Minggu, 11 Januari 2015

12 Tahun 1001Buku

Tanggal 10 Januari kemarin saya bersama teman teman relawan yang tergabung di komunitas 1001Buku mengadakan syukuran ulang tahun yang ke 12. Acaranya digelar di sekretariat 1001Buku atau lebih dikenal dengan Rumah 1001Buku. Sebetulnya gak ada perayaan mewah untuk memperingati hari jadi komunitas ini, namun buat saya pribadi perayaan ini sangat berkesan karena setelah sekian lama menghilang (baca : tidak aktif) kemudian hari Sabtu kemarin saya dan ayah memutuskan untuk datang ke acara tsb.

Satu lagi alasan yang membuat acara ini berkesan banget karena selain kita bergembira, di sisi lain kami juga bersedih atas kehilangan 2 orang relawan terbaik kami yaitu Obby mantan teman kantor saya, teman satu geng De Gokilzz, teman ngetrip yang kesedihan saya pernah ditulis di sini. Obby adalah salah satu relawan 1001buku yang aktif dan tak pernah lelah memberikan kontribusi untuk komunitas ini. 
Obby...gaya lo selalu gokil...
Relawan satu lagi adalah Oscar Desano atau sering disapa Ochank. Siapa yang gak kenal Ochank? Dia adalah salah satu pramugara pesawat Air Asia QZ8501 yang mengalami musibah jatuh di atas perairan selat Karimata pada tanggal 28 Desember 2014.

Ochank adalah relawan aktif yang selalu ceria, cinta dan sabar kepada anak anak. Saat ini kita semua masih belum mengetahui keberadaan Ochank. Kita masih berharap Ochank akan kembali. Please come back soon, dear Ochank... It's too early to say good bye to you :(

Sedikit cerita tentang Ochank, saya mengenalnya saat dia menjadi seorang mahasiswa yang terjun ke dunia relawan 1001buku. Ochank adalah pribadi yang sangat baik, sopan dan selalu ceria. Dia selalu memanggil saya dengan sebutan : mbakku. Setiap kami bertemu, Ochank selalu memeluk saya sembari menyapa : "apa kabar mbakku?" Iyaaa...Ochank sudah saya anggap sebagai seorang adek. He's a handsome and young polite man.  

Dear Obby dan Ochank, terima kasih atas cucuran keringat kalian yang tak terhingga dan tak pernah lelah membantu anak anak Indonesia untuk memiliki akses baca. Kami adalah saksi atas kebaikan hati kalian, kecintaan kalian terhadap anak anak Indonesia dan keceriaan kalian dalam berbagi cerita dengan anak anak. 
Ochank dengan segala keceriaan dan kesopanannya
Acara syukuran 1001 buku kali ini memang agak berbeda karena perasaan kami bercampur aduk antara sedih dan gembira. Selain itu juga banyak relawan lama yang hadir, termasuk saya dan si ayah. Senang sekali rasanya saya kembali bergabung di komunitas ini setelah hiatus selama kurang lebih 6 tahun.

Alhamdulilah acara berlangsung lancar, meski isak tangis mendominasi saat doa bersama. 
Selamat Ulang tahun 1001 Buku, semoga tetap menjadi komunitas yang selalu membantu anak anak Indonesia memiliki akses baca yang layak.
Dan memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku melalui pengembangan kapasitas, penyediaan materi dan acara yang dibutuhkan Taman Baca serta terus melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara.

Dan tak lupa...melalui komunitas ini juga saya bertemu dengan si ayah. Kami sama sama menjadi relawan sejak tahun 2006. Terima kasih 1001buku yang telah mempertemukan saya dengan si ayah :)
Semoga kelak si kecil bisa meneruskan jejak kami untuk menjadi salah satu relawan 1001Buku. Bekerjalah dengan hatimu nak...untuk membantu teman temanmu yang kurang beruntung agar bisa memiliki akses baca yang layak. Amiin... :)

17 komentar:

  1. Aduh sedih banget ya... Ikut berduka cita...

    BalasHapus
  2. Masya Allah, ngga kebayang rasanya kehilangan dua sahabat say..turut berduka cita, semoga Almarhum diberi tempat terbaik disisinya..aku dulu 1001 buku bogor yan, tapi sekarang ngga aktif, paling kirim2 buku aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak Dew...
      Wah ikut 1001buku juga yaa?
      Thanks yaaa sdh berbagi buku utk anak2 :)

      Hapus
  3. oalaah maak..jadi ikuts edih bacanya..smoga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran..amiin.

    BalasHapus
  4. ada mas bayu gawtama juga ya di foto itu, .... tentang dua orang membernya yang sudah tidak bersama-sama lagi, aku ikut berduka cita ya yan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa itu Mas Gaw ;)
      Makasih yaaa mak

      Hapus
  5. Hiks. Sedih ya Mak. But anyway, selamat ulang tahun 1001 Buku. Semoga selalu bisa membantu menerangi Indonesia dan semoga setiap langkahnya berbuah berkah. :)

    BalasHapus
  6. Selamat UlangTahun 1001 buku..

    Smoga secepatnya ada kabar tntg Ochank yah mak :(

    BalasHapus
  7. sudah ultah ke 12?
    hebat euy .., semoga masih terus bergerak aktif

    BalasHapus
  8. Sedih dengan kepergian 2 orang relawan yg sangat2 baik...

    BalasHapus
  9. Eeeeh...ternyata lewat komunitas kenalnya ya Mbak. Hihihi

    Semoga makin aktif komunitasnya, ya. Bermanfaat dan terus semangat meski udah kehilangan dua relawan, ya.

    BalasHapus
  10. Subhanallah ya mak, emang kalo orang baik pasti banyak yang mendo'akan. Lu harus janji ya Yan sama gw, kita harus saling mendo'akan sampe tua walaupun gw judes dan tukang ngebully.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)