Minggu, 21 Juli 2013

Berbagi Ilmu Bersama KEB di Hijab Speak Fest


Hari Sabtu minggu lalu kebetulan saya mengikuti acara talkshow KEB di HijabSpeakFest yang digelar di fX Sudirman. Sabtu pagi itu ditemani rintik hujan saya berangkat dari rumah menuju ke kantor. Loh...kok ke kantor? Katanya mau ke fX?

Jadi yaa... ceritanya saya harus lembur dulu dan gak tanggung tanggung lemburnya, jam 06.30 harus sudah berada di kantor. Huaaa...kebayang dong dari rumah jam berapa? Yupp...selesai sahur dan sholat subuh saya bersiap siap untuk ke kantor.

Bayangin aja, hari libur, pagi pagi hujan dan abis sahur pulak...itu kan saat paling enak untuk tarik selimut lagi tapi demi pekerjaan saya rela menembus dinginnya Jakarta.

Back to topic...*upss ini kenapa prolognya panjang bener ya?* :) Alhamdulilah kelar lembur jam 10 dan saya langsung meluncur ke fX yang mana lokasi itu cuma selemparan batu aja dari kantor saya. 

Sampai di fX ternyata sudah rame berdatangan emak2 KEB, sempet ngobrol dulu dengan mak Mak Myra dan Bunda Yati sebelum acara dimulai. Tepat pukul 10.30 acara dimulai, agak mundur 30 menit sih sebenarnya. 

Talkshow dibuka oleh MC Mak Aulia Gurdi dan pembicara kali ini adalah makpon Mira Sahid dan mak Shinta Ries. Dalam talk show ini Mak Mira membahas tentang latar belakang berdirinya KEB dan kiprah apa saja yang sudah dilakukan KEB dalam dunia perbloggeran.
MC dan narasumber
Meski di acara tersebut gak diminta untuk livetweet tapi emang dasar yaa saya itu suka banget dengan livetweet, jadi tanpa dikomando saya bikin beberapa tweet selama acara berlangsung. 

Masuk ke pembicara kedua yaitu Mak Shinta yang menyodorkan tema Blogging with Modesty, Manner and Moral. Saya bahas satu persatu yaa...
  • Blogging With Modesty yaitu dalam menulis blog hendaknya menggunakan kata kata yang sopan, ejaan yang disempurnakan, selalu menuliskan hal positif sehingga terbangun sebuah reputasi yang baik. Dalam ngeblog juga harus bercerita dengan jujur. Dan yang gak kalah penting gunakan template yang simple dan minimalis sehingga tidak membingungkan pembaca.
  • Blogging With Manner yaitu konten dalam ngeblog harus unik dan original. Tema tulisan boleh sama tapi cara penyampaian dan cara penulisan masing masing orang tentu berbeda. Nah saatnya tunjukkan keunikan dari diri kita. Selain itu juga tidak copy paste tulisan orang, selalu memberikan credit apabila harus mengutip. Meminta ijin terlebih dahulu apabila menggunakan property orang lain, menggunakan bahasa yang sopan dalam berdiskusi, sempatkan membalas komentar yang masuk dan tidak menggunakan huruf besar semua saat menulis komentar.
  • Blogging With Moral. Dalam ngeblog juga harus memperhatikan moral karena moral itu sendiri berkaitan dengan Personal Branding. Pastinya kita ingin menciptakan image baik dalam dunia maya tapi buka berarti jaim. Kejujuran tetap harus diutamakan. selain itu juga personal branding juga tertuang dalam nama blog kita, jadi usahakan dalam ngeblog bisa menebarkan aura positif.
  • Blogging Bonus : Money. Banyak blogger yang menjadikan blognya sebagai sarana promosi bisnis selain itu juga publisher adSense dan idBlogNetwork. Tak sedikit blogger menjadi penulis yang dibayar atau paid review. Lomba menulis dan kontes giveaway juga mendatangkan hadiah yang tak sedikit. Asyik yaa dengan ngeblog bisa mendatangkan rupiah :)
Oke banget ya topik yang dibahas pada acara talkshow itu. Saya benar benar banyak belajar dari sana.

Menjelang talkshow berakhir, makpon menarik Mak Haya Aliya Zaki untuk naik panggung guna berbagi pengalaman selama ngeblog. Jadi yaa..mak Haya ini selain blogger dia juga seorang trainer, penulis dan editor lepas. Banyak yang di-share mak Haya disini termasuk kemenangan yang diperoleh dari ngeblog dan live tweet. Bocorannya, mak Haya sudah beberapa kali menang live tweet dan hadiahnya juga oke banget termasuk gadget yang terkini.
Mak Haya dan makpon
Di penghujung acara ada sesi pertanyaan yang dibuka dan 5 orang penanya akan mendapatkan hadiah. Selain itu ada hadiah khusus dari Ladaka Handicraft yang owner nya adalah Mak Lusi salah satu makmin KEB. Sebenarnya saya ngarep juga sih dapat souvenirnya tapi yang beruntung mendapatkannya adalah salah satu blogger Hijab. 

Oiya selain KEB, di sini juga ada komunitas Indonesian Hijab Blogger yang di berada di bawah naungan Hijab Speak. 

Acara pun usai dan rasanya gak afdol kalo ngumpul begini tanpa bernarsis ria. Yuk mari kita intip foto yang saya ambil dari facebook KEB :)
Foto dicomot dari KEB
Oiya nyaris kelupaan, dalam talkshow ini ada satu hal yang membuat saya berfikir hingga sekarang yaitu tentang perlunya Personal Branding yang tertuang dalam domain pribadi. Saya jadi mikir untuk memiliki domain pribadi, tapi kira kira nama apa ya yang pantas : keluargaqudsy.com atau dwiyaniarta.com?

