Selasa, 26 Juni 2012

Berbagi Senyum

Masih ingat dengan cerita Samara yang nge-fans berat dengan Elmo dan kunjungan Samara ke Celebrating Children's Creativity yang diselenggarakan di @america?
Yess...kali ini Samara berkesempatan ketemu lagi dengan para anggota Sesame street atau kalo di Indonesia dinamakan Jalan Sesama.

Hari Sabtu kemarin ada acara Piknik #Berbagi Senyum Jalan Sesama yang diselenggarakan di Taman Krida Loka Senayan jam 09.00-13.00. Sebenarnya saya tahu acara ini dari ketidaksengajaan saya lihat lihat postingan teman di FB, eh....tiba tiba Aio sang pendongeng yang dongengnya pernah dilihat oleh Samara posting acara tersebut. Nah, berhubung hari Sabtu tidak ada acara maka kami memutuskan mengajak Samara bermain dan piknik bersama idolanya.

Pagi itu kami berangkat dari rumah jam 08.30 dan mampir dulu di SGM Prestasi Center untuk mencari informasi toddler class. Dari situ langsung cabcus ke Senayan.

Tiba di Taman Krida Loka Senayan, acara sudah dimulai dan kami menempati tempat duduk yang kosong. Tiba tiba Samara ketakutan ketika muncul tokoh Momon dan Putri yang besar menyerupai badut. Yaaa...memang Samara masih takut dengan sosok yang namanya badut. Pernah nih suatu hari kami jalan ke PIM disana ada badut, eh...Samara langsung minta gendong dan menyembunyikan mukanya ke badan saya.

di pintu masuk ketika baru datang
Acara opening Piknik #Berbagi Senyum ini diawali dengan pembagian 500 buku ke taman bacaan yang terpilih. Setelah itu bernyanyi bersama dengan lagu yang sudah sangat familiar di telinga Samara karena lagu/jingle Jalan Sesama itu pernah dinyanyikan di acara Celebrating Children's Creativity di @america dan kebetulan saya merekam lewat video henpon. Hampir setiap malam sebelum bobo Samara melihat video rekaman lagu itu dan ikutan bernyanyi. So, udah hapal banget kan lagunya :) 

So...saya dan Samara beserta anak anak yang lain bergoyang dan bernyanyi lagu "Mari Mari". Kelar acara bernyanyi, sang MC menerangkan cara bermain yaitu telah disediakan 4 zona dan masing masing anak harus masuk ke zona tersebut dan mengikuti permainannya. Setelah semuanya jelas, tokoh Momon dan Putri yang mengawal anak anak untuk memilih zona yang mereka inginkan. Dan berhampuran lah anak anak usia TK sambil berlari lari menuju salah satu zona.

Zona pertama yang Samara kunjungi yaitu Zona Tantan, disini anak anak diajak untuk mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh kakak volunteer yang salah satunya adalah Kak Aio. Pas acara dongeng Samara dipangku oleh kak Acid yang saat itu kebagian tugas mendongeng.

duduk tenang di pangku kak Acid

Ayoo mendongeng

Sebenernya sebelum acara mendongeng Samara sudah terlebih dahulu diajak belajar sambil melihat lihat buku bersama kak Acid.

Dan inilah zona Tantan...
Mengapa zona mendongeng ini dilambangkan dengan Tantan karena konon kabarnya tokah Tantan yang tak lain seekor orang utan betina itu doyan banget membaca dan sangat menyayangi lingkungan.. 


Puas mendengarkan dongeng dan mendapat pin bergambar Tantan sebagai bukti klo Samara telah bermain di zona Tantan, Samara beranjak ke zona Momon, disini Samara ikut serta dalam mewarnai gambar. Sebenarnya ada 2 pilihan kegiatan yaitu menggambar dan mewarnai tapi untuk Samara saya pilihkan mewarnai saja.

di sinilah tempat menggambar dan mewarnai

inilah gaya Samara mewarnai ^_^
 Coba lihat gambar yang sedang diwarnai Samara...
 Hmmm...kalo dilihat cara mewarnainya Samara masih perlu banyak belajar yaa...^_^
 Ayo nak...kamu bisa belajar agar lebih baik lagi...

