Selasa, 22 November 2011

Menggali Yang Terpendam

Sejenak flash back ke masa lalu, duluuuuuu....sewaktu bunda duduk di bangku kelas 6 SD bunda sering banget lihat sepupu bunda yang jago bikin kue dan kue andalannya adalah Australian Cake. Masih inget bunda kecil begaya sok tau dan sok pengin ngerecokin bantuin sepupu bikin kue. Pokoknya bunda selalu menawarkan bantuan kalo dia mau bikin kue dan biasanya bunda bantuin pegang mixer *sambil main main tentunya hehehe* atau olesin loyang pake margarine. Saking seringnya liat sepupu bikin kue dan merasa bisa akhirnya bunda memberanikan diri matur ke mama (eyang Samara) untuk bikin kue sendiri. Mama menyetujui permintaan bunda dengan menyediakan bahan bahan yang diperlukan. Mulailah bunda kecil nan imut beraksi mencampur bahan bahan sesuai dengan contekan resep andalan, pokoknya udah kaya koki cilik yang handal deh :)


Yeaayyyy...ternyata berhasil Australian cake-nya dan mama pun senang bukan main sampai nyuruh bunda buat ngasih cake perdana itu ke ibu guru dan kepala sekolah SD bunda *dengan tampang malu malu ala bocah SD* pujian pun mengalir ke bunda. Dari situ bunda jadi semangat pengin belajar baking ditambah lagi sepupu bunda menyodorkan resep black forest. Seperti biasa bunda melihat dulu cara bikin black forest dan lama lama bunda berani bikin sendiri. Sejak saat itu setiap lebaran ada aja pesanan black forest dari saudara sampai pernah kewalahan bikinnya. Tapi sejak bunda kuliah kok rasanya malas dan bosan bikin kue lagi...soalnya capek gak ada yang bantuain *cari kambing hitam*. Sejak saat itu bunda betul betul vakum baking apalagi setelah kerja, makin malas aja bawaannya. Sesekali aja bunda bikin brownies pas jaman berkasih kasihan *baca pacaran* itupun atas request mantan pacar a.k.a ayah Samara. Selebihnya rasa malas menghantui dan berpikir mending beli aja deh *mulai ditempelin cap emak malas di jidat*   


Sampai tiba saatnya bunda harus turun gunung lagi untuk membuat biscuit Samara yang no gulgar tentunya. Bunda mulai bergabung dan mencari resep dari milis emak emak kece ini, banyak resep yang didapat disitu tapi bunda hanya 4 kali mempraktekan yaitu biscuit lembut, keping banana oat, stik keju ala mak depe dan garlic bread. Sebenernya sih pengin banget berkarya lebih banyak lagi tapi...saat itu kami masih tinggal bersama MIL jadi kayaknya agak sungkan kalo musti ngobok ngobok dapurnya. Makanya beberapa biskuit yang bunda sebutkan tadi sengaja bunda bikin di rumah eyang samara kalo pas kita mudik.


Dan.... sekarang waktunya bunda menggali sesuatu yang selama ini terpendam.
Alhamdulilah sekarang udah ada my own kitchen jadi gak ada alasan buat bermalas malas ria. Nah...hari sabtu kemarin bunda berkarya untuk yang pertama kali yaitu donat kentang dan resepnya diambil disini. Kenapa donat kentang? Selain choco lover dan penggemar sushi ayah juga doyan donat.

Bahan:500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin


Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.
Supaya lebih makjosss, simak tips Sukses Membuat Donat Kentang.

Berikut penampakan hasil karya bunda, mohon maaf kalo kurang menarik soalnya baru pertama kali bikin donut dan kenapa gak dikasih bedak gula halus? Itu karena donut yang dihasilkan udah manis *semanis yang bikin hahahaha* 

jangan dilihat dari bentuk yg kurang menarik, yg penting rasanya yummy

Enak ya Nak hasil karya bunda? ^_^ 

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)