Selasa, 24 Februari 2015

Outbound Pelita Village

Minggu lalu tepatnya hari Rabu 18 Feb sekolah si kecil mengadakan outbound di Pelita Village Ciseeng Bogor. Seperti biasa, jika fieldtrip atau kegiatan lainnya anak2 tidak didampingi orang tua. Hal ini dimaksudkan agar anak berani dan mandiri.

Namun kali ini agak berbeda, karena judulnya outbound, pastinya anak akan basah dan kotor maka ada satu orangtua murid dari masing masing kelas yang ikut. Maksudnya adalah untuk membantu teacher dalam memandikan anak. Kebayangkan 13 anak mandi dalam waktu bersamaan? Pasti riweh dan butuh tangan untuk memandikan anak2.

Alhamdulilah saya dan 2 ibu dari kelas Kindy A lain beruntung bisa ikut membantu teacher. Pagi itu kami berangkat dari meeting point jam 7.15 menggunakan bis menuju Bogor. Memakan waktu kurang lebih 1,5 jam kami tiba di lokasi. Sampai di sana disambut ramah oleh kakak kakak pendamping dari Pelita Village. Mereka menjelaskan secara singkat tata cara outbound.
Setelah cukup info, kami masuk ke dalam area yang luas dan rindang. Terlihat danau buatan yang di atasnya bisa digunakan untuk flying fox. Melihat itu semua, anak anak gak sabar ingin bermain Namun sebelum bermain kami istirahat dulu sambil menikmati teh hangat dan jagung rebus. Hhhmmm... Nikmat banget rasanya :)

Setelah perut terisi, anak anak berkumpul dan berbaris sesuai kelasnya untuk difoto terlebih dahulu. Hahaha kebayang yaaa.. Lucu dan riwehnya anak2 :)
Sebagai ice breaking, anak2 diajak melakukan permainan traditional seperti lomba holahop, jalan pakai bakiak, tarik tambang, dll.
Lanjut ke permainan basah basahan yaitu memasukkan air ke dalam pipa. Di sini anak2 senang sekali saat terkena guyuran air. Makin tersiram air, makin kencang pula tawa mereka, hehehe... Tawa lepas anak2 membuat saya ikut merasakan kebahagiaan.
Setelah basah kuyup, mereka beristirahat dulu dengan menyantap bakso sambil mengeringkan badan. Subhanallah... Nikmat banget.. Dingin dingin ditemani semangkok bakso panas.
Kenyang menyantap bakso, anak2 melanjutkan kegiatan lagi. Kali ini memerah susu sapi dan meminum susu sapi segar kemudian membajak sawah dan menanam padi. Wooow... Senang banget si kecil saat membajak sawah. Duduk di atas alat pembajak sambil ditarik oleh kerbau. Mereka tertawa bahagia dan tak peduli kaki kotor masuk ke dalam lumpur :)
Puas main di sawah, anak2 antri untuk bermain kekuatan dan keseimbangan. Di sini anak harus menyeberang sungai dengan berjalan di atas seutas tali kemudian dilanjutkan berjalan di atas papan kecil yang bergoyang goyang. Dalam permainan ini dibutuhkan konsentrasi dan keseimbangan tubuh yang baik.
Terlihat beberapa anak ada yang ketakutan mengikuti permainan ini sehingga teacher harus turun tangan mendampingi anak meniti tali. Alhamdulilah si kecil berani melakukan permainan itu sendiri dan semua dilakukan tanpa ada ragu sedikit pun.

Setelah semua permainan sudah dicoba, saatnya naik sampan bambu alias getek keliling danau dan selanjutnya menuju ke start point flying fox. Senang banget waktu mereka di atas getek. Ketawa ketiwi sambil main air.
Sampai di start point, satu persatu anak mulai dipasang helm dan tali penggantung. Bersiaplah mereka meluncur sendiri. Flying fox di sini lumayan panjang jarak tempuhnya dan tinggi di atas permukaan air danau.
Surprisedly... Hampir semua anak2 berani melakukannya. Yup...rata2 umur mereka 4-5 tahun. Hebring yaa anak jaman sekarang, pemberani banget. Mungkin kalau Yani kecil, jaman dulu gak berani melakukannya, hahaha...
Oiya saat anak anak selesai main flying fox dan lanjut masuk ke dalam gua kecil, saya melipir ke start point, tak mau ketinggalan ikut main flying fox juga. Ceritanya gak mau kalah sama anak2, hehehe...

Tak terasa sudah hampir jam 13.00 dan semua permainan telah selesai. Iseng, saya menjepret tampang si kecil dan beginilah hasilnya, before and after ;)
Lihatlah kaos kaki si kecil, sudah berubah warna dari pink menjadi hitam penuh lumpur, hahaha... Kalau kata salah satu iklan detergent bilang, berani kotor itu baik yaa... Jadi gak masalah dong, karena dibalik kotor ada pelajaran berharga untuk anak.

Setelah semua anak bebersih, lanjut makan siang dengan menu yang lagi2 nikmat banget. Untuk anak ada sayur sop, perkedel jagung, ayam goreng dan kerupuk. Untuk pendamping disediakan sayur asem, ayam bakar, ikan asin, perkedel jagung, lalapan dan sambal yang juaraaaa banget rasanya.

Alhamdulilah semuanya kegiatan outbound selesai dengan baik. Meski capek namun terlihat anak anak senang sekali. Tawa mereka gak pernah berhenti. Jam 14.30 kami pulang. Sampai di rumah, si kecil mandi lagi trus istirahat. Hufttt... Lumayan menyita energi, kegiatan hari ini...tapi seru dan menjadi pengalaman dan pelajaran baru buat anak.

16 komentar:

  1. Seru yah acaranya.. Samara keliatan fun sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak... Seru banget acara nya, bikin fun anak ;)

      Hapus
  2. Seru banget, Yan. Gak apa lah kotor2 ya, yang penting fun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Lis, namapun Kotor adalah hal biasa yaaa ;)

      Hapus
  3. Seru bangeet Mak Yaaan. Samara keliatan ceria-ceria di fotonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah si kecil hepi banget :)

      Hapus
  4. udah capek outbond makan bkaso enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak....
      Apalagi baksonya juga enak :)

      Hapus
  5. iih gue selalu amazed deh ama kegiatan di LE inihh....keren2 kegiatannya yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.... Ayoo Radit sekolah di LE :)

      Hapus
  6. jangankan anak2 mba, aku juga kalo ikutan pasti happy banget ;))

    ga papa kotor, yang penting fun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Iya yaaa... Semua orang suka outbound :)

      Hapus
  7. wuahh... ini seru bgt ya mb yani. anak2 makin kotor n basah2an pasti makin hepi yaaa.. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess Ayu... Namapun bocah yaa, basah dan Kotor Gak jd masalah :)

      Hapus
  8. Seru banget ya. Pengalaman yang sangat berkesan tentunya buat si kecil.
    Salam

    BalasHapus
  9. Betul sekali, insya Allah sgt berkesan utk anak :)
    Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)