udah tergantikan satpam yg tiap jam keliling

    BalasHapus
  12. @ Yeye, di rmh gw jagakarsa jg gak ada ;)

    @ Mba Elly, di luar negri gak ada siskamling ya ;)

    BalasHapus
  13. @ Dea, skrg udah tenggelam ya siskamling nya ;)

    @ Novi, oh gitu ya Mba....wah aman dong kompleks nya ;)

    BalasHapus
  14. nggak ada siskamling di sini mba, kalau di kampungku sono memang msh ada

    BalasHapus
  15. Loe mudik, Yan ?
    Di rumah gw masih ada ronda kok. Tiap jam 11 sama jam 1, hansipnya suka ngetok tiang listrik pake tongkat.

    BalasHapus
  16. cuma satpam aja yg ronda di tmp saya :D

    BalasHapus
  17. ditempatku gak ada kalau pun ada di momen tertentu saja , mengandalkan satpam

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)