Minggu, 02 November 2014

Maksimalkan Perkembangan Anak Dengan Play IQ, Lebih Dari Main

Jika ditanya aktivitas apa yang paling dekat dengan anak? Pasti semua orangtua sepakat menjawab bermain. Iyaa..bermain adalah bagian dari kehidupan anak yang sangat dekat dan dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Bagi anak, bermain bukan sedekar bersenang senang melainkan ada pembelajaran di dalamnya.

Pada tanggal 25 Oktober lalu saya diundang oleh Fisher Price untuk mengikuti workshop di Toys City LOVE. Sebelum acara dimulai anak anak bermain dan mencicipi cemilan yang tersedia.
 

Sekitar pukul 10.45 acara dibuka oleh Melisa Karim yang langsung memperkenalkan 3 orang pembicara yaitu Meiyin Leong, Head of Marketing Mattel Asia Tenggara, Vera Itabiliana, Psi seorang psikolog anak dan Cathy Sharon, Brand Ambassador Fisher Price.
Tema workshop kali ini adalah Play IQ, Lebih dari Main. Apa sih Play IQ itu? Yukk kita bahas

Meiyin menjelaskan Play IQ adalah ketika bayi belajar tentang dunia di sekitar mereka dan mengembangkan ketrampilan melalui bermain. Setiap bayi memiliki proses tumbuh kembang berbeda beda dan mereka memiliki kekuatan yang berbeda dalam tiga pilar utama perkembangan.
Ketiga pilar tersebut adalah Fisik, Kognitif, Sosial dan Emosional. Dalam pemberian mainan anak seharusnya orangtua mengetahui mainan mana yang sesuai dengan usianya untuk mengetahui kemampuan anak :
  1. Fisik (F) : Berikan mainan yang menstimulasi anak untuk meraih, menggenggam, bangun dan bergerak atau berjalan
  2. Kognitif (K) : Berikan mainan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, keinginan untuk belajar, mengasah intelegensia dan kreativitas
  3. Sosial dan Emosional (S) : Berikan mainan yang mendorong anak untuk berbagi, mendengar, memimpin dan bermain dengan anak lain
Dengan Play IQ maka orangtua bisa mengukur tahapan tumbuh kembang anak, mengawasi kemajuan anak, menargetkan kemampuan dan ketrampilan baru untuk anak serta memilih mainan yang sesuai dengan usianya. Waahhh...luar biasa sekali ya manfaatnya.

Mengingat setiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda maka Fisher Price telah mengidentifikasi menjadi 87 macam perkembangan untuk anak 0-24 bulan.
Dari tabel di atas bisa dijadikan acuan orangtua dalam memilih mainan yang tepat untuk perkembangan anak. Selain itu untuk memudahkan orangtua mengukur perkembangan serta mengasah potensi anak, Fisher Price mengelompokkan 7 Persona Play IQ yaitu :
  1. The Little Legend : anak yang menonjol di sisi fisik (F)
  2. The Learner Lover : anak yang menonjol di sisi kognitif (K)
  3. The Natural Charmer : anak yang menonjol di sisi sosial dan emosional (S)
  4. The Small World Explorer : anak yang menonjol di sisi fisik/kognitif (FK)
  5. The Born Leader : anak yang menonjol di sisi fisik/sosial dan emosional (FK)
  6. The Crowd Favorite : anak yang menonjol di sisi kognitif/ sosial dan emosional (KS)
  7. The Big Time Player : anak yang menonjol di sisi fisik/kognitif/sosial-emosional (FKS) 
Buat yang penasaran, si kecil masuk ke kategori apa, bisa langsung bermain Play IQ dengan klik di sini

Lanjut pembicara kedua yaitu mba Vera yang menjelaskan cara menstimulasi perkembangan anak dimana orangtua seringkali melewatkan masa penting dalam menjalin bonding dan stimulasi yang tepat untuk si kecil. Kurangnya stimulasi pada awal pertumbuhan anak akan mengalami berbagai masalah dalam perkembangannya.

Hal ini tentunya akan menjadi perhatian bagi orangtua dimana seharusnya orangtua meluangkan waktu untuk mendampingi anak bermain dan memberikan mainan yang tepat sesuai usai anak. Karena pentingnya peran orantua dalam bermain bersama anak maka Fisher Price membagi 8 cara sesuai tahapan usia.
Pembicara ketiga yaitu Cathy Sharon mengungkapkan konsep Play IQ sangat membantu dalam memantau perkembangan Jacob anaknya. Sedangkan melalui 7 Persona Play IQ Cathy menemukan gambaran tentang potensi Jacob sehingga dia dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk menumbuhkan potensinya. Ternyata terbukti yaa... Play IQ itu Lebih dari main.

Sebelum acara berakhir, mba Vera mengajak kami ke area workshop dimana banyak mainan yang bisa langsung dimainan oleh anak. Seru melihat anak anak explore kemampuan dalam bermain.

Di akhir acara kami mendapatkan goodie bag lucu yang berisi Storybook Rhymes dan boneka Tobi. Keren deh storybook nya, bisa mengajarkan anak bernyanyi sambil belajar karena ada penyebutan angka angkanya.

Nah buat yang penasaran ingin mengetahui lebih banyak Play IQ serta ingin memaksimalkan perkembangan anak dengan Play IQ bisa dilihat di web Fisher Price, Facebook, atau bisa follow Twitter dan Instagram. Bisa juga menggunakan tagar #PlayIQID dijamin sangat bermanfaat buat orangtua.

8 komentar:

  1. fisher price mah bagus-bagus emang Mak ya mainannyaaaa. Suka ngiler sendiri kalo lihat-lihat..

    BalasHapus
  2. fisher price tetep jaminan mutu kalo buat mainan anak2 ya.

    BalasHapus
  3. @ Dani, iya...emang keren2 mainan Fisher Price dan pastinya edukatif banget

    BalasHapus
  4. @ Arman, sepakat... Fisher Price memang mjd jaminan mutu buat anak mainan anak2 :)

    BalasHapus
  5. Mainan nya ok2 yah makkk.. Gw demen liatin mainan nya hehehe

    BalasHapus
  6. @ Yeye, hahaha...sama, gw juga suka mainannya :)

    BalasHapus
  7. Samara pasti seneg banget ya sama goddiebagnya, adiknya juga oops :-d

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)