Acara mewarnai selesai dan kertas hasil mewarnai dibuat seperti kliping kemudian diberi pita untuk dibawa pulang sambil diberi pin bergambar Momon.

Inilah hasil mewarnai perdana Samara. Namanya juga perdana pasti butuh banyak belajar kan? :)

hasil karya Samara
Masuk zona ketiga yaitu zona Jabrik, pada zona yang dilambangkan seekor badak bercula satu dengan jambul ungu yang lucu ini, anak anak diajak untuk mencari harta karun. Dimulai dengan mencari bola warna warni yang tersebar di bawah pohon rindang. Anak anak disuruh mengambil satu bola yang nantinya akan dihias dengan memberi mata, hidung, mulut dan rambut.

Zona Jabrik
 Disini anak dituntut untuk berkreativitas agar bola hasil karyanya menjadi sebagus mungkin.

samara sibuk menghias bola pink nya
Kelar menghias bola anak anak mendapat pin bergambar si jabrik dan bolanya bisa dibawa pulang. Awalnya saya mau mengabadikan hasil karya Samara tapi keburu rusak duluan :)

Zona terakhir yang dikunjungi adalah zona Putri.
Di zona ini anak anak diharuskan masuk ke dalam labirin dan menghitung gambar/logo #Berbagi Senyum yang terpasang di sepanjang kain hitam. Sambil masuk ke dalam labirin sambil mencari jalan keluar juga. Karena tak sedikit anak anak itu tersesat dan bingung mencari jalan keluar :)

ayooo cari jalan keluarmu...
Di zona Putri, untuk masuk ke labirin Samara tidak mau jalan sendiri, maunya digendong. Mungkin karena terkesan gelap diakibatkan kain hitam itu kali yaaa....jadi Samara belum berani jalan sendiri. 
Ya wis sambil digendong Samara menghitung gambar dan keluar dari labirin menyebutkan ada berapa logonya kemudian mendapat pin bergambar Putri.

Inilah pin yang sudah dikumpulkan Samara tapi maaf fotonya agak kurang jelas :(

horeee...Samara berhasil mengumpulkan 4 pin
Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11.45 dan Samara sudah kelihatan lelah. Kami beristirahat sambil membuka bekal makan siang untuk Samara. Etapi anak anak usia TK yang lain masih belum selesai dan mereka masih berlarian.

Setelah acara menyuapi Samara kelar, para anak berkumpul untuk berfoto dengan Momon dan Putri.

Hayooo Samara dimana? Samara digendong kaka berkerudung ^_^
Oiya hampir lupa selesai acara foto bersama, anak anak bisa berfoto di booth yang telah disediakan. Samara juga ikutan foto disana..

Ah....capek juga bermain dan piknik bersama Jalan Sesama. Jam 1 kami memutuskan untuk pulang dan etapi pas pulang saya dipanggil oleh seorang kru Jalan Sesama yang memberikan kupon makan siang serta goodie bag untuk Samara. Mayan lah...dapat merchandise lucu yang isinya tempat pensil, stiker Jalan Sesama, kipas dan stiker besar 4 buah bergambar Momon, Putri, Jabrik dan Tantan yang masing masing bertuliskan ajakan positif seperti Buanglah Sampah di Tempatnya, Biasakan Cuci tangan dll.

Bento makan siang

isi goodie bag lucu
Stiker 4 yang besar itu akhirnya kami tempel di rumah karena berisi pesan pesan yang bagus.

Sebelum pulang Samara foto2 dulu :

abaikan gambar saya yang terlihat menggemuk itu...

bersama Putri dan Tantan

gaya tepuk tangan Samara ^_^

ini Momon dan Jabrik...
Selesai sudah acara piknik dan bermain bersama Jalan Sesama.
Puas rasa melihat Samara bergembira...

Dan untuk informasi berbagi senyum ala jalan sesama bissa di klik di sini

Btw...anyway busway...postingan kali ini banyak banyak ya foto yang ditampilkan? :)
Uppss...dilarang protes ya, kan pengin memberikan sedetail mungkin biar yang baca bisa merasakan juga :)

1 komentar:

  1. Kalo aku sih malah suka kalo banyak foto :D

    Asik banget yah acaranya, edukatif banget untuk anak ya. Dan itu, bentonya bagus sekaliii!! :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar :)