Selasa, 18 Juni 2013

Be Creative And Show Your Magic

Akhir bulan Mei kemarin saya mendapat undangan dari @supermomsid untuk mengikuti workshop dan kak Indah momom-nya Athia yang menginformasikan tentang undangannya. Di dalam undangannya disebutkan kalo ini merupakan undangan khusus untuk special member Supermoms Indonesia.

Wow, senang banget rasanya... Tapi saya mikir kenapa bisa dapat undangan itu ya? Hhmm... Mungkin karena sudah 3 kali mengikuti seminar Supermoms yaitu 2 kali seminar Tetralogy Ibu Elly Risman dan 1 kali seminar Mengirim Anak ke Sekolah International.

Scotch Craftivity Workshop begitulah nama workshopnya, yang merupakan kerjasama Supermoms Indonesis dengan Scotch (R) Indonesia dan Kutakatik. Hari Sabtu minggu lalu saya berkesempatan belajar berkreasi. Acara dimulai pukul 9.00 tapi sayangnya saya datang terlambat jadi tidak bisa mengikuti acara pertama yaitu keliling melihat workshop Scotch.

Jam 10 tiba di Perkantoran Hijau Arkadia dengan tergopoh gopoh saya memasuki ruangan. Setelah registrasi mendapat snack dan goodiebag saya mengambil tempat duduk di depan mak Yeye dan Nike

Untung acara craftivity belum mulai, saat itu sedang ada perkenalan dari Kutakatik (@_kutakatik_). Mengulas sedikit tentang Kutakatik, Kutakatik Art & Craft Class dimotori oleh dua orang bersaudari lulusan Graphic Design yaitu Kyra dan Raya Pradiono.

Misi dari Kutakatik adalah mendorong anak anak usia 3-14 tahun untuk melatih kreatifitasnya dengan memanfaatkan barang bekas dan bahan daur ulang lainnya untuk menjadi barang yang lebih bernilai. Jadi selain untuk menyalurkan hobi anak, Kutakatik juga mengajarkan berkreasi, berimajinasi dan mengajarkan anak kalau mainan itu tidak harus dibeli tapi juga bisa dibuat sendiri.  

Dalam kesempatan itu Kutakatik memamerkan beberapa hasil karya yang bagus dan lucu lucu. Satu pertanyaan yang ada di dalam hati saya, kok mereka segitu kreatifnya yaa...menciptakan aneka bentuk dengan memanfaatkan barang bekas. Saya yang tingkat kreatifitasnya sangat rendah hanya bisa melongo dan takjub dengan hasil karyanya :)    


Duo Kutakatik
Setelah mendapat penjelasan singkat dari Kutakatik, saatnya belajar berkreasi. Di meja sudah disediakan alat dan bahan yang semua produknya berasal dari Scotch.

Alat dan bahan
Bahan bahan itu bisa digunakan untuk 3 orang peserta, jadi dilarang rebutan yaa...harus sharing satu sama lain. Tapiii...yang ada kami bertiga (saya, Yeye dan Nike) kadang saling berebutan. Ada yang berebut lem, selotip, crayon dll. Udah pada tahu dong... pastinya kertas warna yang saya rebutkan dengan Yeye adalah ungu, huahaha... kompetitif banget ya :)

my classmate yang kompetitif :)
Kreasi pertama kami diharuskan membuat family tree dengan waktu 30 menit sajah. Huaaa... mepet banget waktunya. Saya sempat bengong mau bikin family tree model apa? Hahaha...kacau banget ya, sampai akhirnya lirik kanan kiri udah pada ngerjain semua, barulah mencoretkan crayon di atas kertas.
Ketika waktu habis sudah barang tentu family tree saya paling hancur :D

Kreasi kedua yaitu kami diberi bahan sebuah kotak kertas, silakan berkreasi mau dibikin apa kotaknya. Ada yang bikin jadi kotak pensil dan kotak serbaguna, kalo saya memilih menyulap kotak tersebut menjadi celengan. Yaaa... lumayan lah nambah dikit kreatifnya :)

Yang terakhir kami diharuskan berkreasi membuat boneka jari dengan memanfaatkan sarung tangan karet. Yup.. sarung tangan tersebut diisi dengan dacron. Ada cerita lucu mengenai dacron ini, jadi salah satu teman kami ada yang geli memegang dacron. So, ketika mengisi dacron ke dalam sarung tangan si teman itu aseli kegelian tapi untung gak sampe mual mual. 

