Minggu, 08 Juli 2012

It's Sushi Time

Udah lama saya pengin belajar bikin sushi demi menyenangkan hati suami *uhuuk*
Maklum lah si ayah memang  tergila gila banget dengan sushi  sampai akhirnya kami hunting alat dan bahan untuk membuat sushi.

Diawali dengan melihat langsung cara pembuatan sushi di carrefour kemudian saya ngrecoki bertanya pada si koki dimana saya bisa membeli alat penggulung sushi termasuk saos apa yang digunakan untuk mencocol sushi sebelum masuk ke mulut.

Sebenarnya banyak supermarket yang menjual alat penggulung sushi tapi saya gak tahu aja bentuknya kaya apa? *norak tingkat tinggi* Sampai akhirnya tahu wujudnya dan ketemulah alat tersebut di Ranch Market. Harganya relatif bersahabat kok cuma 24 ribu saja dan nori nya saya juga membeli di tempat yang sama seharga 22 ribu. 

Berbekal dari itu saya mulai cari resep isian sushi dan resep nasi agar rasa nasinya tidak hambar.
Untuk isian saya memilih menggunakan tuna crispy karena saat itu yang ada di kulkas adalah fillet tuna. Ya sudah...diberdayakan saja tuna itu yang disulap menjadi tuna crispy.

Bikin tuna crispy sederhana banget yaitu potong tuna sesuka hati kemudian lumuri bumbu yang sudah dihaluskan yaitu bawang putih dan garam. Celupkan tuna ke dalam kocokan telur dan balurkan tepung panir trus goreng deh. Gampil banget pemirsa? :)

Urusan isi sudah selesai tinggal menambahkan potongan kyuri (timun jepang) etapi berhubung gak ada kyuri, timun lokal pun jadi, hehehe... *maksa banget yak*
Selain kyuri, ayah pengin ada rasa buahnya di dalam isian sushi. Idealnya sih buah tersebut adalah alpukat, tapi lagi lagi...saya gak punya stok alpukat *hadooh..ini niat bikin sushi gak sih?* yang ada di kulkas saat itu adalah mangga manalagi. Ya sud saya kupas dan potong mangga saja kalo begitu :)

Nasinya gimana?
Untuk nasi, saya sengaja mencampurnya dengan beras ketan dengan perbandingan 2:1. Artinya 2 cup beras ditambah dengan 1 cup beras ketan. Setelah nasi matang saya membuat ramuan campuran cuka, gula dan garam untuk memberikan rasa pada nasi. Untuk takarannya saya main feeling ajah yang penting enak di lidah :) Setelah larutan cuka, gula dan garam jadi kemudian dicampurkan ke dalam nasi sambil diaduk hingga rata.

Oke...semua alat dan bahan sudah selesai, beginilah penampakannya :

ingredients are done
Mulailah saya menggelar alat penggulung sushi yang sebelumnya dialasi plastik biar gak lengket. Nori diletakan di atasnya, ambil sedikit demi sedikit nasi dan ratakan.

ratakan nasi di atas nori
Letakan tuna crispy, timun dan mangga di atas nasi 


Mungkin ada yang bingung lihat gambar di atas, gimana cara gulungnya, wong peletakan isian sushinya gak sejajar dengan alat penggulung? Hehehe...gampang lah saya sushi maker amatiran ini tinggal merubah posisinya saja *ngeles kaya bajaj* :)

Setelah digulung...jadilah sushi a la bunda Samara ^_^

sushi crispy tuna
Alhamdulilah ayah dan Samara doyan makannya, semoga gak terpaksa nelan ya yah... :)
Akhirnya percobaan sushi pertama kelar. Mayan lah..rasanya gak terlalu mengecewakan

Dua minggu berikutnya saya mencoba bikin lagi, kebetulan di kulkas ada stok fillet Salmon dan alpukat. Langsung saja saya bikin salmon yang ditelah dibumbui itu dimasak sebentar di atas telfon. Sengaja saya gak bikin sushi dengan salmon mentah karena Samara bakal ikutan makan.

Beginilah hasil percobaan kedua. Kali ini di atas sushi saya tambahin mayonaise.
Dilihat penampakannya sih jauh banget dari sempurna tapi pastinya practice makes perfect dong..
Kayaknya nih saya musti belajar food photography *tsaah kaya punya DSLR ajah, sambil colek Ayah* =D

 
Insya Allah percobaan yang ketiga saya pengin bikin california roll yang luarnya dikasih tobiko, seperti gambar yang ini. 
Cantik banget ya dan rasanya udah pasti yummy:)

gambar diambil di sini
Ah...jadi gak sabar pengin berkarya sushi lagi :)

8 komentar:

  1. aku nunggu resep caliornioan rollnya aja, soalnya gak suka sushi

    BalasHapus
  2. hehehe...insya allah mba Lidya akan segera melucur :)

    BalasHapus
  3. Aaaaa.. ngileeeeeeeeeeerrr..
    Selama ini cuma suka makan sushi, kalau masak sendiri rasanya rugi waktu, soalnya bapake n Nadya nggak suka, hahahaha.. *ngeles kayak petinju*
    Adekku malah punya mat buat gulung sushinya tuh, tapi juga nggak pernah dia pake. Mubazir banget dah ah..
    Oiya, buat food photography nggak mesti pake DSLR Dwi, pake digicam juga bisa, tapi digicamnya yang bisa makro, jadi bisa diatur fokusnya n backgroundnya blur gitu. Untuk merk, silaken di-googling ;)

    BalasHapus
  4. @Della, daripada mat-nya mubazir, coba bikin sushi sendiri aja ntar dibagi bagi ke aku :)

    Emang sih pake digicam juga bisa tapi digicam nya lagi rusak. Nah...biar ada alasan buat beli yang baru makannya saya lagi ngajuin proposal ke pak suami :)

    BalasHapus
  5. wwaah kayaknya gampang yak bikinnya.. Btw, tentang nasinya, kalo ga pake campuran cuka gula & garam, bisa ga sih bund?

    trus kalo pun pake campuran itu, nasinya cepet basi ga ? *niat bikin abisss* ;p

    BalasHapus
  6. Mau dooongg dikirimin sushi-nyaaa...hihihihi

    BalasHapus
  7. @ mba Desi, kalo gak peke campuran cuka gulgar rasanya hambar, kurang maknyus :) katanya sih paling enak pake rice vinegar tapi saya belum nemu rice vinegar yang halal.

    Nasinya jangan dicampur cuka gulgar semua, secukupnya aja dan sisanya bias masuk majic jar. Selamat mencoba ya :)


    @ jeng Allisa, kalo dikirim ke Palembang takut basi di tengah jalan :P

    BalasHapus
  8. wah... ini terlihat enak dan mudah... mau coba nih... :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)