Rabu, 01 Mei 2013

Nikmatnya Mudik

Mudik alias pulang kampung adalah hal terindah bagi saya. Sebagai seorang perantau, mudik punya sensasi tersendiri. Jiaahh...kesannya kampung halaman saya jauuuhh bener ya? hehehe...

Kalo dulu waktu sebelum menikah saya rutin 2 bulan sekali pulang ke Tegal untuk menjenguk orangtua. Masa cuti saya dihabiskan dengan kruntelan dan malas malasan di rumah mama. Beeuuuhh kalo udah begitu rasanya nikmat banget.

Trus lagi setiap saya pulang mama selalu masakin sayur kesukaan saya yaitu sayur lodeh. Entah kenapa sayur lodeh mama itu beda banget. Meski saya mendapat resepnya dari beliau tapi pas dibikin rasanya beda aja yaa? Mungkin karena mama bikinnya dengan cinta :)

Setelah menikah saya udah gak bisa rutin pulang kampung, kadang pulang 2 bulan, 3 bulan atau bahkan 4 bulan, apalagi waktu saya hamil. Dan kalo udah kelamaan saya gak pulang biasanya mama nyempatin datang ke Jakarta. 

Nah, berhubung mudik terakhir bulan Desember tahun lalu jadi sudah 4 bulan ini kami gak mudik. Emang sih bulan lalu orangtua sempat umroh dan berangkat lewat bandara Soetta tapi gak sempet ketemu saya karena berangkatnya dini hari dan pulangnya juga dini hari. Mana mungkin saya ke bandara jam 3 pagi?

Karena sudah sekian lama gak pulang akhirnya Jumat kemarin saya dan Ayah ambil cuti untuk pulang ke Tegal. Dengan naik kereta api Cirebon Express kami menuju Tegal.

Lihatlah betapa senangya Samara begitu tiba di stasiun Gambir. Lompat lompat kegirangan karena mau naik kereta ke rumah Eyang :)

horeee aku mau naik kereta
Perjalanan memakan waktu 5 jam dan selama itu Samara gak tidur sama sekali, bener bener ON tenaganya. Hadeehhh.. saya yang matanya udah kriyep kriyep jadi gak tidur karena harus menemani Samara bermain dan ngoceh dengan melontarkan berbagai pertanyaan.

Alhamdulilah sampai di Tegal tepat waktu dan sampai di rumah Eyang, Samara senang banget. Eyang dan Opung juga sangat gembira. Saya selalu terharu kalau melihat pertemuan Eyang Opung dengan Samara.

Sore harinya Samara langsung bermain dengan sepupu sepupunya, bahkan waktu Samara mandi pun sepupunya rela nungguin di depan kamar mandi, hihihi... Itulah salah satu kenikmatan pulang kampung... :)  

Selain bertemu dengan sodara sodara, ada kenikmatan yang luar biasa yaitu makan makanan khas Tegal seperti Soto Tegal ini.

Wuiiihhh....nikmat banget deh sotonya. Dengan campuran tauco, soto Tegal menjadi sangat khas. Kalo orang Tegal sendiri menyebutnya Soto Talang.
Tau kenapa? Karena soto ini berasal dari salah satu kecamatan di Kab Tegal yaitu Kecamatan Talang.

Di Jalan Raya Talang banyak sekali berjejer warung soto tapi yang paling terkenal eunak adalah Soto Sedap Malam. Untuk info soto Tegal ini bisa diintip dimari

Dan beginilah penampakannya. Sluurrrpppp banget deh... *ups...mendadak lapar*  :)
Soto Tegal
Selain soto Tegal ada Sate kambing muda yang cukup terkenal. Di Tegal banyak penjual sate kambing muda, ada yang menjuluki BaLiBul atau BaTiBul.

Balibul = bawah lima bulan dan batibul = bawah tiga bulan. Maksunya disini adalah kambing mudanya berusia dibawah 5 bulan dan 3 bulan. Udah pasti empuk banget dagingnya.

