Minggu, 30 Juni 2013

Eksplorasi Ranah Minang Ala Backpacker


Eksplorasi Ranah Minang Ala Backpacker - Inilah impian saya dan keluarga. Keinginan menjelajahi Sumatera Barat sudah tersimpan rapi sejak saya resmi menikah dengan Ayah Samara yang berdarah Minang. Meski semua keluarga besar si Ayah sudah tidak ada yang berdomisili di Sumatera Barat tapi saya bertekad untuk mengenalkan tanah leluhur Ayah kepada si kecil Samara.

Penentuan jalan jalan ala backpacker karena terinspirasi 5 tahun yang lalu ketika saya melancong ke negara tetangga melihat ada satu keluarga keturunan bangsa Barat yang terdiri dari bapak, ibu dan 2 orang anak balita berjalan jalan menyusuri indahnya kota Chiangmai. 

Saya terpesona sekali melihat sang daddy menggendong si bungsu menggunakan baby backpack carrier, sementara sang mommy menggandeng si kakak yang kurang lebih usianya 5 tahun. Wow...pemandangan itu sangat luar biasa dan diam diam saya bermimpi suatu saat ingin jalan jalan ala backpacker dengan keluarga kecilku. Maklum lah jiwa backpacker saya memang sudah muncul sejak dulu, hingga di kantor saya dijuluki si bolang :)

Sumatera Barat menjadi pilihan untuk perjalanan impian keluarga saya karena ranah Minang menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Banyak sekali objek wisata cantik yang wajib dikunjungi disana, diantaranya :

Danau Singkarak

Danau yang terletak di Kabupaten Solok ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Pegunungan, hamparan sawah dan rumah khas Minang mengelilingi danau tersebut. Pemandangan alam yang asri dan indah sangat memanjakan para pengunjung.

Lihat betapa cantiknya Danau Singkarak.
Singkarak Lake - Picture taken from here
Katanya nih...jika kita berkunjung ke Danau Singkarak, jangan lupa mencicipi ikan bilih yang sangat terkenal. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Singkarak hanya untuk membeli ikan bilih. Wah jadi penasaran nih seperti apa rasanya ikan bilih? Mungkin gurih dan kriuk kriuk banget ya.
Ikan bilih yang crunchy - picture taken from here
Danau Singkarak ini namanya makin melejit sejak ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) digelar disini. Jadi bangga deh pariwisata Indonesia makin mendunia.

Ngarai Sianok

Adalah lembah curam yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi Kabupaten Agam. 
Cantiknya Ngarai Sianok - taken from here
Ngarai Sianok dialiri oleh Batang Sianok yang airnya jernih. Oiya Batang disini artinya sungai. Jadi terbayang betapa cantiknya sungai yang berliku dengan lembah curam memanjang di atasnya. Terbayang juga kami naik di atas kano sambil menyusuri Sungai Sianok. 

Danau Maninjau

Masih di Kabupaten Agam, selain Ngarai Sianok ada juga obyek wisata yang masuk dalam kategori wajib dikunjungi yaitu Danau Maninjau. 

Untuk menuju Danau Maninjau konon kabarnya kita harus melewati jalan berkelak kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi hingga Maninjau. 

Wow pasti seru banget berpetualangan melewati Kelok 44 yang bikin deg degan dan memacu andrenalin. Tapi sepertinya rasa deg degan itu akan terbayar dengan menikmati indahnya Danau Maninjau.
Maninjau Lake taken from here
Jam Gadang

Siapa yang tak kenal Jam Gadang? Terletak di jantung kota Bukittingi adalah sebuah menara yang memiliki jam besar di keempat sisinya. Karena besarnya jam tersebut maka dinamakan jam gadang atau jam besar.
Jam gadang at night - taken from here
Impian saya adalah menikmati jam gadang di malam hari. Terbayang betapa indahnya lampu lampu yang bersinar menerangi jam besar itu ditambah dengan kilauan bintang berkerlap kerlip di angkasa. Sangat indah dan romantis pastinya :)

Wisata Kuliner

Setelah puas bereksplorasi di Ranah Minang rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner asli. Banyak sekali kuliner Minang yang sudah sangat terkenal diantaranya Rendang, gulai tunjang, sate Padang dan ayam pop. Memang bukan hal baru lagi untuk saya makan masakan Padang karena restoran Padang banyak tertebaran di Jakarta.

Tapi...merupakan sensasi tersendiri jika saya bisa menikmati empuknya daging rendang, pedasnya sambal ijo dan melt-nya saos sate Padang langsung di tempat asalnya. Ditambah lagi suasana Bukittinggi yang katanya berhawa sejuk itu pasti akan membuat saya tak berhenti menikmatinya.

Lemaknyooo... - taken from here
Selain berbagai masakan Padang, ada juga cemilan yang ingin sekali saya dicicipi yaitu lemang. Lemang terbuat dari beras ketan yang dimasukan ke dalam bambu tapi sebelumnya ketan tersebut dibungkus daun pisang terlebih dulu. Cara memasak lemang itu dengan dibakar. Wow...rasanya pasti enak ditambah lagi aroma daun pisang yang terbakar. Perfecto.

Untuk buah tangan sepertinya tak perlu khawatir karena banyak oleh oleh khas Sumatera Barat yang bisa dibawa pulang. Ada songket yang katanya banyak dijual di Pasar Bukittinggi dengan variasi harga dari yang murah hingga mahal. Tapi jika dirasa harga songket terlalu mahal maka pilihan buah tangan bisa beralih ke keripik singkong balado yang terkenal itu.

Hmm... Dengan menuliskan wisata ini membuat saya tak sabar ingin mewujudkan Liburan Impianku. Semoga tercapai cita cita saya menjelajahi Ranah Minang ala Bacpacker dengan keluarga kecil saya sambil mengenal tanah leluhur suami. Amin.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba  Blog Zalora Indonesia dan Zalora Indonesia Liburan Impianku


Note : berhubung saya belum pernah ke Minang maka semua foto yang ada di tulisan ini adalah hasil comot sana sini. Tapi saya tak lupa menuliskan sumbernya:)
 

28 komentar:

  1. pengen ke sana juga. semoga suatu saat bisa ke sana. aamiin :D

    BalasHapus
  2. Ila... semoga kita bisa sama sama kesana ya :)

    BalasHapus
  3. amin mak, smoga bs ksana secepatnya yah :)

    BalasHapus
  4. Waah.. aku banget nih, Backpacking with Children :)
    Sukses ya maak

    BalasHapus
  5. ikan bilih tuh kaya ikan pora2 ya mak?
    good luck ya mak

    BalasHapus
  6. Waaahh... Aku bulan lalu br aja pulang dr Sumbar, Ada postingannya di blogku, Dan pengen ke sana lagi

    BalasHapus
  7. @ Yeye, amin, makasih ya mak ;)

    BalasHapus
  8. @ Noestyle, woow senangnya bisa bertemu dg emak yg suka backpacker-an.
    Makasih atas kunjungannya mak ;)

    BalasHapus
  9. @ Quinie, wah akupun belum tahu seperti apa ikan bilih itu? Ikan pora juga aku gak tahu ;)

    Amin, makasih ya mak..

    BalasHapus
  10. @ Vera, wah senangnya...baru jalan2 ke Padang. Oke aku meluncur ke blogmu yaa ;)

    Terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  11. wow ternyata di sumatra barat banyak juga yah tempat wisatanya, keren...

    Semoga menang yah mba..:D

    BalasHapus
  12. danau singkaraknya cakep banget ya! gua suka ngeliat danau2 gitu... :)

    BalasHapus
  13. yang paling disuka dari padang itu yaaaa rendangnya... maknyuss tralala pokoke... danaunya bagus ya Yan, samara pasti senang kalau diajak ke sana.

    BalasHapus
  14. wah ada kontes :) backpackeran bawa anak seru juga kali ya. good luck ya. Maaf baru bisa bw kesini

    BalasHapus
  15. @ Dian, iya mbak...banyak objek wisata yang bagus di Sumbar.
    makanya aku pengin banget kesana.

    Terima kasih yaa doanya :)

    BalasHapus
  16. @ Arman, iya cantik banget danau Singkarak nya, gak heran danau ini jadi lokasi ajang lomba internasional ya :)

    BalasHapus
  17. @ Rina, samaa...aku juga suka rendangnya.
    Semoga Samara senang kalo diberi kesempatan mengunjungi tanah leluhur ayahnya :)

    BalasHapus
  18. @ mba Lidya, iyaa ada kontes Zalora. Aku aja dikasih tahu sama Teh Nchie kemarin.

    Makasih ya mba :)

    BalasHapus
  19. Yuhuuuu.. moga sukses ya, Maaaaaaaaaakkk.. bagus artikelnya :)

    BalasHapus
  20. aaah...aku jadi kangen sama Solok....
    *sempet 1tahun tinggal di sana*

    BalasHapus
  21. ya Allah maaak..gue juga jadi kangen mau ke bukit tinggi lagi deh..apalagi ngarai sianok...
    dulu akika honeymoon kesana... :,))

    BalasHapus
  22. *amien....semoga kesampaian mimpinya jeng...back packer bersama keluarga tercinta mengunjungi banyak tempat yang indah terutama tanah leluhur...:)
    sukses kontesnya jeng :)

    BalasHapus
  23. wow .. lihat foto fotonya jd pengen ke sana jg

    sukses buat GA nya ya mbak

    BalasHapus
  24. alhamdulillah selalu seru tiap pergi ke Sumbar.. view-nya, makanannya.. mantap!

    tapi perginya selalu sendirii...

    BalasHapus
  25. Jam gadangnya itu loh fenomenal banget ya mbak

    BalasHapus
  26. uhuuuuyy aku sudah pernah kesanaaaa.... aku sudah pernah kesanaaaa,,,, hehehehheheeee

    BalasHapus
  27. MENYEDIAKAN PAKET TOUR DAN SEWA KENDERAAN SAJA UNTUK KE PADANG DAN BUKITTINGGI.

    Assalamualaikum Bapak/Ibu/Mas/Mbak


    Salam dari Kita Holidays Travel & Tour Padang.
    Kalau Bapak/Ibu/Mas/Mbak mau berkunjung ke Padang dan Bukittinggi, jangan risau hati silahkan hubungi :

    KITA HOLIDAYS TRAVEL & TOUR PADANG
    Tour operator & Travel Agency

    Kami menyediakan PAKET TOUR UNTUK PADANG DAN BUKITTINGGI, dan juga untuk SEWA KENDERAAN SAJA dengan harga yang sangat berpatutan dengan sopir yang educated, baik hati, sopan, suka menolong dan sudah lama berpengalaman dalam memberikan pelayanan pada pelancong domestik dan manca negara.

    Kami berusaha menjadikan lawatan Bapak/Ibu/Mas/Mbak sangat bermakna dengan keluarga dan rekan-rekan di masa percutiannya bersama kami.

    Wassalam
    Contact person :

    1. Amsyahril
    ( Director )

    Mobile : +62 852 6300 7445 ( WhatsApp )

    2. Riko Adryansyah
    ( Tour & Transportation Manager )

    Mobile : +62 813 6565 4104 ( WhatsApp )

    E-Mail : am_holidays@yahoo.com / kita_holidays@yahoo.com / kitaholidays@yahoo.com.




    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)