Dan inilah boneka jari hasil kreasi yang pas pasan :)  

boneka jari
Secara keseluruhan ada 3 hasil karya saya dan semuanya itu standard banget :) Kurang percaya? silakan diintip... *tutupmuka*

kotak celengan, family tree dan boneka jari
Meski pas pasan hasilnya, Samara senang banget melihat saya membawa oleh oleh berupa mainan kreasi bundanya :)

Namapun belajar yaaa, pastinya dimulai dari nol dulu. Barulah kalo lama lama sering belajar dan diasah terus Insya Allah hasilnya akan lebih baik lagi.

Setelah selesai membuat 3 hasil karya maka acara pun selesai. Tak lupa pihak penyelenggara bagi bagi doorprize untuk 3 orang yang beruntung. 

Pulangnya kami diberi goodie bag berupa produk Scotch yang bisa dipakai untuk belajar berkreasi di rumah. Yipiieee...lumayan banget punya stok bahan buat bikin mainan di rumah bareng Samara.
 

Goodiebag dan sertifikat
Thanks to @supermomsid dan kakak Indah yaa..udah diberi kesempatan belajar :)

Oiya kalo ada buibu yang mau memasukan anaknya untuk belajar berkreasi di Art Class Kutakatik bisa datang saja ke 

Kutakatik Art & Craft Class
Jalan Kartika Alam III, no. 26-28, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Indonesia
+62 21 7050 9109 / +62 821 1313 1132
kutakatikartcraft@gmail.com
www.facebook.com/kutakatik.artcraftclass

Ini bukan promo berbayar yaa... cuma sekedar berbagi info saja karena menurut saya ini tempat yang bagus banget mengasah anak untuk belajar dan have fun.

20 komentar:

  1. Huaaaa. Sayang sekali diriku waktu itu lagi ada acaraaaah. Huhuhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw hasi kreasinya lucu-lucu mak

      Hapus
  2. hai Dani... apa kabar??? lamo tak bersuo hahaha...lebay sangat :)

    iya sayang bgt kamuh tak datang, padahal lumayan lo bisa belajar berkreasi ;)

    BalasHapus
  3. maaf baru bisa mampir lagi nih 4 hari hiatus hehehe. Insya Allah secepatnya aku selesaikan PRnya ya. kreasinya bagus asyik banget dapet kesempatan ikutan ya

    BalasHapus
  4. Hasil kreasimu bagus juga kok Yan. Kalo aku mah minder deh ngikut yang ginian, secara faktor biologis telapak tanganku gak mendukung untuk bikin kerajinan tangan kayak gitu :D

    BalasHapus
  5. komen gw ga msk yah mak td :(

    BalasHapus
  6. akhirnya di posting juga.. ijin ambil fotonya ya bu :D

    BalasHapus
  7. aaahhhhh..sebaaal.... kenapa acaranya bentrokan ama jadwal syuting gue siiiih...? ;p

    BalasHapus
  8. diantara semua produknya, aku cuma familiar sama scotch magic yang ijo itu....lainnya aku tak punya...... *nangis*

    aku gak geli sih sama dacron, tapi takut liat bonekanya, mbayangin tangan lepas gitu, hahahahaha...

    kreasi celengannya out of the box lho...tree nya juga bagus....biruuuu....

    BalasHapus
  9. Bagus kok, Mak. Celengannya gue sukaaaaaaa.. xD

    BalasHapus
  10. dari zaman sekolah sampai sekarang pelajaran favoritkuw itu bikin prakarya kek gini, bisa lupa waktu, seneng aja meskipun hasilnya pas pas an.....

    BalasHapus
  11. @ mba Lidya, iya alhamdulilah dpt kesempatan belajar berkreasi ;)

    BalasHapus
  12. @ Allisa, hihihi...makasih ya dibilang bagus #GR mode on ;)

    Oiya ya tanganmu selalu berkeringat terus tp mungkin bs juga berkreasi spt ini ;)

    BalasHapus
  13. @ Nike, silakan... monggo
    Ditunggu postingannya yaa ;)

    BalasHapus
  14. @ Desi, iih... kamu sih seleb super sibuk, jd jadwal syuting gak kelar2 ;)

    BalasHapus
  15. @ Lulu, hahaha...serem jg bayangin tangan lepas :p

    family tree nya warna biru, warna kesukaanmu ya Lu? ;)

    BalasHapus
  16. @ Della, uhuy... makasih mak.. bikin celengan itu lumayan lah gw sedikit kreatip ;)

    BalasHapus
  17. @ Rina, woow brarti kamu kreatif dong.. suka bikin beginian ;)
    Klo aku sih nyerah deh utk hal2 yg sifatnya prakarya :p

    BalasHapus
  18. huaaa komen gw bnran ga msk..

    Makkk, tengkiu fotonyaaaa ditempel dimarihhh :D

    BalasHapus
  19. Ihiiy..keren.
    terima kasih ya, Yan udah mau datang ke salah satu even Supermoms Indonesia.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)