Salah satu sate kambing yang enak di Tegal adalah Sari Mendo, bisa dilihat dimari

Sate kambing balibul
Rasanya kalo mudik gak makan 2 makanan itu kok berasa kurang yaaa mudiknya. Itu sih menurut saya loh... tapi pendapat itu dibenarkan juga oleh beberapa teman saya.

Sebetulnya ada satu makanan khas lagi yaitu Tahu Slawi, beeuuh...itu kalo dimakan hangat hangat rasanya maknyus tenan apalagi makannya pake cabe rawit. Mantaafff Gan..

Ahhh...sudah dulu ah cerita makanannya, nanti beneran bikin ngacay :)

Trus trus kenikmatan mudik inilah yang paling saya rasakan, yaitu ketika Eyang dan Opung bermain dengan cucunya. Malah berebut minta gendong Ompung.

Akhirnya Opung pun menggendong 2 cucu cantiknya. Oiya yang pake piyama putih corak hijau itu anak kakak saya.
Mau gendong Opung semuaaaa...
Ahhh...kalo udah begini rasanya malas banget balik lagi ke Jakarta.

Adakah teman teman yang merasakan nikmatnya mudik? Monggo share di mari :)

38 komentar:

  1. bagi dong soto ama satenya!! hahaha
    asik ya kalo mudik.... :D

    BalasHapus
  2. kalo aku ga pernah mudik mba, wong aku sama suami sama2 orang betawi alias jakarta, jadi semua keluarga ada disini, mo mudik ke kampung orang :P.

    Sotonya menggugah selera banget mba. *tiba2 laper*

    BalasHapus
  3. oh teryata ada ya soto tegal, bedanya apa. Aku belum pernah coba tuh

    BalasHapus
  4. hohohoho....kapan nih kita kopdaran ? Yuk naik motor...nikmati soto grombyang di ndongkal...hahahaha

    # taunya cuma soto grombyang ndongkal nih !

    BalasHapus
  5. samaan yan, aku klo mudik yang pertama kali diincer adalah semua makanan khasnya... puas puasin deh pokoke..

    BalasHapus
  6. Ortuku yg mudik ke Sby. Krn aku kan tinggal ama nenekku.

    BalasHapus
  7. @ Arman, hahaha... ayoo ke Tegal nanti aku traktir soto dan sate ;)

    BalasHapus
  8. @ mba Dian, gak pernah mudik ya? padahal mudik itu seru loh ;)

    BalasHapus
  9. @ mbs Lidya, ada soto Tegal dan yang bikin beda adalah tauconya. Klo soto yg lain gak pake tauco.

    Ayooo main ke Tegal ;)

    BalasHapus
  10. @ Lies, hahaha...ayoo mbake kita motor2an trus mampir makan soto ;)

    BalasHapus
  11. @ Rina, rasanya gak mantap yaa kalo mudik gak makan makanan khas.
    Apalagi makanan tsb gak ada di Jakarta ;)

    BalasHapus
  12. @ Tyke, wah ini malah kebalikan, ortunya yg mudik ke Sby ;)
    Ortu di Jakarta ya mak?

    BalasHapus
  13. apa-apaan inih maksudnya yah?
    pake acara ngepost penampakan yg menggiurkan..
    huhuhuhu, sirik tingkat tinggi

    BalasHapus
  14. @ mba Hilsya, hahaha...bikin mendadak lapar ya mba?
    Racun di pagi hari ;)

    BalasHapus
  15. Hebat eyangnya Samara masih kuat gendong dua anak sekaligus. Papaku udah enggak sanggup, Mak :)
    Eh itu Samara diracunin ungu juga, ya? Jangan dong Mak, biarkan dia memilih warnanya sendiri, hehehe..

