Selasa, 05 Mei 2015

Nikmatnya Ketan Susu Cilandak

Siapa yang tak kenal dengan ketan? Panganan yang termasuk dalam satu varietas padi merupakan bahan makanan dengan banyak olahan. Mulai dari tepung ketan yang bisa menghasilkan berbagai macam kue hingga diolah menjadi ketan susu. Wah..kata yang terakhir menarik sekali. Ketan susu. Iya, ketan susu.

Pernah mendengar ketan susu? Kalau belum, sekarang saatnya berkenalan dengan jajanan enak ini. Mungkin yang ada dalam pikiran kita, ketan susu adalah ketan yang disiram susu. Eits.. Nanti dulu...ada sesuatu yang berbeda jika kita berkunjung ke Kedai Ketan Susu Cilandak, salah satu tempat kuliner enak di Jakarta Selatan.

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencicipi ketan susu di Kedai Ketan Susu Cilandak. Kedai ini berlokasi tak jauh dari pusat pertokoan Citos menyajikan berbagai varian makanan yang dapat memuaskan lidah dan perut kita. Atmosfer kedai ketan susu Cilandak sangat cozy dan menyenangkan hingga tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat asyik untuk hangout bersama teman ataupun keluarga. 
Kedai Ketan Susu Cilandak
Kedai Ketan Susu Cilandak didesign sangat apik dan nyaman. Tak perlu menggunakan pendingin ruangan karena tempatnya sangat terbuka dan menyatu dengan alam, pepohonan yang rindang dan semilir angin membuat kita merasa betah berlama lama di sana. 

Begitu masuk ke dalam Kedai Ketan Susu Cilandak kita akan disuguhi dengan mini fruit market dimana menjual pepaya organik dan lidah buaya yang langsung dipetik dari kebun pemilik kedai ketan susu Cilandak yaitu Bapak Iman Julian Harahap. Selain itu beberapa pojok ruangannya di design unik yang menyuguhkan beberapa ornamen trandisional. 
Pojok Kedai Ketan Susu Cilandak
Di beberapa dinding ruangan terpampang menu andalan Kedai Ketan Susu Cilandak.
Menu di Kedai Ketan Susu Cilandak
Mau tahu lebih banyak lagi makanannya? Baiklah... saya akan ceritakan dulu sedikit sejarah menu makanan enak yang tersedia di Kedai Ketan Susu Cilandak. Pak Iman yang dulu seorang karyawan bank swasta adalah orang yang gemar sekali memasak dan suka berpetualang mencoba berbagai resep makanan. Beberapa resep sudah dicoba hingga menghasilkan resep yang cocok dan sangat memanjakan lidah. 

Sebagian besar makanan yang dijual di Kedai Ketan Susu Cilandak berasal dari resep warisan orangtuanya. Jadi beliau memang ingin sekali melestarikan resep kuliner keluarga. Waaah... Keren banget yaa idenya. Menurut Pak Iman siapa lagi yang akan mewarisi resep keluarga kalau bukan anak anaknya? Sepakat sekali pak... :)

Nah penasaran kan apa saja makanan dan minuman yang ada di Kedai Ketan Susu Cilandak? Ini dia.. 
Makanan utama Kedai Ketan Susu Cilandak
Beragam pilihan makanannya yaitu Nasi Burih, Ketupat sayur Medan, Nasi sambal daging balado, Soto Padang, Nasi ayam goreng madu. Hmmm... Bikin ngiler ya makanannya.

