Sabtu, 08 Juni 2013

Blog Review : Melihat Lebih Dekat Mama Cal-Vin


Setelah posting woro woro dalam rangka mencari pasangan untuk mengikuti Kontes Unggulan blog review saling berhadapan akhirnya saya menemukan pasangan. Kali ini pasangan saya adalah seorang mama yang luar biasa dengan 2 orang putra. Prestasinya sudah tak diragukan lagi yaitu pernah masuk dalam 50 besar Nominasi Srikandi Blogger KEB. Ya.. dia adalah mba Lidya atau nama lainnya yaitu Mama Cal-Vin yang mempunyai alamat blog www.fitrian.net

Terus terang saja mereview blog mba Lidya merupakan PR besar buat saya karena dimata saya mba Lidya itu benar benar blogger yang oke banget. Tapi demi sebuah kontes saya diwajibkan untuk mereview blognya. Jadi inget postingan Pakde Cholik yang bilang Blogger is a secretary, maksudnya adalah seorang blogger yang belum pernah melakukan blog review sama halnya sekretaris yang belum pernah membuat surat :)   

Bismillahirohmanirohim saya mulai mereview blog Mama Cal-Vin.

1. Tampilan blognya simple dan sederhana dengan background warna putih. Dibagian paling atas hanya tertulis alamat blog yaitu fitrian.net. Nama blog diambil dari nama belakang pemiliknya yaitu Lidya Fitrian.

Setelah alamat blog, kita akan disuguhi gambar bunga tulip berwarna merah yang cantik. Theme ini didukung sepenuhnya oleh Blogger.


Tampilan Utama
2. Turun lagi ke bawah, disana ada beberapa tautan yang berisi Home, Profil, Kontak, Daftar Isi, Blognya Pascal, Blognya Alvin dan Blog Santai. Jika diklik satu persatu untuk Home, pembaca akan melihat dua tulisan terbaru. Bergeser ke kanan ada Profil yang menampilkan data diri si empunya blog. Ya.. mba Lidya mempunyai 2 orang putra yaitu Pascal dan Alvin maka tak heran jika dia sering menyebut dirinya sebagai Mama Cal-Vin. Cal-Vin itu tak lain adalah singkatan dari 2 orang putranya.


Profil
Geser lagi ke kanan ada Kontak yang dilengkapi dengan contact form dimana jika pembaca ingin menghubungi si pemilik blog bisa mengisi form tersebut.

Daftar isi menempati posisi selanjutnya, apa saja yang ada disana? Yaa tentu saja berisi semua tulisan yang telah dibuat. Lanjut geser sedikit ke kanan ada Blognya Pascal si anak sulung yang pintar. Kemudian Blognya Alvin yang berisi tentang perkembangan Alvin. Tapi sepertinya Blog Alvin kurang update yaa..

Terakhir Blog Santai yang ternyata isinya beberapa tulisan mba Lidya di blogdetik. Wahh...rupanya mba Lidya termasuk peternak blog juga yaa :)

3. Masuk ke widget, mba Lidya sepertinya penganut azas kesederhanaan, gak neko neko jadi asesoris widget yang terpasang disana hanya ada 4 yaitu Search This Blog, Facebook, Blog Archive dan Page Rank. Sangat simpel tapi cenderung sepi.

4. Mba Lidya mulai mengelola blog pada bulan Juli 2007, hal ini bisa dilihat dari Blog Archive-nya. Meski disana tidak tercantum bulan dan tahunnya tapi jika kita klik bulan yang paling bawah maka muncullah postingan pertama.

5. Masuk ke isi tulisannya, hhmmm...ini yang paling menarik. Blog yang sebagian besar bercerita tentang keseharian ini banyak menginspirasi saya melalui tulisan yang dikemas sederhana. Mulai dari tips belajar anak, tips bahagia, tips gadget, review produk, aneka resep hingga wisata kuliner. Selain itu mba Lidya juga aktif mengikuti beberapa kontes atau giveaway. 