Ada yang bisa bantu saya menentukan nama domain saya kelak? :)

Anyway, terima kasih banget KEB yang sudah berbagi ilmu dan Insya Allah kalo ada event lagi saya akan bergabung :)

28 komentar:

  1. Menurtku bagus keluargaqudsy.com mak..membaca namanya saja gampag ingat ... *vote :)

    BalasHapus
  2. Mak Giarti, wah terima kasih yaa...atas masukannya :)

    BalasHapus
  3. Pengen juga punya blog dg nama sendiri dan domain .com, hmmm... tapi sama Mak, bingung namanya.
    Kalo saya liat misalnya Mak mau pake domain sendiri, saya sama sm Mak giarti.. :)

    BalasHapus
  4. ho oh. keluargqudsy.com aja supaya gampang ngingetnya dari keluargaqudsy.blogspot.com :)

    domain kayak aku gini murah lo mak. setaun cuma 90ribuan.

    BalasHapus
  5. Seneng ya bisa menghadiri acara2 seperti ini, bisa sekalian bersilaturahmi. Keknya keluargaqudsy.com bagus tuh, mak..kan udah familier.

    BalasHapus
  6. Acaranya sangat rame sekali.

    BalasHapus
  7. keluargaqudsy.com maaak...cucoook namanya ;))

    BalasHapus
  8. dwiyaniarta.com Mak. Its your personal brand. Not your family or children. Just in case something happen (amit-amit) you still have your own brand.

    Adudududuh.. kenapa takbisa komen dari gadget sih Maaak?? *teteup

    BalasHapus
  9. hihihi jdi pengen ngumpul bareng emak-emak KEB..
    Selalu rame gitu ya klo kumpul :D

    BalasHapus
  10. Mak, ini kita udah kopdar yang ke berapa, ya? hihi

    kalo lihat dr isi blognya dan rasa sreg (halah apa sih hehe), sy suka keluargaqudsy.com

    kyk sy wkt milih kekenaima.com daripada nama sendiri krn isi blognya kan semuanya ttg keke-nai :)

    BalasHapus
  11. Dua2nya bagus mak hahahaha *ga bs nentuin*

    Tp klo lu maksa suruh vote juga, yaudh gw pilih dwiyaniartha.com hahahaha

    BalasHapus
  12. keluargaqudsy.com aja Yan.. biar transisi.. *halah* dari blog lama gampang.. iya ga sih? ahahaha..

    BalasHapus
  13. bener2 seru. sy bisa merasakannya. emang kalo udah emak2 ngumpul gini, pasti bakal seru. apalagi bicarain yg lagi tren. cuman satu aja, berhijab gak boleh dg pernah pernik dan gaya berlebihan aja, mesti tetep syar'i, sampe ke bawah dada dan tidak memperlihatkan bentuk lekuk tubuh.

    BalasHapus
  14. @ Riski, ayooo bikin domain sendiri yuk :)
    Makasih yaa masukannya

    BalasHapus
  15. @ Tyke, wah murah yaa.. kirain sampe di atas 100rb. oke deh semoga bisa terwujud domain pribadiku ASAP.

    Makasih ya jeung Tyke :)

    BalasHapus
  16. @ mba Santi, iyaaa..seru kalo ikutan acaranya KEB.
    Terima kasih ya mba atas masukannya :)

    BalasHapus
  17. @ Si Bayi, yupp seru..para emak ngumpul :)

    @ Desi, sippp...makasih ya mak masukannya :)

    BalasHapus
  18. @ dani, woooww...oke juga reasonnya, makasih ya Dan :)

    Huaaa...teteup gak bisa ya? aduh gw jadi penapsaran kenapa ya? padahal gak diapa apain loh. Nanti gw coba oprek lagi deh :)

    BalasHapus
  19. @ sari, yoiii...kalo acaranya KEB pasti seru.
    Ayooo kapan gabung di acara KEB? :)

    BalasHapus
  20. @ mak Myra, hahaha...iya kita udah berkali kali kopdar ya? jangan bosen ya mak :)

    galau juga ya waktu nentuin nama domainnya Ke2Nai? hihihi... aku pun sekarang sedang galau.

    But anyway, makasih ya atas masukannya :)

    BalasHapus
  21. @ mak Yeye, hehehe...makasih mak atas votingnya.. :)

    BalasHapus
  22. @ bebe, hahaha... makasih, doain ya semoga cepet transisinya :)

    BalasHapus
  23. @ Rusdi, iyess...insya Allah :)

    BalasHapus
  24. @ mba Lidya, kenapa gak jadi datang mba?
    semoga next event kita bisa ketemu di acaranya KEB yaa :)

    BalasHapus
  25. Dua2nya bagus kok Yan, tapi yg lebih gampang diinget ya keluargaqudsy.com :D

    BalasHapus
  26. Isi talkshownya menarik. Menurutku sih yang penting setiap tulisan yang dipublish di blog tujuannya baik, tidak mengandung SARA atau hal2 yg jelas menyebabkan keburukan, dan tentunya sopan (at least ga pake bahasa-bahasa yang ga seharusnya dipake). Aku sih udah ada kepikiran kepingin punya domain pribadi, tapi belum tau bisa atau ga. Kalo soal bahasa dan tutur katanya mah yang penting ga menyinggung hal2 diatas dan masih bisa diterima siapa aja.

    BalasHapus
  27. Wah seru sekali tuh, indahnya berbagi di bulan suci penuh berkah ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)