Pages

Jumat, 10 Mei 2013

Srikandi Blogger Kiprah Perempuan Di Era Digital

Baru satu bulan usia saya bergabung dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB). Sebenarnya sudah lama mengenal kumpulan blogger perempuan Indonesia ini yaitu ketika blog walking ke Mak Myra Anastasia dan disana terpampang logo KEB. Dari situlah saya mulai penasaran mencari infonya.

Setelah membaca beberapa postingan KEB, saya tertarik untuk follow twitter @Emak2Blogger. Rajin mengintip timeline KEB yang sarat dengan informasi, selain itu dalam timeline-nya juga banyak update member KEB yang bisa dijadikan tujuan blogwalking.

Tiba saatnya mendapat undangan workshop blogger dari Pinisi Indonesia, disana saya bertemu dengan Mak Mira Sahid yang ternyata sang founder KEB. Saya pun diajakin untuk gabung, tapi...sungguh saya merasa belum percaya diri untuk bergabung di KEB.

Saya berpikir, blogger amatiran seperti saya belum pantas masuk ke komunitas keren seperti itu. Selama ini saya menulis di blog seperti menulis diary dalam media digital. Diary yang berisikan cerita tentang keseharian keluarga kami terutama menuliskan perkembangan Samara putri kecil kami dari bulan ke bulan dengan harapan kelak Samara akan membaca perkembangannya. Makanya saya jadikan blog ini sebagai Warisan Kecil Untuk Samara.

Dari situ saya merasa bukan blogger profesional dan karena ketidak-PD-an itu saya belum bergabung di dalamnya. Hingga suatu hari mendapat pesan dari Makmin Sary Melati di inbox facebook yang meminta alamat blog saya. Tak lama kemudian saya mendapat pesan dari Makmin Sary lagi yang mengucapkan selamat begabung di KEB. Wow.... surprise banget, ternyata saya didaftarkan masuk ke kumpulan blogger perempuan yang keren ini.

Dengan masuknya saya ke KEB benar benar memacu untuk menulis lebih baik dan lebih baik lagi. Apalagi sejak adanya pemilihan Acer Srikandi Blogger 2013 yang membuka pikiran saya ternyata berawal dari menulis sederhana, mereka para finalis bisa terpilih menjadi kandidat Acer Srikandi Blogger. Lantas saya berfikir, mungkin suatu hari nanti saya bisa mengikuti ajang tersebut jika digelar lagi, hehehe...

Pertama kali mendengar ada pemilihan Srikandi Blogger saya mengernyitkan kening, kenapa nama yang dipilih Srikandi ya? Bukan Kartini atau Cut Nyak Dien? Usut punya usut ternyata pemilihan kata Srikandi karena Srikandi merupakan tokoh pewayangan yang digambarkan seorang perempuan cantik, lemah lembut, keibuan dan pejuang yang tangguh. Senjata yang digunakan oleh Srikandi dalam berjuang adalah panah. 

Kita sebagai kaum perempuan bisa juga berjuang layaknya Srikandi, berjuang dalam keluarga dan berprestasi di segala bidang. Pada era digital sekarang ini bukan panah yang jadi senjata kaum perempuan melainkan Notebook atau Netbook. Jadi, memang sudah pas sekali pemilihan tokoh Srikandi digunakan untuk ajang tersebut.

Menurut saya 10 finalis Srikandi Blogger semuanya berkualitas, mereka sudah mempunyai jam terbang yang tinggi di bidang menulis, bahkan beberapa diantaranya sudah ada yang menerbitkan buku. Dari situlah saya berpikir suatu keterampilan yang diasah secara terus menerus pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.

Setelah muncul 10 nama sebagai finalis Srikandi Blogger saya langsung mengunjungi blog mereka dan membaca visi misi yang dibuat. Wuiiihhh...hebat hebat semua. Tak heran MakJur (emak juri) sampai bingung menentukan finalisnya.  

Puncak Pemilihan Acer Srikandi Blooger 2013 diselenggarakan pada hari Minggu 28 April 2013. Sayangnya saya tidak bisa datang menyaksikan perhelatan seru itu karena harus mudik. Meski berhalangan hadir tetapi saya ikut mendukung dengan memilih salah satu finalis untuk menjadi Srikandi Persahabatan 2013. Pada hari itu tak mau ketinggalan, saya menyimak acara puncaknya lewat timeline KEB. Entah kenapa saya jadi ikut deg degan menanti pengumuman siapa yang berhak menyandang gelar Acer Srikandi Blogger 2013.

Dengan berhasil masuk menjadi 10 finalis, sudah berarti menang dan berhak mendapat hadiah berupa TV 21 inchi, Rinso sebanyak 20 kg dan seperangkat alat make up dari Wardah Cosmetic. Wuiihhh...kayanya stok Rinso segitu banyaknya bisa untuk 1 tahun yaa :)  

Setelah melalui serangkaian acara yang menguras emosi para finalis, maka terpilihlah Mak Alaika Abdul sebagai Acer Srikandi Blogger 2013. Saya jadi ingat ketika membaca visi dan misi Mak Alaika yang membahas tentang Time Management. Dan itu keren banget. Sangat wajar jika mak Alaika dinobatkan sebagai Acer Srikandi Blogger 2013.  Atas kemenangannya itu berhak mendapatkan 1 unit Acer Aspire, paket Rinso, paket kosmetik Wardah dan mewakili KEB mengikuti ASEAN Blogger Festival di Solo.

Kemudian Srikandi Persahabatan diraih oleh Mak Myra Anastasia yang berhasil membawa pulang 1 unit Acer Aspire, paket Rinso, paket kosmetik Wardah. Mak Myra ini orangnya rajin banget blogwalking maka tak heran kalo teman di dunia maya jadi banyak dan pas sekali menyandang gelar itu. Saya sendiri sudah 2 kali bertemu dengan Mak Myra dan selalu ada keceriaan di wajahnya.