6. Bahasa yang digunakan sangat simple khas emak emak serta isi postingannya juga jelas dan padat. 

7. Satu hal yang paling saya suka dari blognya yaitu saya banyak belajar parenting dari mba Lidya. Apalagi jika membaca perkembangan Alvin yang usianya terpaut beberapa hari dengan Samara. Membaca perkembangan Alvin pun tak kalah seru karena banyak metode pembelajaran parenting yang mba Lidya share disana. 

Ahhh... sulit rasanya jika saya mencari kekurangan dalam blognya. Blog yang begitu banyak menyajikan tulisan bermanfaat rasanya jauh dari kata minus. 

Tapi apapun itu saya harus memberi masukan untuk blognya yaitu kalo bisa coba menambahkan 1 widget lagi, mungkin bisa berupa Friends atau web address yang menjadi favorite. Toh masih ada space untuk menempatkan widget tersebut agar tampilan blognya lebih berwarna :)

Satu lagi masukan yaitu untuk Label postingan mungkin bisa lebih dipersempit lagi, sehingga lebih mempermudah pembaca untuk mencari postingan dan tidak membuat daftar isi menjadi panjang. Kalo saya lihat dalam daftar isi ada label Kontes, label Giveaway dan label Lomba, saran saya mungkin bisa dijadikan 1 saja. Kemudian ada label Hadiah dan label Gift, ini juga bisa digabungkan. Begitu juga dengan label Game, Games dan Angry Bird bisa masuk dalam 1 label yaitu Games. Jadi lebih ringkas dan simple yaa :)

Buat Mama Cal-Vin, tetaplah menulis karena tulisanmu sangat menginspirasi buat emak emak seperti saya :) 





Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review - Saling Berhadapan

 

18 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan

    Jangan lupa mengikuti kontes saya yang lain di http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan

    Jangan lupa mengikuti kontes saya yang lain di http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. Pakde Cholik, terima kasih sdh dicatat menjadi peserta.
    Siapp meluncur ke kontes berikutnya ;)

    BalasHapus
  4. Aku suka header bunga tulipnya. Simpel... tapi manis... Dan feminin.. Kayak empunya blog :)

    BalasHapus
  5. dicatat kritikannya, Insya Allah albelnya memang mau diperbaiki. Postingannya yang lebih tepat singkat hehehe ketauan males nulis panjang yang punya blognya hehehe. Terima kasih ya

    BalasHapus
  6. selamat buat mbak Lidya sdh direview blognya

    sukses ya mbak buat kontesnya :)

    BalasHapus
  7. Stay away from a Harmful Electrical Wires: A Great loss Waiting to occur

    Look at my site - online video converter to mp3

    BalasHapus
  8. @ Tyke, iya tulipnya cantik dan segar :)

    BalasHapus
  9. @ Santi, amin...terima kasih ya :)

    BalasHapus
  10. @ mba Lidya, hihihi...terima kasih ya masukan saya mau diterima. Tp apapun itu blognya keren banget deh.

    Hmmm...begitulah review pemula saya sbg blogger, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  11. @ mba Ely, terima kasih mba :)

    BalasHapus
  12. mama calvin emang emak2 blogger yg panas, update terussssss... salam sukses selalu

    BalasHapus
  13. saya juga penganut kesederhanaan...
    saking simple-nya malah jadi plain, hihihi..

    BalasHapus
  14. omg..ada kontes lagi ya mak..:D
    sakses yaa buat ngontesnya..smoga menang..hihii *wink wink*

    BalasHapus
  15. Meski widget terlihat sepi, tapi pengunjung Blog Mama CalVin seabreg dan ramai bangettt.
    Tentusaja karena beliau rajin BW. Saluut. .

    Sukses ngontesnya ya, MBa. :)

    BalasHapus
  16. ijin blogwalking ya bun...salam kenal dan semoga sukses.amin

    BalasHapus
  17. Sekarang blognya malah tambah keren ya saya lihat

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)