Kalau ini adalah aneka minuman segar. Di Kedai Ketan Susu Cilandak tersaji pilihan kopi susu spesial, es teh sereh wangi, jus lidah biaya, es jahe asem. Untuk kopinya, pak Iman menggunakan kopi robusta Sumatera yang terkenal enak.
Minuman Segar..
Minuman yang paling menyita perhatian saya adalah wedang uwuh atau bir kampoeng. Minuman kaya rempah ini rasanya segar banget, sensasi dan perpaduan rempahnya kuat hingga menimbulkan aroma khas rempah. Minuman ini cocok diminum saat malam hari atau saat cuaca dingin karena bisa menghangatkan tubuh.
Wedang uwuh
Sedangkan untuk makanannya, pilihan saya jatuh kepada mie godog nyemek. Saya memang pecinta mie. Dan menyantap mie godog nyemek di Kedai Ketan Susu Cilandak ini menyenangkan karena mienya lembut berpadu dengan kuah kaldu yang gurih dan potongan tomat membuat mie godog ini jadi segar. Irisan cabe rawitnya membuat saya tak bisa berhenti mengunyah. Mie godog nyemek ini akan lebih menarik jika disajikan menggunakan piring porcelain yang cantik.
Mie godog nyemek
Selain main course, di Kedai Ketan Susu Cilandak juga menyediakan snack yang bisa disantap saat hangout bersama di sore hari. Bitter ballen dan pangsit goreng bisa menjadi pilihan. 
Aneka cemilan Kedai Ketan Susu Cilandak
Untuk dessert tentu saja menu ketan susu jadi pilihan utama. Sebagai makanan penutup rasanya ketan susu dengan aneka topping sangat menggoda untuk segera dilahap. Lihat saja penampakannya.
Ketan Susu Cilandak yang yummy
Ada beberapa pilihan ketan susu cilandak yaitu ketan susu srikaya, ketan susu durian, ketan susu jagung dan ketan susu kacang. Rasanya? Enak banget... Super yummy.. Ketannya empuk dan gurih tambah siraman susu cair serta topping sebagai pelengkap rasa manis. Jadi..perpaduan manis dan gurihnya sangat menyatu. Dijamin gak bakal bikin eneg. Malah pasti ketagihan seperti mulut saya yang tak berhenti mengunyah semangkok ketan susu durian, hehehe..

Kedai Ketan Susu Cilandak merupakan tempat yang asyik untuk hangout. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, fasilitasnya juga lengkap. Ada wifi dengan koneksi kencang, toilet yang resik dan yang paling oke adalah mushola. Iyaaa... Jarang yaa Kedai menyediakan mushola. Selain itu juga ada taman dan kolam kura kura yang bikin betah si kecil bermain.
Fasilitas di Kedai Ketan Susu Cilandak
Ah...rasanya menyenangkan sekali hangout bersama sahabat atau keluarga di Kedai Ketan Susu Cilandak, salah satu tempat kuliner enak di Jakarta Selatan. Menikmati makanan di Kedai susu cilandak juga bisa dilakukan di segala suasana baik pagi, siang, sore maupun malam. So.. Buat yang penasaran, Kedai Ketan Susu Cilandak harus dimasukan ke dalam daftar kuliner di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi. 

Lokasi Kedai Ketan Susu Cilandak : Jalan Cilandak Tengah no 3 Jakarta Selatan
Buka : Senin - Minggu
Jam : 09.00 - 22.30
www.ketan susu.webnode.com 
Twitter : kedai_tansu
IG : @ketansusu

14 komentar:

  1. Oit, pernah baca kedai ketan susu ini dan emang bikin pengen main ke sana. Baca ini postingan lu lagi. Semakin ngebef jaidnya. Kapan-kapan kopdar sini yuk ama yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk... Kopdar Kwek Kwek di Kedai Ketan Susu Cilandak..:)

      Hapus
  2. Wah...baru tau ada ketan susu. Makanannya bikin ngiler semua...*lap iler...
    Makasih sharingnya ...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak...
      Emang makanan nya bikin ngiler banget ;)

      Hapus
  3. Wah...baru tau ada ketan susu. Makanannya bikin ngiler semua...*lap iler...
    Makasih sharingnya ...:)

    BalasHapus
  4. Syukurlah ketan susu udah ada disekitaran rumah kita (emg rmh guweh dimaneee?!) jd ga perlu ke kemayoran lg klo mau tansu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak.... Dekat rmh kita, jd bakalan sering hangout di Kedai Ketan Susu Cilandak yaa ;)

      Hapus
  5. Ini sih deket sama rumah Samara ya :) aku kurang suka ketan nanti makan susunya aja deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Gak begitu jauh dari rumahku Mba..
      Kalo gak suka ketan bisa nyicipin menu lain :)

      Hapus
  6. nasi liwetnya di bungkus daun pisang,mantaap

    BalasHapus
  7. ini disebelah mananya cilandak mol mak (taunya cuma cilandak mol, hihihi) ? yuukk kapan2 kita merapat kesindang ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di belakang Citos bukan Cimol mak...
      Hayuk lah kita rame2 merapat ke sana :)

      Hapus
  8. hmmm, kelihatan enak semua tuh makanannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)