Selasa, 03 Februari 2015

One Pillow One Hope : Mari Berbagi Harapan

Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Pastinya semua sudah pernah mendengar kalimat ini. Yupp...berbagi. Berbagi apa saja memang sangat dianjurkan, termasuk berbagi harapan kepada anak anak penderita penyakit kronis. 

Hari Sabtu lalu (310115) saya dan beberapa emak blogger KEB datang ke acara "One Pillow One Hope "Berbagi harapan melalui bantal" yang diselenggarakan di JYSK store Mall Taman Anggrek. Acara tersebut hasil kerjasama Orang Tua Grup (OT) dan JYSK untuk Rumah Harapan Valencia. Apa sih maksudnya, kok berbagi bantal? 

Jadi, tidur yang berkualitas dipercaya bisa membantu tubuh mengembalikan sel sel yang rusak, meremajakan fungsi sel tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme? Setiap orang pasti membutuhkan tidur yang nyaman. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas adalah dengan pemilihan tempat dan perlengkapan tidur yang tepat. Selain tempat tidur tentunya, bantal sangat memegang peranan penting dalam menentukan kualitas tidur. Nah itulah salah satu alasan mengapa aksi #1Pillow1Hope diluncurkan.
Dalam acara tsb hadir 2 orang narasumber yang keduanya sudah tak asing lagi bagi saya yaitu mba Yuna Eka Kristina seorang Head of Corporate and Marketing Communication OT Grup dan mba Valencia MR atau lebih ngetop dengan sebutan mba Silly, founder dari Rumah Harapan Valencia Care Foundation. Saya mengenal kedua orang hebat ini saat bersama sama melakukan perjalanan yang memorable ke Nias pada tahun 2013.      

Mba Yuna menceritakan latar belakang dan tujuan aksi #1Pillow1Hope yaitu membantu anak anak tidak mampu yang memiliki sakit kronis untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Gimana caranya? Yaitu dengan menukarkan bantal lama ditambah Rp. 19.900 maka kita akan mendapatkan bantal baru berkualitas produk JYSK. Jadi dengan mengikuti aksi tersebut berarti kita telah mendukung anak anak yang berada di Rumah Harapan. Berpartisipasi dan membantu memberikan harapan serta semangat hidup anak anak penderita penyakit kronis. Seruuu yaa aksinya?  
Sesi berikutnya mba Silly menceritakan Rumah Harapan yaitu sebuah rumah singgah sementara untuk anak anak sakit, rujukan dari luar Jakarta dan belum mendapat kamar di RS karena kapasitas RS yang terbatas. Saat ini Rumah Harapan "A home for hope" menampung 15 anak. Ada satu cerita Mba Silly yang membuat kami merinding membayangkan kondisi anak bernama Tyas. 

Saya pernah mendengar cerita tentang Tyas dari mba Silly saat kami sekamar dulu di Nias. Tyas adalah seorang anak yang ditemukan mba Silly dan 3 Little Angel dengan kondisi tubuh yang sangat memprihatinkan. Setengah dari tubuhnya habis digerogoti kanker dan tak jarang binatang seperti tikus menghampiri karena luka di kedua kakinya. Astaghfirullah... jujur saya gak bisa membayangkan betapa berat perjuangan mba Silly dan para volunteer dalam membantu Tyas menumbuhkan semangat untuk berjuang hidup. Kabar terakhir yang mengembirakan ternyata Tyas sekarang sudah dinyatakan sembuh dari sakit kanker oleh tim dokter yang menanganinya. Alhamdulilah yaaa...

Mendengar penjelasan mba Silly sepertinya kita memang harus ikut andil dalam aksi #1Pillow1Hope demi membantu anak anak tersebut. Maka pada kesempatan kemarin saya ikut serta menukarkan beberapa bantal lama yang ada di rumah.
1 Pillow 1 Hope
Saat menukarkan bantal, kita juga bisa menulis sejarah bantal tersebut. Seperti yang saya lakukan yaitu bercerita tentang bantal kenangan ini. Mungkin akan muncul pertanyaan, trus kenapa bantalnya ditulisin? Kasian dong adik adik Rumah Harapan yang nantinya akan menggunakan bantal ini lagi? Tenang.. jadi begini yaa, bantal yang terkumpul ini nantinya tidak akan digunakan oleh anak anak tsb melainkan nilai bantal tsb akan dikonversikan ke dalam rupiah. Nah nilai rupiah yang terkumpul itu akan digunakan untuk mendapatkan barang produk JYSK seperti tempat tidur, lemari, rak buku dll. Oke banget yaaa aksinya? Namun sayang, aksi ini hanya berlangsung 3 hari yaitu tgl 30 Januari - 1 Februari 2015. 

Setelah acara selesai kami boleh berkeliling sambil belanja di dalam store JYSK. Oiya JYSK adalah toko furnitur pertama di Indonesia yang menawarkan modernitas, efisiensi, kualitas tinggi dan dikemas dalam pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan. Lihat saja barang barangnya :)
Awas kalaaaaappp.... :)
Dan saya pun naksir Pindstrup 4-drawers chest warna putih yang di kiri atas, hehehe... Alhamdulilah saya tidak kalap masuk ke sini. Dengan melihat koleksinya dan berangan angan bisa membeli saja sudah cukup membuat saya bahagia :) Tapi ada yang lebih bahagia lagi, yaitu si kecil. Di dalam store JYSK ada booth es krim yang bisa dinikmati oleh pengunjung dan ada trampolin yang bisa dimainkan anak anak.
Sebelum pulang, saya tak mau membuang kesempatan berfoto bareng dengan mba Silly dan mba Yuna. Iyaaa...itung itung reunian Nias :) Senang rasanya bisa bertemu kembali dengan kedua wanita inspiratif yang tidak pernah lelah membantu orang lain. 
Reunian tim Nias : saya, mba Silly, mba Yuna dan mba Adis
Satu pesan dari mba Silly yang pernah saya dengar sewaktu di Nias dan kemarin diucapkan kembali di hadapan para blogger yaitu : "Hiduplah Seperti Gema" artinya saat kita berbuat baik maka gema kebaikan akan menghampiri kita. Dan jangan pernah berhenti untuk berbagi dengan sesama, karena tangan di atas jauh lebih baik dari tangan di bawah.

23 komentar:

  1. Mbaaa... quotenya terakhir keren banget sih. Mana aku abis nonton episode Sarseh di Yutub yg tamunya Ria Irawan. Ria ditanya sama Sarseh, disuruh melanjutkan kalimat"Hidup itu...."

    Trus Ria mikir sebentar dan ngejawab, "Berkualitas."

    Di Margo mau buka juga kan ya? Yuks ke sana yuks ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa aku juga suka bgt sama quote nya Mba Silly. Hidup memang harus terus berbagi yaaa...

      Coming soon JYSK di margocity, nanti belanja yuk hehehe...

      Hapus
  2. Saya selalu tertarik dengan kegiatan mbak Silly itu. Selalu bertujuan untuk kemanusiaan. Kali ini adalah program bantal untuk mimpi. Semoga dengan bantuan-bantuan yang ada bisa menumbuhkan semangat bagi mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju... Saya jg selalu amazed dg program Mba Silly, selalu menebar kebaikan untuk sesama utk kemanusiaan..

      Terima kasih atas kunjungannya ;)

      Hapus
  3. wah program yang bagus ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulll... Aksinya emang bagus bgt :)

      Hapus
  4. Issshhh udh bobo pake bantal baru kita ya mak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Iya mak Irma, bobo cantik pake bantal baru ;)

      Hapus
  5. Mba... tulisan tanganmu bagus sekali, mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... Makasih Mona
      Dulu soalnya sering menulis halus :)

      Hapus
  6. berbagi kesesama melalui program ini ya keren

    BalasHapus
  7. Sayang cuma bentar ya Mak programnya.. Bagus banget inih sebenernya. Hidup seperti gema ya mak. Bagus katakatanya Mba Silly. Sayang jauh dari rumah jysk padahal barangnya mayan affordable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh sayangnya cuma 3 hr aja tp gossipnya bakal ada program ini lagi.

      Gw jg setuju dg kata2 Mba Silly, inspiratif bgt ;)

      Hapus
  8. ya Allah merinding baca cerita tentang Tyas..dan berkahlah orang2 seperti mba Silly ya mak..yang dengan sukarela mau membantu dengan tulus orang2 yang membutuhkan :,)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak.. tangan dingin mba Silly sudah banyak membantu orang lain.

      Hapus
  9. quote terakhirnya bagus banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... saya juga suka quote nya :)
      makasih sudah mampir

      Hapus
  10. aku tadinya berminat datang etapi pas bentrok ada acara juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga next time kalo ada acara lagi bisa gabung yaa :)

      Hapus
  11. "Hiduplah seperti gema" simpel banget tapi mengena ya. Postingan ini mengingatkan untuk ganti bantal deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...sok atuh beli bantal baru :)

      Hapus
  12. Ahaaaa... jadi ga dikasih bantalnya. Kemarin waktu liat di IG aku sempet bingung, kok kasihnya yang bekas dan ditulis2.. :( tapi ternyata gitu toh.. Bagus banget programnya mereka yaa.. semoga sering2 diadain juga... :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)