Minggu, 02 September 2012

Lebaran (part 2)

Setelah mengumpulkan mood yang berserakan akhirnya mulai juga cerita untuk melanjutkan postingan mudik sesi 1 :)

Setelah malamnya kami menyaksikan takbir keliling dilanjutkan meronce bunga melati yang akan digunakan untuk nyekar ke makam mbahku, kami tidur jam 12 malam. Malam itu badan rasanya rontok banget karena sedari sahur sampai malam gak berhenti beraktivitas.

Minggu, 19 Agustus 2012

Bangun tidur langsung kaget karena jam sudah menunjukan pukul 5. Huaaaa....itu artinya kami kesiangan. Mama papaku juga yang biasanya bangun sebelum adzan subuh berkumandang, eh..hari itu terlambat bangun juga, saking capeknya mungkin :(

Langsung deh kami kedebag kedebug mempersiapkan diri untuk sholat Ied, tapi sebelumnya saya dan mama harus mempersiapkan hidangan lebaran lontong opor dan konco konconya dulu. Jadi pas kita berangkat sholat Ied, meja makan udah rapi jali. Kebayangkan waktunya mepet banget untuk mempersiapkan itu semua. Untungnya sebelum pukul 6 meja makan sudah beres dan kami bergegas siap siap menuju masjid dekat rumah.

Dan pagi itu Samara menjadi anak yang manis banget, gak susah dibangunin, mandi juga gak pake drama dan pake baju juga gampang. Makasih ya, nak...udah membantu bunda :)
Berangkat ke masjid jam 6.10 yang artinya itu udah mepet banget karena sebentar lagi sholat Ied akan segera dimulai. Etapi...bukan Yani namanya kalo gak narsis dulu sebelum berangkat ke masjid :) *narsis tingkat tinggi*


Sampai di masjid tak lama kemudian melaksanakan sholat Ied. Ketika sholat, lagi lagi Samara menjadi anak manis yang mau melaksanakan sholat sendiri, tidak seperti tahun lalu saya harus sholat sambil menggendong Samara selama sholat berlangsung. Alhamdulilah Samara udah makin besar dan makin mengerti artinya sholat.

Kelar sholat Ied kami bergegas pulang sambil tak lupa bersalam salaman dulu di halaman masjid. Sampai di rumah sungkem dengan Opung, Eyang dan ayah Samara. Lebaran kali ini kakak semata wayang saya merayakan di rumah mertuanya yaitu Bandung, jadi di rumah hanya kami berlima saja.

sungkem dulu ah...
usai sungkeman
Acara sungkeman pun usai dan tarraaa...saatnya kami menyantap hidangan khas lebaran. Sayangnya gak bisa mengabadikan si lontong opor dan solmetnya karena ribet nyuapin Samara. Eh, pas santap lontong tiba tiba udah ada saudara yang datang untuk bersalam salaman, yo wis lah..bubar semua deh :)

Buru buru kami menyelesaikan makan dan langsung keluar rumah untuk keliling kampung guna bersilaturahmi dengan para tetangga.



Samara pun tak ketinggalan ikut salaman ^_^


Usai keliling ke tetangga kami berangkat menuju makam mbah saya. Sudah menjadi tradisi keluarga besar mama, setiap lebaran pasti nyekar di makam mbah dan pakde budhe serta saudara saudara. Sebenernya saya sudah 3 kali absen tidak nyekar karena yang pertama tahun 2009 saya sedang hamil, tahun 2010 Samara masih berusia 6 bulan dan tahun 2011 Samara sudah berusia 1 tahun tapi saya gak tega mengajak Samara ke makam karena panas.

nyomot seiris lontong dulu ah...
pose dulu sebelum ke makam
Berangkat lah kami ke makam dan berdoa bersama yang dipimpin oleh sepupu saya. Di makam saya tertegun melihat bertambahnya batu nisan di makam keluarga kami. Iyaa, tepat beberapa minggu sebelum puasa, pakde saya yang rumahnya persis di samping rumah mama, meninggal dunia. Tante saya juga tahun lalu meninggal dan saya baru melihat nisannya. Kami berdoa semoga arwah semua keluarga yang telah terlebih dahulu menghadap Illahi bisa diterima Allah. Amin

Pulang dari makam, acaranya adalah ngumpul bersama sepupu yang jarang ketemu sambil momong anak tentunya :) Berhubung tidak ada acara lagi, kami cuma duduk manis di rumah sambil bolak balik nyantap lontong opor. Malah nih...si ayah dalam 1 hari itu bisa menyatap lontong opor 4 kali, belum ditambah cemilan lain, hahaha...