    BalasHapus
  16. mau dong mbak soto sama satenya :)

    BalasHapus
  17. soto balibul itu emang enak bgt, ya. Sy aja suka sama rasanya :)

    BalasHapus
  18. Walopun ortu gw d jkt tp gw suka bgt klo mudik kerumah nenek kakek gw Makkk :)

    Btw mana oleh2 dah :p

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah makan Soto Tegal. Jadi pengen soto sama satenya.. Menggoda imaan.. :9

    BalasHapus
  20. wow, penampakan soto dan satenya itu bener2 bikin perut kriuk-kriuk deh, Mba, apalagi membaca postinganmu saat belum makan malam spt ini. HIks, jadi laper. :)

    Emang acara mudik itu, selaluuu aja bikin happy ya, Mba? :)

    BalasHapus
  21. Jadi kangen Tegal, makan soto, kambing Batibul dan Bakso yg ada di alun-alun. Btw, jalan Talang yang jual kuningan gitu ya????

    BalasHapus
  22. Sate kambiiiiiing.. mau sate kambingnyaaaaaaa...

    BalasHapus
  23. @ Della, hihihi...tenang mak, Samara gak gw racunin warna ungu.
    Itu kebetulan aja baju warna ungu hasil dari kado ultah yang dikasih sepupunya :)

    BalasHapus
  24. @ mba Ely, ayooo ke Tegal nanti aku traktir sate dan soto :)

    BalasHapus
  25. @ mba Chi, wah...udah pernah rasain sate balibul yaa?
    enak kan? :)

    BalasHapus
  26. @ Yeye, mudik ke rumah kakek dimana mak?
    Oleh2nya....? mendadak amnesia nih :p

    BalasHapus
  27. @ mba Alaika, wow...mimpi apa aku semalam? blog ku kedatangan sang srikandi Blogger 2013 :)

    Emang mudik itu sensasi beda banget dan selalu bikin senang.

    Terima kasih mba Al atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  28. @ Memez, udah pernah ke Tegal ya Mez?
    iya betuk di Talang juga jualan berbagai kuningan.

    Hayuuk ke Tegal lagi :)

    BalasHapus
  29. @ Bebe, nih aku lempar satenya ke ke Swedia?
    Nyampe gak yaa? hehehe....

    BalasHapus
  30. Aaah...sirikiti ah gw.
    Waktu itu baca status loe tau-tau udah ke Tegal aja. Pengeeeen....sluuurp

    BalasHapus
  31. aahhhh jadi tambah pengen mudik deh! :(
    kalau mudik ya Yan, kita balik jadi anak lagi, dan itu nikmattttt banget.
    mana ada yang kalahin masakan ibu kita? mekdi mah kechillll
    apalagi badan udah rasanya sakit semua, pengen mudik dan kemudian dipijitin tukang pijit andalan deket rumah ibu...oh indahnya....

    BalasHapus
  32. Salah, salah... ke sini malem-malem baca postingan ini. Yang ada melaparrrrr. Itu soto tegal emang enak. Pertama kali nyoba dulu banget di terminal Tegal, agak bingung. Hah? Soto apa ini? Hahaha. Ternyata enak jugak.

    BalasHapus
  33. @ Indah, hihihi...dilarang sirikiti Ndah, jalan2 aja ke Tegal yuk.. :)

    BalasHapus
  34. @ Lulu, ah...surga banget emang kalo pas mudik.
    Bisa manja2 sama ortu, bisa makan makanan paporit plus dipijitin si Opung. hehehe...

    BalasHapus
  35. @ Retma, udah pernha nyobain soto Tegal ya?
    Gimana, gimana? Enak kan? :)

    BalasHapus
  36. rumah yang sekitarnya ada batu batu kecil kayak yang di foto itu..mengingatkanku juga ke rumah kakek ku jaman dulu...
    jadi kangeeennn

    BalasHapus
  37. wuuah Kakeknya kuat juga ya
    bisa gendong dua

    BalasHapus
  38. sebentar lagi kita menyambut tradisi mudik lebaran 2013 nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)