Penghargaan ketiga jatuh pada Mak Anazkia sebagai Srikandi Favorite. Seorang TKW yang bekerja di Malaysia berhasil mendapatkan 1 unit Acer Aspire, paket Rinso, paket kosmetik Wardah. Saya salut dengan kegigihan Mak Anazkia dalam menjalani kegiatan sosialnya.

Selain 3 penghargaan di atas, MakPan (emak panitia) juga memberikan penghargaan khusus sebagai Blogger Inspiratif kepada mak Haya Aliya Zaki. Dia seorang dosen UI, penulis buku dan seorang editor lepas. Keren yaaa... :)

Tak berhenti sampai disitu, ada satu penghargaan lagi yaitu Lifetime Achievemnet Award yang jatuh ke tangan bunda Yati Rachmat. Saya mengenal Bunda Yati ketika beliau mengikuti Give Away Ultah Samara. Dalam GA tersebut saya memberikan penghargaan khusus kepada beliau karena salut akan semangat Bunda Yati yang di usainya nyaris 75 tahun masih menulis, sering update blognya dan melek technology. Beliau juga mempunyai akun facebook dan twitter @yatirachmat. 

Ini dia para pemenangnya

foto diambil dari KEB
Wuuiihhh.... keren keren ya para finalis dan pemenangnya. Jadi berfikir lagi nih, kira kira saya bisa gak seperti emak emak di atas? :)

Ah...tapi apa sih yang gak mungkin? Kalau memang ada kemauan pasti ada jalan. Betul gak? Ayooo...Bunda Samara kamu pasti bisa *sambil pecut diri sendiri* hehehe...

Selamat buat para pemenang dan selamat juga untuk KEB dengan hajatan Srikandi Blogger yang sukses luar biasa. Kerja keras dan peluh yang mengalir rasanya terbayarkan dengan suksesnya acara tersebut. Semoga Srikandi Blogger menjadi agenda tahunan KEB agar para perempuan Indonesia bisa terpacu untuk lebih berkarya lagi di era digital ini.

25 komentar:

  1. blog aku aja isinya gak jelas kok :) Aku awalnya dimasukin sama mira sendiri ke group itu

    BalasHapus
  2. Pasti bisa dong mbak spt emak emak di atas :)

    BalasHapus
  3. klo isinya postingan jalan mulu ...
    apalagi yg curcol, bwahahaha...

    ga punya ide mo nulis apaan..

    BalasHapus
  4. iya hebat2 ya finalisnya, gue pas baca aja ampe terkagum2 loh. keren2 banget tulisannya..

    ayoooo maaaak...kamyuu juga pasti bisaa...semangaat ;))))

    BalasHapus
  5. semua orang punya ciri masing2 .., pasti bisa jugalah
    jadi semangat juga ya mak..

    BalasHapus
  6. @ mba Lidya, ah..tulisanmu kan bagus2, jadi pantaslah masuk 50 besar Srikandi Blogger :)

    BalasHapus
  7. @ mba Ely, amin...mudah2an ya mba :)

    BalasHapus
  8. Smangat mak yani.. Smoga menjadi next srikandi :D

    BalasHapus
  9. Selamat dan semangat Mak. Btw eyjk ga bisa ya gabung? Huahahaha. *kemudian dipanah srikandi

    BalasHapus
  10. @ mba Hilsya, klo postingannya isinya jalan2 berarti travel blogger;)

    BalasHapus
  11. @ Desi, iyaa emang top banget deh finalisnya. Bisa gak yaa kita yg cengceremen ini kutan? hihihi...

    BalasHapus
  12. @ kak Monda, amin... terima ksh kak ;)

    BalasHapus
  13. @ Yeye, amin... *pake toa*
    makasih ya mak..;)

    BalasHapus
  14. @ Dani, hahaha... bisa gabung tapi ganti nama jadi Dini Kurniawati ya? :p

    BalasHapus
  15. tahun depan udh gak newbie dong, ya. Jd ikutan aja kl ada pemilihan lagi :)

    BalasHapus
  16. salam kenal bunda samara :)
    ayo mbak ikutan tahun depan :)

    BalasHapus
  17. KEB Rame dan seru, aku menikmati bersosialisasi di sana, tambah seru dengan adanya acara Srikandi Bloger

    BalasHapus
  18. aku suka tuh dresscode nya KEB kali ini
    kebaya kan??
    jadi serasa wanitaaaa banget ya
    cantik cantik semua

    BalasHapus
  19. aku malah lupa dulu ngedaftar apa dimasukin yak, karena seingetku tau2 jadi member KEB..... etapi bangga banget jadimember KEB soale banyak belajar dari emak2 pinter disini....

    BalasHapus
  20. @ Ke2Nai, hahaha...iya udah gak newbie lagi. Insya Allah PD untuk ngikut :)

    BalasHapus
  21. @ Puteriamarilis, salam kenal kembali.. Terima ksih atas kunjungannya..
    Insya Allah ikutan kalo PD :)

    BalasHapus
  22. @ Astin, betul banget...KEB emang TOP.
    Gak nyesel deh dicemplungin sama mak Sary Melati :)

    BalasHapus
  23. @ Elsa, iyooo...kebayanya cantik2.
    mencerminkan wanita Indonesia sekali :)

    BalasHapus
  24. @ Rina, hahaha...sama yaaa, aku pun dicemplungin oleh makmin.
    Etapi beneran loh di KEB kita terpacu untuk belajar menulis, karena member KEB jago2 banget tulisannya :)

    BalasHapus
  25. Jury visit. Semoga sukses ya Mak. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)