Senin, 20 Agustus 2012

Ini adalah lebaran hari kedua.
Tak ada acara apapun lagi dan kami sudah mulai bosan tinggal di rumah mulu. Pengin jalan jalan euy :) Oiya awalnya kami berencana di hari kedua lebaran mau bertolak ke Jogja tapi berhubung ada sesuatu dan lain hal kami batal berangkat, huhuhu...sedih banget sih tapi mudah2an next time bisa terwujud, apalagi ayah belum pernah ke Jogja samsek :(

Jadilah kita ke supermarket beli susu uht untuk Samara karena persediaannya udah menipis. Eh disana ada tempat main, Samara langsung minta naik kereta. Dasar yah si bocah ini senangnya sama kereta, naik kereta maunya juga di depan.

naik kereta api..tut..tut..tut..
Puas mainan kami pulang, pas di depan supermarket itu berjejer becak dan saya ditawari untuk naik. Saya lantas kepikiran, enak juga kali yaa naik becak, secara Samara jarang banget naik becak. Akhirnya kami berdua naik becak dan ayah pulang sendirian. Parah ya...naik becak aja minta difoto :)

kalo kemarin naik bajaj sekarang naik becak
Di tengah jalan kami ketemu delman dan Samara teriak "kuda..kuda.." Merengek lah Samara minta naik delman. Duh...kapan kapan aja ya nak, soalnya kalo naik kuda ada rute tersendiri, untuk ke rumah eyang Samara gak dilewati delman.

Lagi lagi kami gak ada acara berkunjung ke rumah saudara. Gimana mau berkunjung, wong...rumah pakde budhe, om tante itu ada di sebelah rumah saya, Jadi ceritanya mbah saya itu punya banyak tanah sehingga putra putrinya membangun rumah di tanah itu. Bayangkan saja, 5 deret rumah itu adalah rumah pakde bude saya. Jadi untuk silaturahmi gak perlu jauh. Makanya ketika hari lebaran pertama sudah ngumpul yang ada hari hari berikutnya bengong gak ngapa ngapain :)

Dan hari itu diisi dengan ngemil...ngemil dan ngemil...

Selasa, 21 Agustus 2012

Agenda hari ini adalah reuni dan halal bi halal teman SMA saya angkatan 1996. Acara ini yang saya tunggu tunggu karena sudah lama banget gak ketemu teman2 SMA, kalo pun ketemu hanya beberapa orang saja dan itupun teman2 yang berkerja di Jakarta

Acara dijadwalkan jam 10 tapi yang namanya wong Indonesia kebanyakan jam karet makanya mudur jadi jam 11. Awalnya acara ini akan diadakan di salah satu rumah teman saya si ibu dokter Ayu yang berlaku juga sebagai donatur tunggal acara ini tapi entah kenapa dipindah ke RM Saung Media Bambu. 

Meski bukan reuni akbar tapi mayan lah...ada sekitar 25 orang hadir disana.

full team...
Ladies Only :)


Seru banget acaranya mungkin karena udah hampir 16 tahun kita gak ketemu, terakhir ketemu yaitu pas acara lulusan SMA. It's a long time ago ya..Pas ketemuan buanyak banget yang diobrolin dari mulai cerita tentang keluarga masing2, ada yang curcol belum merit, belum punya anak, repotnya mengurus anak 1, anak 2, anak 3 bahkan 4. Yah, teman saya ada yang udah punya 4 orang anak. Belum lagi ada yang ngegosip ngabarin si A begini, si B begini. Hihihi...makin seru deh..
 
And before say goodbye


Pulang dari acara halbi dan reuni, di rumah eyang Samara kedatangan sepupu saya yang baru mudik karena berlebaran dulu di rumah mertuanya. Bertambah pula teman main Samara :)

Hmmm...to be continued dulu deh






13 komentar:

  1. asyik ya disana masioh ada becak :)

    BalasHapus
  2. Bangun jam 5 dibilang dah kesiangan?
    Aku yg bangun jam 6 aja bilang msih kepagian. Hahahaha... *Just kidding.

    BalasHapus
  3. mba Lidya, iya..di tempatku masih ada becak, delman bahkan pit (sepeda) onthel juga ada :)

    BalasHapus
  4. Zevin, hehehe...iya soalnya banyak yang musti dikerjain, jadi harus bangun pagi :)

    BalasHapus
  5. asik ya sp ada reuniannya segala :)

    BalasHapus
  6. Ih Samara, gemesin iiiihhhh..
    Nadya juga sekali-kalinya naek becak di Palembang, itu dia seneng banget. Mana becak di sana demennya ngebut, tambah girang dia :D

    BalasHapus
  7. gimana caranya gendong anak sambil sholat Yan?

    kemaren pas sholat ied, radit nangis pas di
    rokaat ke dua, aku jadi ga khusuk lagi deh sholatnya sambil ngelirik radit T__T

    btw, tulung diinpo no tel duunks.. biar nnati bisa janjian ke seminar sesion 4nyah..*masih lama yak* ;p

    BalasHapus
  8. ke2nai aka mba Chi, yup..seru banget ketemu teman2 lama :)

    BalasHapus
  9. Della, wah Nadya juga pernah naik becak ya? Asyik kan..full AC alam :)

    BalasHapus
  10. Wah..sayang gak ke Jogja deh. kalau ke Jogja kan bisa mampir Parangtritis Bun hehehe

    BalasHapus
  11. Desi, cara sholat sambil gendong anak ya..tangan kiri gendong trus takbir pake 1 tangan. Yang paling berat kalo pas ruku dan sujud musti kenceng bgt pegangin anak biar gak jatuh

    Nanti aku message ya no hpku :)

    BalasHapus
  12. BunDit, insya Allah nanti kalo ada kesempatan ke Jogja dan main ke Paris, tak dolan ke Yangti nya Dita :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)